Beberapa Ciri-Ciri Kipas Laptop Yang Rusak dan Cara Memperbaikinya


Hay semuanya, selamat datang di blog belajar komputer sobat, bagaimana keadaaan sobat semua? Semoga baik baik saja ya. Terimakasih ya sudah berkunjung di blog belajar komputer ini, apakah dari sebagian sobat pembaca ada yang masih sekolah? Atau kuliah? Sedikit banyaknya pasti ada dong.

Nah, perlu kalian ketahui blog belajar komputer adalah blog yang mengulas segala tutorial komputer, pelajaran komputer, software komputer, jaringan komputer, dan banyak lagi ulasan mengenai komputer. Tidak hanya itu, update terbaru mengenai teknologi komputer dan tips-tips terbaru akan kita bahas disini.

Karena para pembaca masih ada yang sekolah, blog belajar komputer adalah tempat yang tepat untuk mencari pelajaran mengenai komputer loh… insya Allah hampir semua pelajaran komputer untuk sobat yang masih sekolah akan kita bahas disini.

Jadi, stay disini terus ya sobat.. nah, saya juga tidak akan pilih kasih. Untuk sobat pembaca yang kuliah dan orang awam juga yang ingin mendalami pelajaran dan tutorial mengenai komputer saya juga membahasnya di blog belajar komputer ini tentunya.

Tidak bisa di pungkiri dong kalau komputer yang kalian punya pasti pernah mengalami kerusakan atau error pada programnya kan? Nah, di blog belajar komputer juga memberikan tutorial cara memperbaiki komputer atau laptop yang error.

Langsung saja deh jangan berlama-lama lagi, pasti kalian para pembaca sudah penasaran apa yang akan kita bahas pada artikel kali ini, apakah pelajaran komputer? Tutorial komputer? Jaringan komputer? Software komputer? Atau teknologi komputer? Langsung saja simak ulasan berikut ya…

Beberapa Ciri-Ciri Kipas Laptop Yang Rusak dan Cara Memperbaikinya
 Beberapa Ciri-Ciri Kipas Laptop Yang Rusak dan Cara Memperbaikinya, ciri ciri kipas laptop rusak, bagaimana cara memperbaiki kipas laptop yang rusak, penyebab kipas laptop rusak, cara memperbaiki kipas laptop rusak

