Perbedaan Teknologi Analog dan Digital


Perbedaan Teknologi Analog dan Digital
Apakah kamu pernah menggunakan jam tangan? Pastinya kamu sudah tahu ada jam tangan analog dan juga jam tangan digital. Untuk orang awam, perbedaan jam tangan analog dan jam tangan digital adalah terletak pada tampilan dalam menunjukan waktu. Pada jam analog, waktu dalam menunjukan menit dan detiknya menggunakan arah jarum jam yang bergerak ke kanan. Sedangkan pada jam digital, waktu dalam menunjukan menit dan detiknya menggunakan angka secara elektronik.
Contoh di atas tadi sudah menunjukan perbedaan antara teknologi analog dan teknologi digital. Perbedaan-perbedaan lainnya bisa ditunjukan dari uraian di bawah ini.
Dilihat Dari Sisi pengertian
Perbedaan Teknologi Analog dan Digital, perkembangan teknologi digital masa kini, apa saja yang termasuk teknologi masa kini, apa itu teknologi analog?, apa itu teknologi digital?, cara kerja teknologi analog, cara kerja teknologi digital

Teknologi analog
Teknologi analog merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk keperluan tertentu dan sistem yang digunakan masih secara manual. Dengan kata lain, teknologi yang digunakan pada analog membutuhkan proses yang cukup panjang agar dapat menghasilkan sesuatu.
Teknologi digital
Teknologi digial merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk keperluan tertentu dan sistem yang digunakan sudah dilakukan secara otomatis. Dengan kata lain, teknologi yang digunakan pada digital lebih banyak menggunakan sistem komputer dalam menghasilkan sesuatu.
Dilihat Dari Sisi Proses Kerja Alat
Teknologi analog
Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, sistem analog masih menggunakan alat-alat yang digunakan secara manual dan lebih banyak menggunakan tenaga manusia untuk melakukannya. Ditambah lagi proses untuk mendapatkan hasilnya juga lebih lama. Contoh paling mudah adalah kamera, kamera zaman dulu masih merupakan analog. Sebab proses untuk memoto hingga menjadi sebuah foto memerlukan proses yang cukup lama. Pada umumnya hasil foto dapat dicetak sekitar  satu minggu setelah difoto.
Teknologi digital
Pada teknologi digital, sistemnya sudah menggunakan alat-alat yang lebih banyak melibatkan komputer dalam proses pembuatannya. Contoh paling mudah adalah kamera digital. Pada kamera digital proses untuk memoto hingga menjadi foo dapat dilakukan secara cepat. Pada umumnya, hasil foto dapat dicetak dalam satu hari setelah difoto.
Dilihat Dari Sisi Data Yang Dihasilkan
Teknologi analog
Hasil data yang dihasilkan teknologi analog lebih sedikit. Hal ini disebabkan teknologi analog membutuhkan proses yang cukup lama sehingga hasil yang didapatkan jauh lebih sedikit. Selain itu, hasil data yang dihasilkan pada teknologi analog lebih banyak dalam bentuk benda nyata
Teknologi digital
Hasil data yang dihasilkan teknologi digital lebih banyak. Hal ini disebabkan teknologi digital mengggunakan sistem komputer sehingga prosesnya pun bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, hasil dari teknologi digital bisa dibentuk dalam dua  bentuk yaitu berupa file dan benda nyata.
Dilihat Dari Sisi Perawatan
Teknologi analog
Pada teknologi analog, perawatan pada komponen-komponennya cukup mahal. Hal ini dikarenakan komponen-komponen pada teknologi analog sangat jarang ditemukan dan termasuk langka. Selain itu, komponen pada teknologi analog termasuk sangat khusus. Apabila ada kerusakan, maka harus diganti dengan komponen yang baru.
Teknologi Digital
Pada teknologi digital, perawatan pada komponennya relatif cukup murah. Hal ini disebabkan komponen-komponen pada teknologi digital cukup mudah ditemukan. Selain itu, apabilan ada kerusakan, masih dapat diperbaiki tanpa harus mengganti komponennya (kecuali jika komponennya sudah tidak bergungsi lagi).
Dilihat Dari Sistem Penyimpanan
Teknologi analog
Pada teknologi analog, gelombang suara yang diambil adalah gelombang suara asli yang direkam. Contoh mudahnya adalah tape recorder analog, untuk dapat merekam suara, gelombang suara yang diambil langsung dari mic yang direkam pada tape recorder. Gelombang suara yang berasal dari mikrofon merupakan gelombang suara secara analog. Hasil dari suara itu juga hanya satu format yakni dalam bentuk kaset recorder.
Teknologi Digital
Pada teknologi digital dalam fisika, gelombang suara yang diambil dijadikan sebuah sampel yang nantinya akan diubah menjadi angka-angka. Setelah itu angka-angka tersebut disimpan pada perangkat digital seperti CD. Sampel suara yang dihasilkan pun dapat diubah menjadi file-file yang memiliki format yang berbeda seperti MP3, WAV, AMR, dan lain-lain.
Dilihat pada perbedaan-perbedaan yang sudah disebutkan di atas, terlihat jika teknologi digital lebih unggul dibandingakan dengan teknologi analog. Memang dengan kemajuan teknologi yang sedang kita rasakan ini, teknologi digital perlahan-lahan mulai menggantikan teknologi analog yang selama ini sudah menghiasi kehidupan manusia.
Bahkan kemajuan teknologi digital sudah merambah ke berbagai bidang seperti bidang pendidikan, pemerintahan, industri, dan lain-lain. Manfaat komputer dalam dunia industri bisa kita lihat banyak pabrik-pabrik yang mulai menggunakan sistem komputer di dalam memproduksi barangnya. Bahkan saat ini pun media sosial merupakan contoh paling dekat perkembangan jaringan komputer. Saat ini, orang-orang sudah lebih banyak mengobrol, berbincang-bincang, dan diskusi hanya di depan monitor dibandingkan bertatap muka secara langsung.
Meskipun terlihat sangat unggul, akan tetapi penggunaan teknologi analog masih tetap digunakan sampai saat ini seperti jam tangan analog. Bahkan beberapa usaha juga masih ada yang tetap menggunakan teknologi analog untuk memproduksi barang-barangnya.
Itulah perbedaan teknologi digital dan teknologi analog yang dilihat dari semua sisi ya teman-teman. Mungkin sudah cukup menjelaskan perbedaan teknologi analog dan digital setelah kalian membaca artikel ini.
Mungkin sampai disini saja artikel kali ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai pengetahuan yang bermanfaat tentunya. Jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat masukan dan saran yang positif tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4