Apa Itu Litecoin? Perbedaan Litecoin & Bitcoin| Kelebihan Dan Versi Update Litecoin


Apa Itu Litecoin? Perbedaan Litecoin & Bitcoin| Kelebihan Dan Versi Update Litecoin, pengertian litecoin, perbedaan litecoin, apa yang dimaksud dengan litecoin, jelaskan apa itu litecoin

Litecoin ialah mata uang digital (Cryptocurrency) yang muncul pada tanggal 7 Oktober 2011 dan tidakada yang tahu siapa penemunya alias anonim.

Litecoinm perangkat lunak terbuka (Open-Source Software) di bawah lisensiMIT/X11. Matauang virtual ini menggunakan teknologi blockchain sama seperti Bitcoin.Litecoin adalah mata uang digital P2P (Peer-to-Peer) yang memungkinkanpembayaran biaya instan mendekati nol kepada siapapun di dunia ini. Litecoin memiliki waktukonfirmasi transaksi yang lebih cepat dan efisiensi penyimpanan yang lebih baikdaripada mata uang kriptografis terkemuka lainnya.

Model PenambanganLitecoin menggunakan kartu grafis GPU (Scrypt) , kartu grafis yang umumnyadigunakan adalah kartu grafis ATI Radeon.
Dalam versi pengembangannya , Litecoin sudah mengalamibeberapa update yang signifikan , mulai dari versi 0.8.5.1 yang dirilis padaNovember 2013 , sampai pada versi 0.14.2 yang bisa kita gunakan sampai saat ini.
Update tersebut juga memilikibeberapa tujuanyaitu , mulai dari pengurangan biaya transaksi yang drastis , kodekeamanan yang diperbaiki , konfigurasi yang disempurnakan , sertapenambalan bug keamanan Heartbleed.
Litecoin diciptakan sedemikian rupa untuk semua sistemumum yang ada di dunia ini , seperti Microsoft Windows , Mac OS x maupun Linux.Bahkan versi mobile juga diciptakan agar pengguna bisa merasa nyamanbertransaksi dimana saja dan kapan saja.

Perbedaan Litecoin dan Bitcoin
1. Algoritma yang berbeda. Algoritma Proof-of-Work pada Bitcoin adalah SHA256 dan Equishash (padaBitcoin Gold/BTG) , berbeda dengan algoritma yang digunakan Litecoin , yaituScrypt , dimana penambangan dengan perangkat GPU lebih dikhususkan. Sebenarnya Scryptdisini merupakan modifikasi dari algoritma SHA256 , namun dengan penghitunganyang lebih spesifik.

2. Proses menghasilkan Blok yang lebih cepat. Jika pada Bitcoin , waktu yangdibutuhkan untuk menghasilkan blok adalah 10 menit , berbeda halnya denganLitecoin yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2.5 menit untuk setiap blok yangdiciptakan.

3. Waktu Transaksi yang lebih cepat. Karena proses menghasilkan blokdiciptakan 4 kali lebih cepat dari Bitcoin , secara otomatis kecepatanverifikasi transaksi juga menjadi 4 kali lebih cepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...