Pengertian Virus Komputer dan Jenis Virus Komputer

Pengertian Virus Komputer dan Jenis Virus Komputer, pengertian virus komputer, jenis virus komputer, jenis jenis virus komputer

Virus komputer merupakan program buatan komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Biasa virus komputer dibuat dengan sengaja ataupun tidak sengaja, dalam hal sengaja memang ada seorang programmer ataupun oknum yang membuat virus ini dengan maksud yang tidak baik agar merusak suatu sistem suatu komputer.

Jenis-jenis virus yang ada pada komputer
Jenis virus komputer tergolong ada beberapa nama, dan masing-masing memilik cara tersendiri untuk merusak komputer. Dibawah ini adalah beberapa virus komputer yang biasa kita temukan:


  1. Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada cakram keras. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  2. Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  3. Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  4. Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  5. Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  6. Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang normal. Virus ini dapat menyerupai program root komputer.
  7. Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  8. Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  9. Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Itulah pengertian virus pada komputer dan jenis virus pada komputer secara signifikan. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai ilmu komputer Anda semua. Jangan lupa scroll kebawah untuk melihat artikel menarik lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...