Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan Beserta Kekurangan Windows 32 Bit Dan 64 Bit

Pengertian Jumlah Bit

     Jumlah bit merupakan satuan yang digunakan untuk menunjukkanukuran data dalam processor yang dialirkan dari registry database , registryialah tempat computer menyimpan informasi sementara.

Pengertian| Perbedaan Dan Kelebihan Beserta Kekurangan Windows 32 Bit Dan 64 Bit, perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit, apa bedanya 32 bit dan 64 bit

Dalam 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi , yaituangka 0 dan 1. Jadi , dalam system operasi 32-bit mampu hingga 64 nilaikomputasi. Sedangkan untuk system operasi 64-bit , nilai komputasi yang bisaditampung meningkat menjadi 4 kali lebih banyak , yaitu 256.

Sistem operasi 32-bit dan 64-bit itu memiliki hubungan erat dengan processor yang sedang dipakai oleh komputer. Jadi , saat memilih system operasiyang hendak digunakan , sebaiknya sesuaikan versinya dengan processor yang sudahtertanam pada PC anda.

Jadi , misalnya jika processor anda menggunakan sistem 64-bit ,maka disarankan untuk menggunakan operating sistem 64-bit juga , walaupun bisajuga di aplikasikan pada operating sistem 32-bit.

Namun , jika processor anda menggunakan sistem 32-bit , makaanda tidak bisa menggunakan sistem 64-bit pada PC anda. Karena , processor32-bit hanya kompitabel dengan sistem 32-bit.

PerbedaanWindows yang Menggunakan Sistem 32-bit dan 64-bit
Pengertian| Perbedaan Dan Kelebihan Beserta Kekurangan Windows 32 Bit Dan 64 Bit, perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit, apa bedanya 32 bit dan 64 bit
1. Jumlah Ram yang Dapat Digunakan
     Untuk Windows yang menggunakan system 32-bit memiliki jumlahbatasan RAM yang lebih kecil daripada yang 64-bit , yaitu hanya kurang dari 4GB(3 ,2GB) dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1GB dan 2GB.

Namun , untuk Windows yang menggunakan system 64-bit makadapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada Windows 32-bit dipasangkanRAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB saja. Mengapa bisa begitu?Karena adanya perbedaan arsitektur processor antara 32-bit dan 64-bit.

2. Kompatibilitas Software
     Untuk Windows dengan system 32-bit tidak akan bisamenjalankan software 64-bit. Sedangkan Windows dengan system 64-bit lebihleluasa karena dapat menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

3. Performa 32-bit dan 64-bit
     Teknologi pada processor yang menggunakan system 64-bitlebih baru daripada 32-bit. Windows 32-bit dengan processor 32-bit juga , memilikikemampuan berada di bawah 64-bit. Sehingga kombinasi Windows dan processor inihanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidakterlalu berat. Namun , apabila Windows dan processor 64-bit cocok digunakanuntuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti editing , desain , game ,dll.

4. Kemampuan dalam Memproses Data
     Hal yang sangat mempengaruhi performa computer itu adalahadanya perbedaan arsitektur pada Windows dengan system 32-bit dan 64-bit. Angka32 dan 64 itu sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satukali putaran.

32-bit yaitu ketika melakukan satu kali proses , data yangdimuat adalah sebesar 32-bit. Jadi , dalam satu kali proses data , Windows danprocessor 64-bit lebih unggul.

Kelebihandan Kekurangan 32-bit dan 64-bit

A. KelebihanWindows dengan Sistem 32-bit , yaitu:
     1. Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas denganberbasis 16-bit.
     2. Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuklaptop atau computer lawas.
     3. Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.

B. KekuranganWindows dengan Sistem 64-bit , yaitu:
     1. Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
     2. Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti Adobe AfterEffect.
     3. Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.

C. KelebihanWindows dengan Sistem 64-bit , yaitu:
     1. Dapatmenjalankan software 32-bit.
     2. Labihcepat dan efisien.
     3. Mampumembuat kineja processor lebih optimal.
     4.Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.

D.Kekurangan Windows dengan Sistem 64-bit , yaitu:
     1.Tidak cocok untuk PC lawas.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan windows 32 bit dan 64 bit. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, jangan lupa share ke sosial media Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...