Pengertian High Level Data Link Control Pada Jaringan Komputer

ISO menyetujui High Level Data Link Control (HDLC) sebagai standart untuk protocol bit oriented pada data link layer pada tahun 1979. HDLC (High Level Data Link Control)  mengkapsulasi data pada synchronous serial data link.

HDLC ( High Level Data Link Control) menggunakan transmisi serial synchronous dan menyediakan komunikasi data bebas errordiantara 2 titik. High Level Data Link Control menjelaskan struktur frame layer 2 yang memperbolehkan flowcontrol dan errorcontrol dan setiap framememeiliki format yang sama pada frame data atau data control. Pada beberapa jenis router yang ada saat ini, High Level Data Link Control merupakan proprietary sendiri dengan menggunakan sebuah filedproprietary yang mana field ini memungkinkan beberapa jaringan layer protokol untuk berbagi jalur serial yang sama
TypeFrame pada High Level Data Link Control adalah sebagi berikut:



Pengertian High Level Data Link Control Pada Jaringan Komputer, pengertian protocol hdlc, apa yang dimaksud dengan protokol hdlc

  • Informationframe berfungsi untuk membawa data untuk dikirimkan.
  • Supervisoryframe berguna untuk menyediakan mekanisme request dan respond ketika piggy-backing tidak digunakan.
  • Unnumberedframes berfungsi untuk menyediakan tambahan fungsi dan pengontrolan jalur seperti setup koneksi dan lainnya.
  • pada setiap frame mempunyai format yang berbeda dan satu atau dua bit pertama dari fieldcontrol mengidentifikasi typeframe.

Itulah yang dimaksud dengan HDLC (High Level Data Link Control) pada jaringan komputer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai jaringan komputer, dan tidak hanya itu saja tapi pelajaran komputer secara detail dan lengkap juga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4