Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language)



Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language)
Hay semuanya, selamat datang di blog belajar komputer sobat, bagaimana keadaaan sobat semua? Semoga baik baik saja ya. Terimakasih ya sudah berkunjung di blog belajar komputer ini, apakah dari sebagian sobat pembaca ada yang masih sekolah? Atau kuliah? Sedikit banyaknya pasti ada dong.
Nah, perlu kalian ketahui blog belajar komputer adalah blog yang mengulas segala tutorial komputer, pelajaran komputer, software komputer, jaringan komputer, dan banyak lagi ulasan mengenai komputer. Tidak hanya itu, update terbaru mengenai teknologi komputer dan tips-tips terbaru akan kita bahas disini.
Karena para pembaca masih ada yang sekolah, blog belajar komputer adalah tempat yang tepat untuk mencari pelajaran mengenai komputer loh… insya Allah hampir semua pelajaran komputer untuk sobat yang masih sekolah akan kita bahas disini.
Jadi, stay disini terus ya sobat.. nah, saya juga tidak akan pilih kasih. Untuk sobat pembaca yang kuliah dan orang awam juga yang ingin mendalami pelajaran dan tutorial mengenai komputer saya juga membahasnya di blog belajar komputer ini tentunya.
Tidak bisa di pungkiri dong kalau komputer yang kalian punya pasti pernah mengalami kerusakan atau error pada programnya kan? Nah, di blog belajar komputer juga memberikan tutorial cara memperbaiki komputer atau laptop yang error.
Langsung saja deh jangan berlama-lama lagi, pasti kalian para pembaca sudah penasaran apa yang akan kita bahas pada artikel kali ini, apakah pelajaran komputer? Tutorial komputer? Jaringan komputer? Software komputer? Atau teknologi komputer? Langsung saja simak ulasan berikut ya…

DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language)
Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language), perbedaan ddl dan dml, yang dimaksud dengan ddl, yang dimaksud dengan dml, cara kerja ddl dan dml, pengertian ddl dan dml, cara membedakan ddl dan dml

DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) adalah bagian dari DBMS (Database Management System) yang berisi perintah-perintah untuk membuat, merubah maupun memodifikasi dan menghapus data pada database. 

Apa yang dimaksud DDL (Data Definition Language)?
DDL (Data Definition Language) merupakan kumpulan perintah SQL yang dipakai dalam pembuatan, perubahan dan penghapusan data pada database seperti: tabel, indeks, trigger, fungsi dan lain-lain. 

Berikut adalah perintah SQL yang termasuk DDL (Data Definition Language)
  • Create berfungsi untuk membuat database baru
  • Alter berfungsi untuk merubah database
  • Drop berfungsi untuk menghapus database
Apa yang dimaksud DML (Data Manipulation Language)?
DML (Data Manipulation Language) merupakan kumpulan perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data pada tabel dalam database. DML (Data Manipulation Language) berisi kumpulan perintah seperti: menambah(Insert), merubah(update) dan menghapus(delete) data pada tabel.
Berikut adalah perintah yang termasuk DML (Data Manipulation Language)
  • Insert berfungsi untuk menambah data pada tabel
  • Update berfungsi untuk merubah data pada tabel
  • Delete berfungsi untuk menghapus data dari suatu tabel



Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Perbedaan DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language), mungkin artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Jangan lupa berikan komentar dibawah agar saya mendapat saran dan masukan yang positif tentunya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap lagi. Semoga bermanfaat…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4