Penemu Mesin Turing (Sejarah Komputer)


Penemu Mesin Turing (Sejarah Komputer)
Mesin Turing merupakan alat pemecah kode yang bekerja secara otomatis dan dilengkapi dengan beberapa pita disertai pula dengan dinamo untuk menggerakan pita tersebut secara maju mundur yang bertujuan untuk menulis dan membaca suatu instruksi. Mesin ini pertama kali diciptakan di Inggris pada tahun 1935 yang selanjutnya digunakan untuk pemecah kode Enigma buatan pasukan NAZI Jerman pada Perang Dunia II.

Penemu Mesin Turing, sejarah mesin turing, pengertian mesin turing, kegunaan mesin turing, apa yang di maksud mesin turing, sejarah komputer, sejarah mesin turing, penemu komputer pertama, penemu komputer
Sumber : britannica.com

Sesuai dengan nama dari mesinnya, pencipta alat pemecah kode Enigma secara otomatis ini ditemukan oleh Alan Mattison Turing dari kebangsaan Inggris. Ia adalah seorang matematikawan, ahli pemecah kode, ilmuwan komputer dan kabar yang tidak baiknya yaitu ia juga seorang yang menyukai sesama jenis. Dan ternyata pria kelahiran London (Inggris) ini adalah pencipta komputer pertama didunia.
Masa masa paling bersejarah di dunia komputer
Komputer pertama yang diciptakan oleh Alan Turing bernama ACE (Automatic Computing Engine) pada tanggal 10 Mei 1950 yang telah terpasang program didalamnya. Pada tanggal tersebut, merupakan masa-masa yang paling bersejarah bagi dunia komputer. Tidak sampai disitu saja, Turing masih belum puas dengan penemuannya.
Ia terus mengembangkan dan ingin menciptakan komputer yang dapat diberikan instruksi oleh penggunanya. 2 tahun kemudian Turing menciptakan permainan catur pada komputer sederhana yang diciptakannya
Mesin Turing di ciptakan di tengah perang dunia kedua
Pada saat Perang Dunia II berlangsung, Turing bergabung dengan instansi pemerintahan Inggris sebagai pemecah kode Enigma. Kode Enigma ini berasal dari mesin yang hampir mirip dengan mesin tik yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan berupa sandi-sandi. Mesin tersebut memiliki 3 rotor yang berputar dan menghasilkan sandi dengan 159 juta kemungkinan. Teknologi canggih pada masanya ini, dimiliki oleh NAZI yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dalam kegiatan penyerangan yang mereka lakukan
Instansi pemerintahan tempat Alan Turing bekerja hampir tidak percaya dengan kemampuan yang ia miliki dikarenakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan kode Enigma yang dimiliki oleh pasukan Inggris. Atas motivasi dan bantuan temannya, akhirnya Turing berhasil memecahkan kode Enigma pada tanggal 6 Juni 1944. Pada saat itulah Turing dan kawan-kawannya berjasa dalam menyelamatkan ribuan bahkan jutaan tentara Inggris yang berperang melawan NAZI.

Sisi lain Alan Turing
Seperti kebanyakan orang pintar lainnya, Alan Turing memiliki kepribadian tertutup dan jarang bergaul yang membuatnya menjadi pria yang pendiam. Kehidupannya dipenuhi oleh angka-angka dan rumus matematika. Saat usia 18 tahun dan masih duduk di bangku sekolah, ia menemukan cinta sejatinya. Akan tetapi, cinta yang Turing miliki ditujukan kepada teman lelaki 1 kelasnya yaitu Christopher Morcom. Cinta Turing tumbuh karena kepedulian Morcom kepadanya disaat teman-temannya menjahilinya. Seiring berjalannya waktu, kedekatan mereka berdua semakin melekat, begitu pula cinta yang dimiliki Turing semakin dalam.
Telah terjadi kabar buruk ketika terdengar kabar bahwa Christopher Morcom meninggal dunia dikarenakan terserang penyakit TBC yang berasal dari sapi yang susunya dia minum. Kejadian ini sepertinya pukulan berat bagi Turing, sampai ia menjadi seorang atheis (meyakini segala yang terjadi didunia ini disebabkan oleh reaksi alam).

Kematian seorang penemu komputer pertama
Penemu Mesin Turing, sejarah mesin turing, pengertian mesin turing, kegunaan mesin turing, apa yang di maksud mesin turing, sejarah komputer, sejarah mesin turing, penemu komputer pertama, penemu komputer
Sumber : abulyatama.ac.id

Setelah Perang Dunia telah usai, Alan Turing bukannya mendapatkan penghargaan karena jasa yang telah ia lakukan. Melainkan mendapat hukuman dari pemerintah Inggris dikarenakan pada masa itu seorang homoseksual merupakan kejahatan dan harus dihukum.
Turing hanya memiliki 2 pilihan pada saat itu yakni masuk penjara atau melakukan terapi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat merubah hormon menjadi heteroseksual. Obat perubah hormon yang Turing konsumsi memiliki efek samping berupa tangan gemetar, fokus berkurang disertai dengan keseimbangan berkurang dan tubuh menjadi lemas.
Karena beratnya menanggung efek samping dari obat-obatan yang ia konsumsi, mengakibatkan Alan Turing mengalami depresi beras di usia ke 42 tahun. Turing merasa harapan hidupnya sudah tidak ada lagi dan memutuskan untuk bunuh diri dengan mengkonsumsi racun Sianida yang dioleskan pada buah apel sebelum memakannya.
Teknologi yang kita gunakan saat ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh para ilmuwan komputer. Namun perlu diingat bahwa itu semua berawal dari penemuan yang diciptakan oleh Alan Mattison Turing. Meskipun ia seorang homoseksual tapi kita harus lihat jasa-jasa yang telah dilakukannya. Dan menurut hemat penulis, baik buruknya seseorang bukan dilihat dari apa yang telah dialaminya, tetapi dari apa yang telah dilakukannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4