Pengertian SSH Pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya


Pengertian SSH (SecureShell)
SSH adalah akronim dari SecureShell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus didukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH Server dari sisi komputer server dan SSH Klien untuk komputer penerima (klien).
Banyak digunakan pada sistem operasi berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun Shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shellremote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.

Fungsi SSH

Pengertian SSH Pada Jaringan Komputer Beserta Fungsinya, cara kerja ssh pada jaringan komputer, fungsi ssh pada jaringan komputer, apa yang dimaksud ssh pada jaringan komputer, apa yang dimaksud dengan ssh, bagaimana cara kerja ssh pada jaringan komputer

Fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai networkadmindibeberapa belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Fuungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, telnet dan protokol rsh.
Fungsi lain SSH adalah :


  • Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim.
  • Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.
  • Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
  • Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan daya yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Manfaat menggunakan SSH

Manfaat menggunakan akun SSH adalah meningkatkan keamanan data pada komputer Anda ketika mengakses internet, karena dengan adanya Akun SSH sebagai perantara koneksi internet Anda, SSH akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain.
Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH juga memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang mana memungkinkan kita mendapatkan manfaat sebagai berikut ini:


  1. Melakukan koneksi aplikasi TCP (misalnya : webserver, mail server, FTP server) dengan lebih secure (aman)
  2. Melakukan koneksi dengan membypass (melewati) firewall atau proxy setempat.

Manfaat kedua diatas itulah yang sering dicari oleh para pengguna Internet dan memanfaatkannya untuk kepentingan akses internet. Dengan menggunakan Akun SSH Kita juga dapat mengelola VPS untuk dijadikan hosting ataupun fungsionalitas yang lain.
Menggunakan Akun SSH untuk tunneling koneksi internet Anda memang tidak menjamin meningkatkan speed internet Anda. Namun dengan menggunakan Akun SSH, otomatis IP yang Anda gunakan akan bersifat statis dan dapat Anda gunakan secara privat dengan catatan hanya Anda lahuser dalam Akun SSH tersebut.

Protocol SSH ini memiliki banyak fungsi, selain fungsi tunneling yang sering kita gunakan, kita juga bisa menggunakan SSH untuk SFTP, SOCKS4/5 proxy atau bisa juga kita gunakan untuk mengatur VPS atau hosting milik kita khususnya VPS dengan OS Linux seperti CentOS.Untuk menggunakan tunneling menggunakan SSH ini kita bisa mengguankan SSH client seperti BitviseTunnelier ataupun Putty untuk sistem operasi Windows.
Untuk mendapatkan akun dan penggunaan dari SSH ini, kita bisa mendapatkan akun SSH gratis di cjb.net atau jika kita memiliki VPS biasanya pihak penyedia memberikan juga SSH untuk pengaturan VPS kita.

Kegunaan SSH 
SSH dirancang untuk menggantikan protokol telnet dan FTP. SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host. Dua hal penting SSH adalah consolelogin (menggantikan telnet) dan securefiletransfer (menggantikan FTP), tetapi dengan SSH anda juga memperoleh kemampuan membentuk sourcetunnel untuk melewatkan HTTP,FTP,POP3, dan apapun lainnya melalui SSH tunel. 

PublicKeyCryptografi (Kriptografi Kunci Publik) 
SSH menggunakan metode public-keycryptography untuk mengenkripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Dengan metode ini, kita akan memerlukan 2 buah kunci berbeda yang digunakan baik untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dua buah kunci tersebut masing-masing disebut publickey (dipublikasikan ke publik/orang lain) dan privatekey (dirahasiakan/hanya pemiliknya yang tahu). Masingmasing kunci di atas dapat digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. 

Cara kerja SSH
Public/privatekey yang masing-masing menjadi identitas SSH bagi keduanya. 
Langkah-langkah koneksinya adalah sebagai berikut : 


Langkah 1

Clientbind pada localport nomor besar dan melakukan koneksi ke port 22 pada server.

Langkah 2

Client dan server setuju untuk menggunakan sesi SSH tertentu. Hal ini penting karena SSH v.1 dan v.2 tidak kompatibel.

Langkah 3

Client meminta publickey dan hostkey milik server.

Langkah 4

Client dan server menyetujui algoritma enkripsi yang akan dipakai (misalnya TripleDES atau IDEA).

Langkah 5

Client membentuk suatu sessionkey yang didapat dari client dan mengenkripsinya menggunakan publickey milik server.

Langkah 6

Server men-decryptsessionky yang didapat dari client, meng-re-encrypt-nya dengan publickey milik client, dan mengirimkannya kembali ke client untuk verifikasi.

Langkah 7

Pemakai mengotentikasi dirinya ke server di dalam aliran data terenkripsi dalam sessionkey tersebut. Sampai disini koneksi telah terbentuk, dan client dapat selanjutnya bekerja secara interaktif pada server atau mentransfer file ke atau dari server. Langkah ketujuh diatas dapat dilaksanakan dengan berbagai cara (username/password, kerberos, RSA dan lain-lain).

Itulah pengertian SSH pada jaringan komputer, mungkin artikel diatas bisa membantu teman-teman yang sedang mencari referensi mengenai pengertian ssh pada jaringan komputer. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, terus ikuti blog belajar komputer karena disini banyak ulasan mengenai komputer dan pelajaran komputer secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4