Cara Membuat Nilai Konversi Menggunakan Microsoft Excel



Konversi biasanya digunakan untuk merubah nilai dari satuan tertentu menjadi satuan yang lain. Sebagai contoh konversi dari 1 Kg menjadi Gram, maka hasil konversi dari 1 Kg menjadi Gram adalah 1000. Akan tetapi jika kita lupa akan rumus dan nilai konversi dari masing-masing satuan, maka kita bisa membuat konversi sederhana menggunakan microsoft office excel.

Konversi ini akan merubah satuan tertentu ke satuan yang lain. Rumus untuk membuat konversi pada Ms excel adalah =CONVERT(number,"from_unit","to_unit")

Keterangan Rumus:
  • Convert  merupakan fungsi rumus baku pada microsoft office excel yang digunakan untuk merubah/mengkonversi satuan.
  • Number merupakan kolom nilai atau cell yang akan dikonversi.
  • From Unit merupakan satuan yang akan dikonversi.
  • To Unit merupakan satuan hasil dari konversi.
Untuk lebih jelas cara membuat konversi pada microsoft office excel adalah sebagai berikut:
Langkah pertama adalah persiapkan terlebih dahulu lembar kerja yang akan di konversi (sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini).
Cara Membuat Nilai Konversi Menggunakan Microsoft Excel, panduan membuat konversi menggunakan microsoft excel, cara membuat konversi, bagaimana membuat nilai konversi menggunakan microsoft excel, rumus konversi microsoft excel

Langkah kedua kita akan memasukan rumus pada kolom hasil =CONVERT(number,"from_unit","to_unit")
Sebagai tambahan dan pengalaman untuk penulisan satuan konversi menggunakan huruf kecil semua karena jika menggunakan Huruf besar kecil, akan terjadi eror (contoh benar : km, contoh salah : Km)
Masukan satu persatu rumus yang akan digunakan dan sesuaikan dengan nilai hasil konversi.
Cara Membuat Nilai Konversi Menggunakan Microsoft Excel, panduan membuat konversi menggunakan microsoft excel, cara membuat konversi, bagaimana membuat nilai konversi menggunakan microsoft excel, rumus konversi microsoft excel

Itulah langkah-langkah membuat konversi menggunakan microsoft excel, semoga artikel ini dapat dimengerti oleh kalian yang sedang belajar cara membuat konversi menggunakan microsoft excel. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semual. Kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai pelajaran komputer secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4