Cara memperbaiki Tinta Printer Macet dan Tersumbat


Ada kalanya sebuah printer mengalami kerusakan saat digunakan. Seperti macet, gambar hasil cetakan buram dan lain-lain. Hal ini bisa saja terjadi karena terjadinya penyumbatan pada selang tinta infus, Head printer kering, tinta kering ataupun head tinta banjir.

Cara memperbaiki Tinta Printer tersumbat dan macet karena kering/masuk angin.

Cara memperbaiki Tinta Printer Macet dan Tersumbat, cara memperbaiki printerm cara memperbaiki tinta printer masuk angin

Dengan terjadinya kemacetan pada tinta/masuk angin sudah jelas hasil cetakan printer tidak akan maksimal, seperti gambar putus-putus, gambar buram dan sebagainya. Untuk mengurangi resiko tinta printer ini kering Anda disarankan untuk mencetak minimal satu lembar kertas perhari. Intinya jangan sampai printer Anda tidak digunakan dalam sehari.
Hal diatas bisa terjadi pada printer canon, Epson dan merk printer-printer lainnya. Berikut ini adalah cara memperbaiki tinta printer yang tersumbat atau masuk angin:
  • Silakan Anda masuk pada menu Cetak lalu cari menu bertuliskan Pemeliharaan. dan siapkan diri Anda ”Pembersihan” kontribusi 5-7x berturut-turut (tiada Print Nozzle Check) khusus untuk tinta yang macet keluar. Umpamanya yang macet adalah tinta hitam maka Anda dapat tentukan warna hitam, namun jika yang macet adalah tinta warna (apa pun warnanya), maka silakan tentukan Anda tentukan yang warna saja.
  • Saat ini silakan teliti Anda akhirnya dengan Cetak Nozzle Periksa, dan kemudian tetapkan sistem, nomor Anda.
  • Sekarang printer Anda sudah kembali normal.

Catatan :
Sistem Cleaning bakal mengonsumsi tinta jadi harus di perhatikan.
Bila anda telah mengulangi sistem nomor 1 hingga 3x namun tinta belum keluar juga, maka kemungkinan cartridge anda telah betul-betul tersumbat serta anda harus melepas Cartridge itu serta merendamnya dengan Air Hangat.

Cara memperbaiki tinta yang mengalami kebocoran saat mencetak

  • Silakan masuk ke menu Print Alignment terlebih dulu pada menu Maintenance.
  • Pada masalah saya sistem alignment ini betul-betul dapat menghindari terjadinya blobor terlalu berlebih hingga nanti hasilnya akan normal.
  • Sesudah itu cobalah anda lakukan Print Nozzle Check, bila tinta keluar dengan lancar serta tidak blobor maka anda sudah sukses. Tetapi bila tetap ada, lakukan Print Alignment lagi pada sistem nomor 1.
  • Sistem Print Alignment juga harus dilakukan optimal 3x saja, bila tetap blobor maka langkah paling baik yaitu mematikan printer anda lebih kurang 3 jam serta lalu silakan anda tes lagi. Simpan tabung tinta sejajar dengan printer supaya posisi tinta tidak mencari daerah yang lebih rendah dan tinta tidak terus mengalir.

Cara  Memperbaiki Head Printer Yang Macet/kering

  1. Pertama sekali anda siapkan suatu mangkok memiliki ukuran kurang lebih 200 ml serta yakinkan mangkok itu bersih dari debu atau bekas makanan yang melekat.
  2. Setelah itu isi mangkok itu dengan 1 sendok makan alkoholl, satu tetes sabun bersihkan piring cair, lalu anda aduk hingga betul-betul rata. Nah tersebut larutan pembersih kita yang dipergunakan untuk bersihkan head print.
  3. Celupkan sedikit kapas ke larutan pembersih itu, lalu simpan pada print head macet yang bakal kita perbaiki. Larutan pembersih ini bakal memecah penyumbatan pada print head macet serta terhalang itu.
  4. Langkah paling akhir yaitu lap print head dengan kapas bersih atau kain kering. Nah.. print head siap dicoba untuk sistem pencetakan kembali.

Catatan :
Kerjakan tutorial di atas hingga print head betul-betul telah tak terhalang lagi serta bisa cetak dengan baik serta normal kembali, jika telah dikerjakan sekian kali nyatanya print head terus tak dapat cetak dengan baik maka print head anda di pastikan telah rusak permanen serta mesti ditukar dengan yang baru.

Itulah cara memperbaiki printer dari segi masalahnya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Jangan lupa scroll kebawah untuk melihat tutorial bermanfaat lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...