5 Perbedaan JPG dan PNG Pada Format Gambar

Saat Anda meihat foto pada smartphone maupun komputer, terkadang kita tidak begitu memahami apakah gambar tersebut menggunakan jenis JPG atau menggunakan jenis PNG. Meskipun secara kasat mata tidak ada yang membedakan antara kedua jenis file tersebut, namu jika kita telisik lebih dalam, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa Perbedaan JPG dan PNG.


5 Perbedaan JPG dan PNG Pada Format Gambar, perbedaan gambar jpg dan PNG, perbedaan format gambar jpg dan png, pengertian format gambar jpg, pengertian format gambar PNG,


  • Sisi kompresi
Jika kita berbicara mengenai kompresi yang digunakan, ada perbedaan antara JPG dan PNG. Pada jenis JPG, terdapat fitur kompres yang bernama Lossy. Fitur ini memilki fungsi agar ukuran foto pada jenis JPG lebih optimal. Dengan kompres Lossy ini, kita juga dapat menghapus bagian-bagian tertentu pada foto yang digunakan.

Sedangkan pada jenis PNG, fitur kompres yang digunakan adalah Losless. Dengan menggunakan jenis kompres ini. foto dapat dioptimalisasi tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Hanya saja, dengan menggunakan kualitas foto yang tidak berkurang membuat ukurannya pun ikut membengkak. Oleh karena itu, dari sisi ukuran pun gambar PNG memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan versi JPG.
  • Sisi pemakaian
Jika kita melihat dari sisi pemakaiannya, kedua jenis format gambar ini juga memiliki perbedaan tujuan pemakaiannya. Untuk jenis JPG, biasanya digunakan untuk foto yang memiliki gaya fotografi. Contohnya saja, ketka kita memofo suatu objek dengan kamera ponsel atau kamera digital, maka gambar yang dihasilkan sesuai dengan objek yang difoto.

Untuk jenis foto PNG, umumnya sering digunakan pada gambar-gambar ilustrasi seperti gambar Vector atau gambar animasi. Hal itu bisa dipahami karena garis atau line yang dibuat pada gambar jenis PNG tidak pecah seperti JPG. Bahkan kualitas gambar yang disimpan menggunakan format PNG tidak jauh berbeda dengan foto sebelumnya.

  • Fitur khusus

Untuk gambar JPG, terdapat fitur yang bernama EXIF. Fitur ini dapat memungkinkan foto menyimpan banyak informasi ketika diambil. Contohnya saja jenis kamera yang digunakan, waktu pengambilan foto, resolusi yang digunakan, dan lain-lain. Biasanya fitur khusus ini digunakan oleh fotografer untuk urusan tertentu.

Pada Gambar PNG, terdapat fitur khusus juga yang bernama Transparency. Fitur ini memudahkan para ilustrator untuk mengedit, membuat, atau bahakn menyatukan suatu gambar ke gambar yang lainnya. maka dari itu, ketika kita mencari gambar yang menggunakan format PNG, backroundnya lebih banyak yang transparan. Berbeda halnya dengan format JPG. Ketika kita mengedit backroudnya menjadi transparan, maka saat disimpan hanya akan ada foto background yang berwarna putih.

  • Kualitas gambar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kualitas gambar baik dari JPG dan PNG memiliki perbedaan. Hal itu  bisa kita lihat saat kita melakukan pengubahan resolusi pada gambar. Cobalah Anda pelajari cara resize gambar dengan paint untuk mencoba lakukan pengecilan gambar. Jika kita melakukan pengecilan resolusi pada gambar yang menggunakan format JPG, maka kualitas gambarnya akan berkurang. Kita bisa melihatnya saat kita perbesar gambar yang sudah dikecilkan resolusinya. Umumnya, akan muncul beberapa piksel yang justru mebuat gambar menjadi tidak jelas atau kabur.

Hal ini berbeda jika kita mengecilkan resolusi pada gambar yang menggunakan format PNG, kita dapat melihat kualitas gambar pada format PNG tetap bagus meskipun kita melakukan pembesaran dengan sangat besar. Oleh sebab itu, format gambar PNG sangat banyak digunakan untuk melakukan kreasi.

  • Ukuran File

Dari sisi ukuran file yang akan disimpan, baik versi JPG maupun PNG memiliki perbedaan yang cukup jelas. Jika Anda menginginkan ukuran foto yang lebih kecil, maka jawabannya adalah versi PNG lebih kecil dibandingkan dengan versi JPG. Biasanya jika kita melakukan penyimpanan pada versi JPG, akan ada pilihan low, medium, high, dan juga very high jika kita menyimpannya menggunakan aplikasi photoshop. Sedangkan pada versi PNG, Anda akan jarang menemukan kualitas foto yang harus disimpan.

Itulah 5 perbedaan JPG dan PNG yang belum banyak dipahami banyak orang. meskipun terlihat PNG dan JPG memiliki perbedaan yang cukup jauh, akan tetapi kedua format gambar ini sangat dibutuhkan pada beberapa keadaan. Contohnya pembuatan brosur, pamflet, ataupun beriklan yang menggunakan gambar.

Selain itu, baik PNG maupun JPG bisa dibuat konversinya masing-masing. Jadi, gambar JPG bisa kita ubah menjadi PNG dan begitu juga sebaliknya. Hal itu tentunya sangat memudahkan kita dalam berkreasi menggunakan format gambar manapun tanpa harus susah payah mencari atau membuat gambar yang baru. Anda pun bisa membaca lagi mengenai format gambar ini di berbagai sumber seperti perbedaan JPG dan JPEG pada format gambar dan juga perbedaan bitmap dan vektor paling mendasar. Dengan begitu, Anda akan memahami apa saja Perbedaan JPG dan PNG beberapa format gambar di komputer maupun pada smartphone.

Itulah beberapa perbedaan JPG dan PNG Pada Format gambar, ada banyak sekali perbedaan yang kita lihat. Namun, keduanya mempunyai hal yang menarik. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita mengenai artikel diatas.

Kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai teknologi dan komputer secara detail dan lengkap. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4