Cara Mengetahui Power Supply Dalam Keadaan Rusak Atau Tidak



Power supply adalah komponen komputer yang berfungsi untuk memberikan daya ke komponen-komponen komputer seperti hardisk, motherboard, CD Room dan komponen yang lain, sehingga jika power supply mengalami masalah maka semua komponen juga akan mengalami masalah. Masalah tersebut biasanya komputer tidak bisa dihidupkan meski kita sudah menekan tombol power berkali-kali. Kadang lampu lead pada motherboard dan mouse bisa menyala akan tetapi kipas prosessor juga tidak berputar dan komponen yang lain menjadi tidak bekerja. Jika anda mengalami hal tersebut biasanya kerusakan pada power supply.
Cara Mengetahui Power Supply Dalam Keadaan Rusak Atau Tidak, cara mengecek power supply rusak atau tidak, cara melihat keadaan power suplly baik atau tidak, langkah-langkah mengecek power supply dalam keadaan baik atau tidak

Power supply ada 2 macam yaitu jenis ATX komputer dan AT komputer, akan tetapi fungsi keduanya adalah sama yaitu memberikan daya untuk komponen yang lain. Untuk mengetahui keadaan power supply rusak atau tidak kita bisa menggunakan trik dibawah ini.
Pada dasarnya konektor pada power supply sangat banyak sekali, ada 4 pinperiperal, atx 20/24 pin dan lain-lain. Akan tetapi untuk memastikan keadaan power supply rusak atau tidak kita bisa menggunakan konektor atx 20/24 pin. ATX 20/24 pin adalah konektor yang terhubung dengan motherboard yang mempunyai jumlah pin 20 atau 24. Berikut langkah-langkah untuk mengecek powersupply:
  • Lepas semua konektor power supply yang masuk ke komponen komputer anda.2. Ambil konektor ATX 20/24 pin.
  • Pada konektor tersebut ada kabel yang berwarna hijau, biasanya terletak pada uutan ke 4.
    Tancapkan kabel pada pin yang berwarna hijau kemudian hubungkan dengan pin yang berwarna hitam yang berada disebelahnya.
  • Langkah selanjutnya tancapkan kabel power ke listrik.
  • Jika kipas pada power supply berputar maka power supply tersebut masih dalam keadaan baik akan tetapi jika kipas pada power supply tidak berputar maka powersupply tersebut dalam keadaan rusak.
Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengecek power supply pada komputer rusak atau tidak. Jadi kesimpulannya terletak pada kipas yang ada di dalam power supply, jika kipas pada power supply masih berputar berarti power supply dalam keadaan baik, tapi jika kipas tidak berputar lagi berarti power supply rusak.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini mengenai cara mengecel power supply rusak atau tidak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer, perangkat komputer, jaringan komputer, tutorial komputer, tips komputer dan pelajaran komputer secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4