Pengertian Sistem Operasi Jaringan Pada Komputer


Pengertian Sistem Operasi Jaringan Pada Komputer
Kembali lagi di belajar komputer, blog yang mengulas semua hal mengenai komputer mulai dari sistem operasi komputer, tutorial komputer, jaringan komputer, pelajaran komputer, perangkat komputer dan tips serta trik komputer akan kita bahas disini.
Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian Sistem Operasi Jaringan Pada Komputer, lalu apa yang dimaksud dengan sistem operasi jaringan pada komputer mas? Apa saja contoh sistem operasi jaringan pada komputer? Apakah ada karakteristik dari sistem operasi jaringan tersebut mas?
Untuk mendapatkan jawabannya sudah saya rangkum di dalam ulasan berikut ini, langsung saja deh kalian simak ulasan berikut:

Pengertian Sistem Operasi Jaringan
Pengertian Sistem Operasi Jaringan Pada Komputer, apa yang dimaksud dengan sistem operasi jaringan komputer, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, karakteristik jaringan komputer, cara kerja jaringan komputer, bagaimana fungsi jaringan komputer

Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client dengan sangat baik. Umumnya, sistem operasi jaringan ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna di dalam jaringan komputer, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat
pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan
Fungsi utama dari sistem operasi jaringan adalah sebagai pengelola sumber daya jaringan dan memberikan layanan terhadap komputer client. Adapun beberapa karakteristik dari sistem operasi jaringan adalah sebagai berikut:

a. Pusat kendali sumber daya jaringan
Sistem operasi jaringan akan terinstal pada komputer server yang memungkinkan untuk dapat melakukan kendali terhadap sumber daya dalam jaringan.
b. Akses aman ke sebuah jaringan
Sistem operasi jaringan merupakan akses aman ke sebuat jaringan karena sistem operasi jaringan akan dibekali dengan sistem security yang lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi biasa.
c. Mengizinkan remote user terkoneksi ke jaringan
Sistem operasi jaringan mampu melakukan remote terhadap user dalam jaringan. sehingga memudahkan teknisi untuk dapat melakukan remote komputer client.
d. Mengizinkan user terkoneksi ke jaringan lain (misalnya Internet)
Dengan adanya sistem operasi jaringan memungkin kita untuk bisa menghubungkan komputer-komputer client agar dapat terhubung ke internet. selain itu kita juga bisa mengontrol user mana saja yang bisa terhubung ke jaringan internet.

e. Back up data dan memastikan data tersebut tersedia

Sistem operasi jaringan dapat melakukan backup data dan memastikan data tersebut ada.
Itulah penjelasan mengenai sistem operasi jaringan pada komputer ya teman-teman. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat masukan dan saran yang positif tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel