Perbedaan RAM dan Hardisk Pada Komputer



Kalau berbicara mengenai RAM dan Hardisk, kedua komponen ini memang memiliki peran penting pada komputer. Kenapa demikian? Karena pada sebuah komputer sudah di rangkai sedimikian rupa agar menjadi suatu program yang canggih dalam penggunaannya. Seperti RAM dan hardisk ini, satu sama lain saling membutuhkan untuk menjalankan Program komputer. Tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas Perbedaan RAM dan Hardisk Pada Komputer yang seharusnya Anda ketahui :

     1. RAM (Random Acces Memory)
Perbedaan RAM dan Hardisk Pada Komputer, apa saja perbedaan ram dan hardisk, apa yang membedakan ram dan hardisk, perbedaan ram dan hardsik

Komputer yang canggih tentu harus memiliki memori yang berkapasitas besar. Apa itu memori? Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum dan sesudah diproses oleh prosesor. informasi tersebut dapat berbentuk peritah-perintah maupun data-data.
Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.
Lantas, apa itu RAM? RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan data sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.
Satuan ukuran kemampuan sebuah memori penyimpanan informasi disebut byte. Saat ini, kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling tinggi beredar di pasaran telah mencapai 4 gigabyte. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi komputer.

2. Hardisk
Perbedaan RAM dan Hardisk Pada Komputer, apa saja perbedaan ram dan hardisk, apa yang membedakan ram dan hardisk, perbedaan ram dan hardsik

  • Hardisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar
  • Hardisk dapat ditulis ulang secara permanen.
  • Data apapun yang tersimpan dalam HARDISK dapat ditulis atau dihapus.
  • Anda dapat mengakses data secara acak dari setiap drive dan dapat di copy ke tempat lain.
  • Hard disk adalah sebuah perangkat penyimpanan yang tidak berada di bawah kategori ROM atau RAM.
  • Memori RAM menghilang setelah Anda mematikan komputer, tapi memori harddisk permanen.Artinya data yang disimpan tidak akan hilang.

Saat ini harddisk dapat menyimpan data sampai 1 tera bukan lagi gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan data ke harddisk.
Setiap komputer/laptop pasti mempunyai harddisk yang digunakan hanya untuk satu komputer saja. Oleh karena itu, harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer.
Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka harddisk yang merupakan media penyimpanan yang paling murah. Selain itu, akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain.
  • Merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar
  • Harddisk dapat ditulis ulang secara permanen
  • Data apapun yang tersimpan dalam Harddisk dapat ditulis atau dihapus
  • Anda dapat mengakses data secara acak dari setiap drive dan dapat di copy ketempat lain
  • Harddisk adalah sebuah perangkat penyimpanan yang tidak berada di bawah kategori ram atau rom.
  • memori RAM menghilang setelah anda mematikan komputer, sedangkan memori harddisk permanen artinya data yang disimpan tidak akan hilang.

Itulah pembahasan mengenai Perbedaan RAM dan Hardisk Pada sebuah Komputer, mungkin dengan artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda semua. Semoga bermanfaat…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel