Pengertian POST Pada Sebuah Komputer

POST atau Power On Self Test adalah serangkaian proses test yang dilakukan oleh komputer pada saat booting atau komputer pertama kali dihidupkan untuk mengetahui kondisi komponen perangkat keras komputer dan komponen pendukungnya. Dengan adanya proses POST memunginkan pengguna komputer dapat mengidentifikasi, menganalisis, mengisolasi menentukan letak kesalahan atau permasalahan pada komputer sehingga dapat menentukan langkah perbaikan yang paling tepat.
Pengertian POST Pada Sebuah Komputer, apa yang dimaksud dengan post pada komputer, kegunaan post pada komputer, apa itu post,

Dengan adanya proses ini sangat membantu user untuk menganalisis permasalahan pada komputer, dan jika terjadi permasalahan pada komputer tersebut maka komputer akan menampilkan tanda atau kode kesalahan. Kode-kode tersebut berupa:

1. Kode Suara beep
2. Kode angka yang ditampilkan pada layar monitor
3. kode pesan singkat

Kode- Kode kesalahan tiap komputer berbeda-beda tergantung BIOS yang digunakan. Ada 3 bios yang sering digunakan pada saat ini yaitu AMI BIOS, AWARDS BIOS dan PHOENIX BIOS. Tiap bios tersebut mempunyai pesan/kode masing-masing dalam mengidentifikasi permasalahan pada perangkatnya.

Kesimpulannya adalah pada setiap komputer mempunyai proses booting dan tiap pesan/kode masing-masing mengidentifikasi permasalahan pada perangkat tersebut. Semoga saja kalian bisa mengerti dengan artikel diatas, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai pelajaran komputer, software komputer, perangkat komputer, tutorial komputer serta tips dan trik komputer secara lengkap akan kita bahas disini. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4