Pengertian Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap

Pengertian Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer
Kabel coaxial merupakan kabel jaringan yang dibungkus dengan metal yang lembek. Instalasi jaringan menggunakan kabel ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kabel UTP akan tetapi kecepatan akses pada kabel sedikit lebih lambat sehingga kebanyakan orang enggal untuk menggunakannya. Kabel coaxial lebih efisien digunakan untuk sistem jaringan dengan kapasitas yang sedikit karena kecepatan aksesnya yang tidak memungkinkan untuk digunakan pada jaringan dengan kapasitas yang besar.

Fungsi Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer
Pengertian Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer Secara Lengkap, pengertian kabel Coaxial, fungsi kabel Coaxial, kegunaan kabel Coaxial, ciri ciri kabel Coaxial, kekurangan kabel Coaxial, kelebihan kabel coaxial

Kabel Coxial dalam jaringan komputer berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat didalam jaringan komputer, misalnya untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Kabel ini tidak digunakan dalam topologi star karena jaringan dengan topologi star biasanya menggunakan kabel UTP untuk media transmisinya.

Kabel Coaxial biasanya diguanakan pada topologi jaringan bus yang tutik percabangannya menggunakan TConector dan menggunakan konektor BNC untuk koneksi tiap node nya.

Bagian - bagian dari kabel coaxial:
Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Berikut adalah bagian-bagian kabel coaxial beserta fungsinya:

Konduktor, bagian ini merupakan inti dari kabel yang berfungsi sebagai lalu lintas data dalam jaringan.
Grounding merupakan kabel berserabut yang dipilin menyilang dan mengelilingi isolator dalam. Bagian kabel ini berfungsi untuk mengantisipasi pengaruh interfensi frekuensi listrik yang tidak diinginkan.
Isolator dalam merupakan bagian kabel yang berfungsi untuk melindungi bagian konduktor.
Isolator luar merupakan bagian kabel yang terletak pada kulit terluar yang berfungsi sebagain pelindung kabel secara keseluruhan.

Karakteristik Kabel Coaxial :
1. Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps
2. Biaya Rata-rata per node murah
3. Media dan ukuran konektor medium
4. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)
Kelebihan dan Kelemahan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer

Kelebihan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer:

  • Harga relatih murah.
  • Jarak jangkauannya cukup jauh.
  • Dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telepon.
  • Karena menggunakan penutup isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interferensi dengan system lain.

Kekurangan Kabel Coaxial Pada Jaringan Komputer:

  • Sulit pada saat melakukan instalasi.
  • Mempunyai redaman yang relative besar, sehingga untuk hubungan jauh harus dipasang repeater-repeater sebagai penguat sinyal.
  • Jika kabel dipasang di atas tanah, rawan terhadap gangguan-gangguan fisik yang dapat berakibat putusnya hubungan.
Itulah pengertian kabel Coaxial pada jaringan komputer beserta kekurangan dan kelebihannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer beserta komponen-komponennya secara detail dan lengkap. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4