Inilah Script Dasar C++ Yang Harus Kamu Hafal

Hay semuanya, selamat datang di blog belajar komputer sobat, bagaimana keadaaan sobat semua? Semoga baik baik saja ya. Terimakasih ya sudah berkunjung di blog belajar komputer ini, apakah dari sebagian sobat pembaca ada yang masih sekolah? Atau kuliah? Sedikit banyaknya pasti ada dong.

Nah, perlu kalian ketahui blog belajar komputer adalah blog yang mengulas segala tutorial komputer, pelajaran komputer, software komputer, jaringan komputer, dan banyak lagi ulasan mengenai komputer. Tidak hanya itu, update terbaru mengenai teknologi komputer dan tips-tips terbaru akan kita bahas disini.

Karena para pembaca masih ada yang sekolah, blog belajar komputer adalah tempat yang tepat untuk mencari pelajaran mengenai komputer loh… insya Allah hampir semua pelajaran komputer untuk sobat yang masih sekolah akan kita bahas disini.

Jadi, stay disini terus ya sobat.. nah, saya juga tidak akan pilih kasih. Untuk sobat pembaca yang kuliah dan orang awam juga yang ingin mendalami pelajaran dan tutorial mengenai komputer saya juga membahasnya di blog belajar komputer ini tentunya.

Tidak bisa di pungkiri dong kalau komputer yang kalian punya pasti pernah mengalami kerusakan atau error pada programnya kan? Nah, di blog belajar komputer juga memberikan tutorial cara memperbaiki komputer atau laptop yang error.

Langsung saja deh jangan berlama-lama lagi, pasti kalian para pembaca sudah penasaran apa yang akan kita bahas pada artikel kali ini, apakah pelajaran komputer? Tutorial komputer? Jaringan komputer? Software komputer? Atau teknologi komputer? Langsung saja simak ulasan berikut ya…

Inilah Script C++ Yang Harus Kamu Hafal

Programmer tidak jauh dari bahasa asing komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia dan mesin, yakni bahasa pemrogaman. Ada banyak bahasa pemrogaman yang dibuat oleh pengembang-pengembang terdahulu.

C++ adalah salah satunya.
Inilah Script C++ Yang Harus Kamu Hafal, belajar c++, pengertian c++, bagaimana menggunakan c++, bagaimana cara pemrograman c++, panduan belajar c++

C++ adalah bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C dan dibuat oleh Bjarne Stroustrup. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara bahasa C++ dengan bahasa C adalah adanya konsep pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming) pada bahasa C++, sedangkan bahasa C lebih cenderung ke bahasa prosedural.

Pada umumnya, bahasa pemrograman C menggunakan dua konsep, yaitu data dan algoritma. Meskipun begitu, penggunaan bahasa prosedural seperti bahasa pemrograman C sangat tidak efisien untuk pembuatan software, khususnya untuk software skala menengah ke atas. Berdasarkan pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman C itulah, yang membuat bahasa pemrograman C++ dikembangkan.

Bagi kamu yang sedang berada pada zona 'belajar' menjadi programmer, alangkah baiknya mengetahui script apa saja yang paling penting dan dasar pada c++ untuk dihafal.

1. main()
Dalam menulis script program, kamu harus menggunakan awalan dan akhiran. Pada c++, fungsi dari main() bisa disebut sebagai pembuka jalan bagi program tersebut. Dan harus selalu ada pada awal script program yang dijalankan.

2. Semicolon atau ;
Pada setiap akhir perintah, kamu diwajibkan untuk menutup baris programnya. Ini digunakan sebagai pembatas antar satu perintah dengan perintah selanjutnya pada c++. Kalian harus menambahkan simbol ; (titik koma) pada akhir baris program sebagai pemisah.

3. Kurung kurawal { }
Pada setiap akhir perintah, kamu diwajibkan untuk menutup perintah pada keseluruhan programnya. Kurung kurawal digunakan sebagai pembuka dan penutup sebuah kelas pada program. "{" ditambahkan setelah main() sebagai pembuka sebuah program dan "}"diletakkan pada akhir script sebagai tanda penutupnya.

4.  cin dan cout (Input, Output)
ini adalah yang paling penting. Dimana cin dan cout pada c++ merupakan sebuah perintah untuk menjembatani antara pengguna program dengan program yang digunakannya.

Cara bacanya juga bukan "cin" maupun "cout". Yang benar adalah C-IN dan C-OUT jadi seperti membaca dua suku kata dalam datu kata.

Cin merupakan perintah yang digunakan untuk memberi fitur memasukkan inputan berupa variabel-variabel yang di input pada program untuk diolah.

Sedangkan cout merupakan output dari sebuah variabel yang ingin ditampilkan pada layar monitor pengguna. Bisa berupa angka, simbol, maupun huruf.

Sebagai catatan, kamu harus selalu menambahkan #include berupa  diawal program sebagai tanda digunakannya kedua pasangan cin & cout ini.

5.  >> dan <<
fungsi dari >> adalah sesuatu yang diperintahkan programmer pada programnya untuk melakukan sesuatu. Kmu bakalan sering menggunakan simbol ini sebagai penunjuk kemana program tersebut harus melakukan sesuatu.

Simbol ini akan kamu temui dengan diiringi cin maupun cout. Dimana << digunakan sebagai perintah pada cin dan >> digunakan pada perintah cout.

6.  printf() dan scanf()
Sebenarnya, perintah ini sama seperti cin dan cout. Namun pada penggunaannya tidak diiringi dengan >>/<< karena mereka berdua adalah pasangan input output yang menggunakan tanda kurung untuk isi data yang digunakan.

7. printf() disini disamakan seperti fungsi output dari cout. Sedangkan scanf() bisa disamakan seperti fungsi input pada cin.

Sebagai catatan, kamu harus selalu menambahkan #include diawal program sebagai tanda digunakannya kedua pasangan printf() & scanf() ini.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Script C++ , mungkin artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat saran dan masukan yang positif tentunya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap lagi. Semoga bermanfaat….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4