Beberapa Fungsi Komputer Generasi Pertama



Perangkat komputer yang kita pakai sekarang merupakan sebuah evolusi dari perkembangan komputer yang telah dibuat berpuluh-puluh tahun yang lalu. Jika kita melihat komputer di zaman sekarang sudah berbentuk minimalis bahkan sekarang sudah ada komputer yang berbentuk sebesar kotak kardus, maka berbeda halnya dengan komputer saat pertama kali dibuat.
Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang bahkan bisa memenuhi satu ruangan kamar. Bahkan, saat itu fungsinya pun masih sederhana dan juga pengoperasiannya yang sangat rumit jika dibandingkan dengan komputer generasi sekarang. Pastinya di antara kita penasaran apakah komputer generasi pertama memiliki Fungsi seperti  Komputer Generasi saat ini? untuk mengetahuinya berikut ulasannya.
Beberapa Fungsi Komputer Generasi Pertama, komputer generasi pertama, sejarah komputer generasi pertama, kegunaan komputer generasi pertama, komputer generasi pertama

1. Digunakan untuk kepentingan perang
Perlu Anda pahami bahwa pembuatan komputer pada generasi pertama bertepatan dengan konflik perang dunia kedua. Saat itu, negara-negara yang terlibat perang berupaya mengembangkan berbagai macam alat untuk mengatur strategi dalam berperang. Salah satu alat terbut adalah komputer.Sejatinya, komputer saat itu dibuat untuk membentuk strategi berperang melalui bantuan komputer. Dengan dibuatkan komputer saat itu, banyak negara yang berharap dapat memenangkan perang dengan mengandalkan kecanggihan komputer.
2. Membantu desain alat bantu perang
Selain digunakan untuk membuat strategi berperang. Komputer generasi pertama juga dibuat untuk membantu para desainer dalam pembuatan berbagai alat perang. Contohny saja pernah dilakukan insiyur asal Jerman yang bernama KonradZuse. Beliau membuat sebuah komputer yang bernama Z3 untuk dapat mendesain sebuah pesawat terbang serta peluru kendali pada tahun 1941. Tentunya hal ini bertujuan agar dapat membantu kepentingan perang dunia kedua saat itu.
3. Memecahkan kode rahasia
Jika Anda penggemar film-film perang atau film action, umumnya kita melihat adegan para karakter memecahkan kode rahasia menggunakan komputer. Ternyata adegan tersebut benar-benar dilakukan pada zaman perang dunia kedua. Fungsi lainnya dari komputer generasi pertama adalah dapat memecahkan kode rahasia dari negara lain. Contohnya pernah dilakukan oleh Negara Inggris dengan membangun komputer yang diberi nama Colossus. Komputer Colosus ini dibuat agar dapat memecahkan kode rahasia yang banyak digunakan negara Jerman.
4. Membuat perhitungan aritmatik dasar
Tidak hanya digunakan untuk kepentingan perang saja. Fungsi Komputer Generasi Pertama juga dibuat untuk kepentingan yang lebih kompleks. Contohnya adalah komputer yang dibuat oleh Howard H. Aiken yang bekerja sama dengan IBM. Mereka membuat komputer yang bernama Mark 1. Komputer Mark 1 ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai perhitungan aritamatik dasar serta persamaan-persamaan lainnya yang jauh lebih kompleks.
Setelah perang dunia kedua berakhir, penggunaan komputer lebih banyak digunakan untuk kepentingan manusia. Contohnya saja komputer EDVAC atau singkatan dari Electronic DiscreteVariableComputer. Komputer EDVAC atau ENIAC ini digunakan untuk melakukan perhitungan sebaanyak 5.000 buah hanya dalam 1 detik. Sejak saat itu, komputer mulai dipergunakan pertama kali selain untuk kepentingan  perang.
5. Ditemukannya RAM
Di generasi pertama  ini, RAM komputer pun berhasil ditemukan. Saat itu, komputer komersial EDVAC dikembangkan menjadi lebih baik. Eckert dan Mauchly berhasil mengembangkan berbagai macam komputer komersial seperti EDVAC, EDSAC atau singkatan dari Electronic DelayStorageAutomaticCalculator dan terakhir adalah UNIVAC 1 dan 2. UNIVAC sendiri adalah singkatan dari Universal AutomaticComputer. Pada komputer inilah RAM mulai dipergunakan sebagai alat untuk menyimpan sebagian data-data yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

6. Pertama kalinya membuat simulasi game
Konsep game yang pertama kali dibuat juga berasal dari generasi komputer pertama. istilah yang digunakan saat itu adalah GameTheory. GameTeory merupakan sebuah ilmu yang digunakan untuk membuat simulasi permainan di dalam komputer. Contoh permainan pertama saat itu adalah catur, bridge, dan berbagai macam game sejenisnya. Bahkan simulasi perang pun pernah digunakan saat komputer generasi pertama ada.
7. Awal mulanya komputer untuk aplikasi bisnis
Semenjak perkembangan komputer terus mengalami peningkatan pasca perang dunia kedua, komputer mulai dipergunakan sebagai alat-alat bisnis. Contohnya saja saat pembuatan IBM pada tahun 1953. Komputer IBM ini mulai diproduksikan untuk industri-industri pengolahan data di suatu perusahaan. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika komputer yang digunakan di Indonesia pada awal mulanya lebih banyak digunakan untuk kepentingan bisnis dan juga salah satu penggerak roda ekonomi.
Itulah beberapa fungsi komputer generasi pertama yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. jika kita lihat fungsi awalnya komputer generasi pertama, mungkin kita tidak akan menyangka kalau tujuan awalnya lebih banyak digunakan untuk kepentingan perang. Beruntunglah semenjak perang berakhir dan perkembangan teknologi semakin maju, kini komputer menjadi slaah satu barang wajib yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia. Hal itulah yang menjadi penyebab teknologi komputer berkembang cepat. Jika Anda masih ingin lebih mengetahui komputer generasi pertama, silakan kunjungi referensi mengenai ciri-ciri komputer generasi pertama serta kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama.
Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai seputar komputer, pelajaran komputer, tutorial komputer, jaringan komputer dan berbagai tips serta trik komputer secara lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel