Inilah Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

Sebagian orang memilih menggunakan laptop tanpa memasang baterainya, mereka berfikir bahwa hal ini menguntungkan karena baterai laptop akan awet dan tidak kembung. Namun cara ini salah, mungkin memang menguntungkan dari segi baterai, tapi tidak menguntungkan dari segi laptopnya.
Ada beberapa hal yang akan terjadi jika menggunakan laptop tanpa memasang baterai, lalu apa saja efek yang akan ditimbulkan jika menggunakan laptop tanpa memasang baterai? Inilah penjelasannya:

1. Motherboard cepat rusak


Inilah Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai, efek menggunakan laptop tanpa baterai, tutorial menggunakan laptop yang benar,

Komponen pada laptop dan komputer memiliki sedikit perbedaan. perbedaan yang paling mendasar adalah dari daya listrik yang didapatnya. Pada komputer sumber arus listrik tidak langsung diterima pada komponen komputer tetapi harus melewati dulu power supply. Fungsi power supply pada komputer adalah untuk memberikan kestabilan dari sumber listrik ke komponen komputer.

Begitu juga dengan laptop yang memiliki baterai. Jadi, fungsi baterai pada laptop tidak hanya untuk memberikan daya pada laptop saja, tetapi juga sebagai penyaring arus daya sehingga motherboard laptop dapat menerima daya listrik dengan lebih stabil. Jika laptop sering dihidupkan tanpa menggunakan baterai, maka arus listrik akan langsung diterima pada motherboard laptop. Akibatnya motherboard akan menerima daya listrik secara berlebihan dan bisa mengakibatkan motherboard akan cepat rusak.

2. Beberapa chipset laptop dapat rusak
Tidak hanya berbahaya pada motherboard saja, pada beberapa chipset di dalam laptop pun akan mudah mengalami kerusakan jika langsung menerima arus listrik tanpa baterai. Komponen chipset seperti processor, RAM, VGA, Harddisk, dan lain-lain akan terkena dampak yang paling terasa. Mungkin efeknya tidak akan terasa dalam waktu dekat. Namun, jika kebiasaan ini terus menerus berlangsung maka bukan tidak mungkin komponen tersebut lama-kelamaan akan mudah rusak.

Kualitas adapter juga sangat berpengaruh terhadap komponen laptop. jika Anda menggunakan kualitas adapter yang tidak bagus maka hal tersebut dapat memberikan kerusakan yang lebih cepat. Maka dari itu, jika adaptor yang digunakan sebelumnya pernah rusak, sebaiknya Anda membeli adaptor original. Dari segi harga pun, rata-rata adaptor original cukup murah.

3. Sistem Inverter tidak dapat berfungsi
Sistem inverter pada laptop juga tidak akan berfungsi dengan baik jika laptop digunakan tanpa menggunakan baterai. Sistem inverter berfungsi untuk mengatur tegangan listrik yang masuk ke dalam laptop. perlu diketahui bahwa sistem inverter ini terdapat di dalam baterai laptop. sistem ini lah yang menjaga tegangan listik yang berasal dari arus liatrik dapat disaring sehingga tidak merusak komponen laptop.

Jika baterai pada laptop tidak digunakan dan laptop langsung dihubungkan pada arus listrik, maka arus listrik tidak akan mendapatkan penyaringan dari sistem inverter. Akibatnya komponen laptop akan menerima tegangan listrik yang tidka stabil. Akibat buruknya tidak hanya membua komponen mati, tetapi juga  dapat menyebabkan laptop terbakar dengan mudah.

4. Laptop bisa langsung mati saat mati listrik
Nah, dampak yang paling terlihat adalah saat mati listrik mendadak. Jika terjadi listrik padam, maka secara otomatis laptop akan mati secara mendadak. Seperti yang kita tahu sendiri bahwa komponen laptop dan komputer jangan sampai mati mendadak karena hal tersebut dapat merusak hardware lebih cepat.

Memang dampaknya sendiri tidak akan terasa pada saat itu juga. Akan tetapi, dalam jangka panjang hardware yang sudah dimakan usia akan lebih mudah rentan dari kerusakan. Bahkan, Anda harus mengganti hardware lama dengan hardware yang baru. Tentunya akan ada biaya lagi yang harus dikeluarkan. Itu pun belum ditambah dengan data-data yang ada di dalam harddisk yang bisa saja hilang secara permanen.

5. Rawan terjadinya korsleting listrik
Untuk poin ini bisa dikatakan adalah dampak yang paling berbahaya dari beberapa poin yang telah disebutkan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa laptop yang menggunakan daya listrik secara langsung maka akan memberikan efek buruk pada laptop itu sendiri.

Jika efek buruk yang terjadi adalah kerusakan komponen komputer masih bisa ditangani dengan memperbaikinya. Akan tetapi, jika terjadi korsleting listrik, maka hal ini lah yang paling berbahaya. Korselting listrik bisa membuat laptop terbakar secara mendadak atau hal yang paling berbahaya lagi adalah laptop meledak saat digunakan. tentunya hal tersebut bisa mengancam keselamatan kita dan juga orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4