3 Fungsi PCI Express Yang Ada di Dalam CPU Komputer



Saat Anda membongkar atau iseng melihat komponen-komponen motherboard, Anda akan melihat sebuah slot yang cukup panjang dibandingkan slot yang lain dan umumnya memiliki warna kuning. Nah, slot yang berwarna kuning dan panjang tersebut bernama PCI express.
PCI express merupakan sebuah singkat yakni Peripheral Component Interconnect Express. Umumnya PCI express selalu disingkat menjadi PCIe. Secara harfiah, PCIe adalah salah satu bagian motherboard yang memiliki koneksi untuk perangkat di dalam komputer. Fungsi PCI Express di dalam CPU meliputi hal-hal berikut ini.
3 Fungsi PCI Express Yang Ada di Dalam CPU Komputer, fungsi pci express, kegunaan pci express, apa kegunaan pci express,cara kerja pci express

Pengganti PCI Standar dan AGP
Salah satu Fungsi PCI Express ini adalah sebagai pengganti PCI standar. Biasanya, di dalam motherboad terdapat beberapa slotPCIe. Contohnya seperti PCI express x1, x4, x8 atau x16. PCI tersebut memiliki jumlah pin dan ukuran yang berbeda.
Pada PCIe x1 memiliki jumlah pin sebanyak 18 buah dana memiliki panjang sekitar 25mm. Pada PCIe x4 memiliki jumlah pin yang lebih banyak, yakni sekitar 32 pin dan memiliki panjang yang sedikit lebih panjang, sekitar 39mm. Lalu pada PCIe x8 tentunya memiliki jumlah pin dan ukuran yang lebih dibanding sebelumnya. jumlah pin pada PCIe x8 sebanyak 49 buah dan panjangnya sekitar 56 mm. Terakhir adalah PCIe x16. Jumlah pin pada PCIe x16 adalah 82 buah dan panjangnya sekitar 89 mm.
Pada PCI standar, jumlah pin dan ukurannya cenderung sama serta tidak begitu banyak perubahan berarti jika dibandkan dengan PCIe. Akan tetapi, pada Pcie, jumlah pin yang beragam tersebut disesuaikan dengan perangkat yang akan dihubungkan pada CPU.Selain digunakan sebagai pengganti PCI standar, PCIe juga digunakan sebagai penganti AGP. Seperti yang telah kita ketahui bahwa perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap beberapa komponen yang terpasang pada CPU. Termasuk PCI.
Kecepatan yang lebih tinggi
Salah satu fungsi lainnya yang membuat PCIe lebih banyak digunakan adalah kecepatan data transfer. Contohnya saja jika ada data yang dikirimkan menggunakan kabel lalu melewati PCIe ini maka kecepatannya bisa mencapai 250 MB/s. Akan tetapi dengan catatan PCIe yang digunakan menggunakan mode fullduplex. Apabila PCIe yang digunakan adalah jenis x16, maka kecepatan data yang digunakan bisa mencapai 4.000 MB/s. ‘Melihat fakta tersebut, tentunya kita sebagai pengguna akan dimanjakan dengan kecepatan maksimal saat menggunakan komputer. Hal tersebutlah yang membuat PCI biasa maupun AGP semakin terpinggirkan.
Mendukung berbagai macam perangkat komputer
Saat ini sudah banyak perangkat yang dapat sinkronasi dengan PCI express. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat sebuah perangkat dihubungkan dengan PCIe, maka kecepatan datanya akan berlipat ganda. Contoh perangkat yang dapat sinkronasi dengan PCIe adalah GraphicCard. Graphiccard atau juga bisa disebut sebagai GPU ini merupakan perangkat yang penting dalam sebuah komputer.
Fungsi VGA card pada komputer adalah untuk memaksimalkan tampilan grafis pada sebuah game maupun aplikasi. Saat dipasangkan dengan PCIe, kecepatan data saat tampilan grafis muncul akan jauh lebih cepat serta jauh lebih jernih. Namun itu sesuai dengan jenis VGA card yang digunakan.Perangkat lainnya yang bisa dihubungkan dengan PCIe adalah SSD yang menggunakan konektor M.2 atau jenis slotPCIe. Fungsi SSD pada sebuah komputer adalah sebagai media penympanan data dan juga sistem pada komputer. Umumnya SSD juga dapat digunakan sebagai pengganti Harddisk.
Perangkat selanjutnya adalah soundcard. Soundcard merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara pada komputer. Selain untuk mengeluarkan suara pada komputer, soundcard juga berfungsi untuk memasukan suara maupun mixing suara. Dengan menggunakan PCIe ini, proses dalam melakukan reasi suara menjadi lebih cepat. apalagi, mixing suara di komputer terbilang cukup berat seperti melakukan render [ada aplikasi pengolah video maupun gambar.
Perangkat terakhir yang dapat maksimal bekerja menggunakan PCIe adalah LAN komputer. Untuk perangkat yang satu ini kita pastinya sudah mengetahui bahwa fungsi LAN adalah sebagai media lalu lintas jaringan komputer maupun jarngan internet. Tentunya dengan menggunakan PCIe ini, kecepatan jaringan akan sangat cepat. salah satunya adalah data transfer yang bisa menyentuh 10GBBps.  
Itulah fungsi PCI Express pada sebuah komputer. Dengan fungsi-fungsi yang sudah dijabarkan di atas, bisa kita simpulkan bahwa PCI Express merupakan salah satu revolusioner dalam perkembangan komputer. Dengan adanya perangkat ini, kita bisa menghemat waktu yang kita tempuh saat mengerjakan sesuatu menggunakan komputer.
Jika Anda ingin PCI Express di dalam komputer, pastikan bahwa motherboard pada komputer yang Anda gunakan sudah terdapat PCI Express. Kalau tidak ada, Anda bisa pertimbangkan untuk mengecek harga motherboard baru di berbagai toko komputer atau melalui toko online.
Itulah 3 fungsi PCI Express di dalam CPU komputer, semoga kalian dapat megerti setelah membaca artikel diatas. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap. Kalian juga bisa mengikuti blog ini dengan cara Klik Folloe dibawah dan otomatis kalian bisa mendapat update artikel terbaru dari kami. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4