Perbedaan Jaringan Komputer dan Jaringan VOIP


Perbedaan Jaringan Komputer dan Jaringan VOIP
Di jaman sekarang ini komputer terus update mulai dari desain, perangkat, software dan jaringan. Sehingga banyak berdampak pada pengguna smartphone dan lingkungan di masyarakat. Benyak perubahan mengenai jaringan komputer pada masa sekarang ini, ada beberapa jaringan yang memang menjadi pesaing di jaringan komputer.
Akan tetapi, selain jaringan komputer, ada satu jaringan lagi yang juga mengalami perkembangan, yakni jaringan Voip. Meskipun  terdengar sama-sama menggunakan jaringan, namun jaringan Voip dan jaringan komputer memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, berikut ulasannya.
Segi pengertian
Pengertian dari jaringan komputer dengan jaringan Voip memiliki perbedaan. Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang terhubung dari satu komputer ke komputer lain untuk berbagi macam data. Jaringan komputer juga dibentuk dari dua macam kombinasi yakni perangkat lunak dan perangkat keras komputer.
Sedangkan untuk jaringan Voip merupakan sebuah singkatan dari Voice Over Internet Protocol. Secara garis besar, jaringan ini merupakan sebuah teknologi yang dapat menghubungkan percakapan suara melalui sebuah jaringan internet. Dengan kata lain, kita dapat melakukan panggilan layaknya telepon tapi menggunakan internet sebagai sinyal penghubungnya.
Segi perangkat yang digunakan
Dari sisi perangkat yang digunakan bak jaringan komputer maupun jaringan Voip memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Pada jaringan komputer, perangkat yang digunakan meliputi perangkat keras jaringan komputer seperti modem, Ethernet, kabel LAN, dan lain-lain. Ditambah lagi perangkat komputer atau laptop maka jaringan komputer sudah data digunakan.
Pada jaringan Voip, pada dasarnya bisa dilakukan melalui komputer maupun smartphone. Untuk smartphone, kita bisa melakukan percakapan layaknya kita menelepon pada umumnya. Sedangkan pada komputer, butuh perangkat lain agar dapat berkomunikasi dengan lancar. Perangkat tersebut adalah mic dan headset.
Perbedaan Jaringan Komputer dan Jaringan VOIP, pengertian jaringan voip, cara kerja jaringan voip, keunggulan jaringan voip, apa perbedaan jaringan voip dan jaringan komputer

Segi fungsi
Jika berbicara fungsi, hal ini bisa terlihat dari pengertian poin sebelumnya. Jaringan komputer berfungsi untuk berbagi data dari beberapa komputer. Data yang dibagi bisa bermacam-macam. contohnya saja bisa itu file video, suara, gambar, dokumen, dan berbagai macam file-file lainnya.
Pada jaringan Void, data yang dikirimkan berupa suara saja. Meskipun bagitu, kini jaringan Voip pun dapat mengirimkan data-data lainnya seperti pesan, foto, video, tautan, bahkan sampai video call. Maka dari itu, pada dasarnya jaringan void bisa termasuk ke dalam jaringan komputer karena perangkat komputer juga dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.
Segi penggunaan internet
Untuk internet sendiri kedua jaringan ini juga memiliki perbedaan. Jaringan komputer tidak harus selalu menggunakan internet untuk dapat mengirimkan data. Seperti yang telah diketahui bahwa jenis-jenis jaringan komputer itu banyak pilihannya. Internet sndiri merupakan salah satu dari bagiannya. Dengan kata lain, tanpa adanya jaringan internet sekalipun, berbagi data dapat dilakukan dengan lancar selama tidak ada masalah pada kabel maupun wireless.
Pada jaringan Void, untuk dapat berkomunikasi harus menggunakan internet. Tanpa adanya internet, pengirimanan data suara dan berbagai file lainnya tidak dapat terkirim. Secara singkatnya, jaringan Voip ini sangat bergantung dengan internet. Jika data internet yang digunakan kecil, maka pengiriman suara dan data lainnya akan lambat. Maka dari itu, ketika kamu melakukan video call tapi terputus-putus, itu menandakan data internetnya kecil atau ada masalah pada jaringan datanya
Segi penggunaan aplikasi
Pada jaringan komputer, untuk dapat mengirmkan data tidak harus menggunakan aplikasi khusus. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada jaringan komputer yang menggunakan jaringan yang sama, kita dapat mengirimkan data melalui kabel atau nirkabel seperti wireless. Kalau ingin mengirimkan data yang tidak satu jaringan, barulah kita mengirimkannya menggunakan aplikasi tertentu. Contohnya email, maka kita dapat menggunakan aplikasi yang khusus untuk mengirimkan email seperti Gmail, Yahoo mail, dan lain-lain.
Pada jaringan Voip, untuk dapat berkomunikasi, maka harus menggunakan aplikasi tertentu. Contohnya saja, Skype. Skype merupakan aplikasi yang digunakan pada komputer agar dapat berkomunikasi secara video call. Contoh lainnya adalah Whatsapp pada smartphone. Dengan menggunakan Whatsapp, kita dapat berkomunikasi melalui telepon biasa, pesan instan, video call, atau juga mengirimkan data-data lainnya seperti file audio, video, dokumen, dan lain-lain.
Itulah beberapa perbedaan jaringan komputer dengan jaringan voip yang jarang diketahui. Dengan melihat ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa baik jaringan komputer dan jaringan voip memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Bahkan, baik jaringan komputer maupun jaringan voip lebih banyak kesamaannya dibandingkan perbedaannya.
Intinya dari kedua jaringan ini sama-sama memudahkan kita untuk mengakses internet. Kemudian yang tidak lepas persamaannya adalah sama-sama berbentuk sebuah jaringan dan sistem struktur jaringan. Itulah ulasan mengenai perbedaan jaringan komputer dan jaringan void ya teman-teman.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel