Apa Itu Bitcoin? Penemu| Kelebihan Dan Jumlah Bitcoin Yang Beredar



Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency yang pada dasarnya ialahmata uang digital yang di buat padatahun 2009 oleh Bitcoin ditemukan oleh tim atau sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan denganperangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang , dan juga menggunakanjaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal.

Departemen Keuangan Amerika Serikatmenyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Tidak sepertimata uang pada umumnya , bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbitutama.

Bitcoin menggunakan sebuah databaseyang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P kejurnal transaksi , dan menggunakan kriptografi untuk menyediakanfungsi-fungsi keamanan dasar , seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanyadapat dihabiskan oleh orang memilikinya , dan tidak pernah boleh dilakukan lebihdari satu kali.

Bitcoin dapat digunakan untukmelakukan pembelian berbagai jasa seperti game sampai dengan hosting website.Untuk sekarang , jumlah layanan yang menerima Bitcoin masih cukup terbatas.

Transaksi pertama Bitcoin dilakukanoleh Satoshi Nakamoto ke seorang programmer bernama Hal Finney , yaitu sebesar10 Bitcoin. Lalu setelah itu di tahun 2010 , Satoshi Nakamoto berhentimengembangkan Bitcoin dan menyerahkannya ke Gavin Andresen yangsaat ini merupakan pimpinan developer di Bitcoin Foundation. Harga Bitcoin saat itu sangat murah ,yaitu 10.000 Bitcoin hanya untuk 2 potong pizza Papa John’s.

Algoritmayang digunakan Bitcoin telah dirancang untuk menghasilkanjumlah yang terbatas yaitu hanya 21 juta Bitcoin , saat itu diperkirakan bisa sampai hingga tahun 2124 (perkiraan).Tetapi , sampai bulan ini telah beredarsebanyak 16 jutaBitcoin jadi tersisa 5 juta Bitcoin lagi.

Kelebihan Bitcoin daripada mata uang konvensional?

1. Bitcoin menggunakan sistem desentralisasi. Tidak adasatu pihak yang mengatur (seperti bank) karena semua orang berpartisipasi dalamprosesnya. Ini berarti tidak ada pihak yang bisa memutuskan satu pihak ataumembuat kebijakan baru yang memberatkan pemilik mata uang ini. Sebagai contohsebuah Bitcoin address tidak dapat dibekukan oleh sebuah pihak.

2. Pembeliannya mudah. Tidak seperti bank yangmembutuhkan langkah-langkah dan dokumen , kamu bisa mempunyai Bitcoin dalam 5menit saja.

3. Kerahasiaan terjaga. Ini mungkin tidak sepenuhnyabenar , lagi pula tidak ada sistem yang sempurna. Seseorang dapat membuatBitcoin Address tanpa menyediakan nama atau alamat. Bayangkan kamu dapatmembuat rekening tanpa nama atau alamat dan langsung mendapat nomor rekeningyang aktif.

4. Transparan. Uniknya adalah di saat yang bersamaan ,semua orang dapat melihat dan memiliki catatan jurnal. Akan ada informasiBitcoin address dan berapa jumlahnya. Tapi tidak akan ada informasi siapapemilik Bitcoin address tersebut. Ini contoh transaksi Bitcoin yangditerima oleh Wikileaks.

5. Pengiriman Bitcoin sangat cepat , serta tanpa syaratmaupun batasan transfer.

6. Biaya transfer Bitcoin juga sangat-sangat kecil , dantidak mempunyai biaya-biaya administrasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...