5 Cara Cas Baterai Laptop Agar Awet Digunakan

1. Lakukan pengecasan seperti biasa
5 Cara Cas Baterai Laptop Agar Awet Digunakan, cara cas baterai laptop yang benar, cara agar baterai laptop awet

Cara manual ini merupakan cara yang paling mudah dan juga sederhana untuk membuat baterai laptop tetap awet dan juga tidak mudah nge-drop. Dengan menggunakan cara ini, kita juga tidak menginstal program atau software tertentu. 
Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecasan seperti biasa hingga mencapai 100 persen. Nah, ketika pengecasan sudah full, kita tidak langsung mencabut chargernya, tapi kita biarkan laptop tersambung dengan arus listrik hingga 2 jam. Jika Anda ingin melakukan aktivitas yang penting, Anda bisa gunakan laptop sambil menunggu proses ini selesai.

2. Masuk ke bagian power option
Jika sudah melakukan pengecasan selama 2 jam, langkah selanjutnya adalah buka control panel lalu masuk ke bagian menu Power Option. Cara untuk membukanya Anda tinggal arahkan kursor ke ikon baterai yang ada di pojok kanan bawah, tepatnya disamping bagian Wifi.

Klik kanan pada ikon baterai tersebut, Anda akan melihat menu Power Option dan klik saja. Setelah terbuka, Anda akan melihat halaman Windows Power Option. Di dalamnya, Anda akan melihat berbagai opsi tentang baterai laptop ini. Jika Anda sudah berhasil masuk, klik menu “Create Power Plan” yang ada di bagian kiri. Setelah itu, beri nama sesuka Anda. Jika bingung, Anda bisa beri nama “Kalbrasi”. Jika sudah, lanjutkan dengan klik “Next”.

3. Setting pada bagian Display
Langkah selanjutnya adalah lakukan setting pada bagian display. Caranya adalah masih di Windows Power Option lalu arahkan kursor pada setting “Turn Off the Display”, Dim the Display, dan juga “Put the Computer to Sleep”. Nada tinggal lakukan “turn off” atau mematikan setting yang sudah disebutkan. Setelah itu, klik bagian Create agar baterai dapat dipakai secara penuh tanpa adanya halangan.

4. Biarkan laptop menyala sampai baterainya habis
Jika sudah mengatur settingnya, Anda bisa kembali lagi ke menu awal dan biarkan laptop menyala sampai benar-benar kehabisan baterai. Hal ini dilakukan untuk mengabiskan baterai namun tidak dipaksakan. Maka dari itu, Anda bisa melakukan aktivitas yang biasa dilakukan pada laptop. Namun, pada tahapan ini,  lebih baik Anda gunakan untuk aktivitas yang ringan pada laptop. jadi, janganlah gunakan aktivitas berat seperti bermain game, membuka aplikasi desain grafis, ataupun program berat lainnya.

5. Diamkan laptop setelah baterainya habis
Setelah laptop digunakan sampai baterainya benar-benar habis, selanjutnya adalah Anda biarkan laptop untuk istirahat. Namun, dari sisi waktunya tidaklah sebentar karena Anda harus mendiamkan laptop sampai lima jam. Waktu selama itu dilakukan karena baterai akan dilakukan kalibrasi sehingga perlu waktu yang lama agar sel-sel baterai dapat berfungsi secara normal kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4