Untuk Anda yang menggunakan laptop, Anda pasti pernah mendengar ada suara yang keluar pada saat laptop dinyalakan. Nah suara tersebut berasal dari kipas laptop. kipas ini berfungsi untuk menjaga suhu processor agar tetap stabil saat digunakan.
Namun, dalam beberapa kasus ada beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop dan salah satu di antaranya bisa terjadi pada bagian kipas laptop. untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri kipas laptop mulai mengalami kerusakan, berikut ulasannya.
1. Laptop sering mengalami overheat
Pernahkah Anda merasakan saat memegang body laptop selalu terasa panas? Laptop yang sering mengalami kepanasan bisa jadi mengalami masalah pada bagian kipasnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi kipas laptop adalah sebagai pendingin sekaligus untuk membuang udara panas di dalam laptop.
Apabila laptop sering mengalami overheat, maka kemungkinan besar kipas laptop mulai tidak berfungsi. Anda bisa mengecek suhu laptop dengan menggunakan aplikasi khusus untuk mengetahui suhu laptop. jika suhu pada GPU, mainboard, dan CPU yang ditampilkan menunjukan angka merah, maka bisa dipastikan laptop mengalami overheat dan kipas tidak berfungsi maksimal.
2. Suara kipas sangat berisik
Bagian berikutnya yang nampak jelas adalah suara kipas cukup berisik. Hal tersebut dapat Anda sadari pada saat laptop pertama kali dihidupkan. Suara bising tersebut biasanya diikuti dengan suhu laptop yang terasa hangat atau bahkan panas. Cobalah Anda cek suara laptop ketika pertama kali dihidupkan. Apabila suaranya cukup kencang dan terdengar tidak mulus, maka bisa dipastikan kipas laptop bermasalah atau bahkan bisa jadi mengalami kerusakan.
3. Tidak terasa ada angin pada bagian pembuangan
Perlu Anda pahami jika setiap laptop memiliki lubang pembuangan udara di bagian samping atau bagian belakang. Ciri-cirinya adalah saat Anda mendekati lubang tersebut, maka tangan Anda akan merasakan udara hangat hingga panas. Lubang tersebut sengaja dibuat untuk mengalirkan udara panas di dalam laptop keluar. Dengan begitu, laptop tidak akan mengalami overheat.
Sekarang, cobalah Anda rasakan kembali pada lubang tersebut, apakah terasa ada udara yang mengalir atau hawa panas saat terkena tangan? Apabila tidak terasa ada angin yang keluar atau hawa panas yang keluar pada lubang tersebut, maka bisa jadai ada masalah pada kipas nya. Seperti yang diketahui bahwa komponen komputer yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan udara panas pada laptp adalah bagian kipas tersebut.
4. Laptop sering mati sendiri
Ketika Anda sedang beraktifitas menggunakan laptop, tiba-tiba laptop mati sendiri. Banyak orang yang mengira bahwa penyebab laptop mati mendadak adalah karena laptop mengalami overheat. Meskipun secara fakta dilapangan memang benar karena saat disentuh laptop terasa panas, namun hal tersebut tentu bisa terjadi karena ada komponen yang bermasalah. Tentunya mainboard tidak akan mengalami overheat jika tidak ada sebab. Maka dari itu, satu-satunya penyebab laptop panas berlebihan hingga menyebabkannya mati adalah kipas nya tidak berfungsi dengan baik.
5. Kipas laptop tidak berputar
Jika Anda membongkar laptop dan menghidupkannya, maka Anda bisa melihatnya dengan jelas apakah kipas laptop berfungsi atau tidak. hal itu bisa dilihat ketika laptop dinyalakan dan perhatikanlah kipas nya. Jika kipas berputar tidak terlalu kencang, maka kipas mengalami masalah. Sebab, pada umumnya, kipas laptop harus bergerak dengan cepat layaknya kipas pada umumnya agar processor tidak cepat panas. Namun, jika tidak berani membongkar laptop, maka Anda bisa gunakan cara-cara seperti yang sudah disebutkan di atas.
6. Laptop cepat panas ketika menjalankan program berat
Meskipun kipas laptop tidak begitu berjalan baik, namun laptop akan tetap baik-baik saja jika Anda hanya menjalankan beberapa program ringan atau sekadar “menghangatkan” laptop saja. Nah, keadaan akan berbeda jika Anda menggunakan laptop untuk menjalankan program-program berat seperti bermain game, membuka aplikasi grafis, atau menjalankan video.
Beberapa aktivitas tersebut membutuhkan kinerja yang maksimal agar hasilnya pun dapat dinikmati dengan baik. Secara otomatis beberapa komponen akan bekerja ekstra sehingga akan mengeluarkan panas. Untuk kipas laptop yang  mulai rusak, maka laptop akan cepat sekali panas. seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jika Anda memaksakan menjalankan program berat dengan kondisi kipas yang tidak maksimal, maka kerusakan komponen lainnya bisa lebih parah.
Itulah ciri ciri kipas laptop rusak yang mudah di deteksi. Kerusakan kipas laptop bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena usia laptop itu sendiri sampai kondisi lingkungannya. Kondisi lingkungan di sini adalah dari sisi tempat laptop itu di simpan.
Jika laptop disimpan pada tempat-tempat yang banyak debu, maka secara otomatis debu tersebut akan masuk ke dalam laptop dan membuat kipas nya akan sulit berputar. Akibatnya kipas akan mudah rusak. Untuk kondisi darurat, Anda bisa gunakan cara mendinginkan laptop dengan koin untuk cepat-cepat mendinginkan laptop. namun, jika kerusakannya tidak bisa ditangani, maka bawalah ke tempat servis.
Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Beberapa Ciri-Ciri Kipas Laptop Yang Rusak dan Cara Memperbaikinya, mungkin artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat saran dan masukan yang positif tentunya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap lagi. Semoga bermanfaat….

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4