Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol)


Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol)
Masih bersama belajar komputer, blog yang mengulas tuntas seputar komputer, tips komputer, tutorial komputer, pelajaran komputer bagi anak sekolah maupun kaum awam. Pada pembahasa kali ini saya akan membahas megenai Telnet (Telecommunications network protocol). Apa itu Telnet? Bagaimana cara kerja Telnet? Apakah ada kekurangan dan kelebihan Telnet?, untuk mengetahui jawabannya langsung saja simak artikel dibawah ini.

Telnet (Telecommunications network protocol)
Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol), cara kerja telnet, pengertian telnet, fungsi telnet, kegunaan telnet, apa yang dimaksud dengan telnet, jenis jenis telnet,

Telnet atau Telecommunications Network Protocol adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.
Banyak contoh yang menggunakan fungsi Telnet ini, saya menemukan ada aplikasi yang bernama TeamViewer14 Host.
Pengertian Telnet (Telecommunications network protocol), cara kerja telnet, pengertian telnet, fungsi telnet, kegunaan telnet, apa yang dimaksud dengan telnet, jenis jenis telnet, gambar timeviewer

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat data teman dengan menggunakan aplikasi ini. Data yang ada pada komputer Anda dan teman Anda bisa tampak jika teman Anda menggunakan aplikasi yang serupa kemudian di konekkan atau di sambungkan dengan komputer Anda.
Aplikasi ini dapat mempermudah pekerjaan, karena tidak perlu pergi kerumah teman untuk untuk meminta data menggunakan flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Sama seperti saya sendiri menggunakan aplikasi untuk kepentingan pekerjaan kantor saya, saya meminta data laporan keuangan bulanan kepada staff saya dan saya tidak perlu jauh-jauh pergi kerumah staff saya dan meminta data keuangan di kantor saya.
Begitu mudahnya teknologi pada jaman sekarang ini karena dapat membantu pekerjaan kita sehari hari.

Pengertian dari Telnet bisa dijabarkan sebagai remote login yang yang terjadi pada jaringan komputer yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan login dan bekerja dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Pengguna dapat mengakses dan menjalankan komputer dari jarak yang jauh melalui service dari protokol telnet.

Fungsi Telnet (Telecommunications network protocol)
Fungsi utama dari telnet adalah untuk mengontrol dan mengakses komputer dari jarak yang jauh melalui jaringan internet. Telnet juga memungkinkan pengguna untuk melalukan login sebagai administrator atau user dan menjalankan program atau aplikasi yan ada pada komputer tersebut.

Ingin Tahu Kelebihan dan kekurangan menggunakan Telnet?

Kelebihan Telnet
Kelebihan menggunakan telnet adalah memudahkan pengguna untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh.selain itu user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna dapat memberikan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer tersebut.
Kekurangan Telnet
Adapun kekurangan dari Telnet yaitu tingkat keamanan data dan program kurang baik yang memungkinkan pengguna NTLM authentication tanpa adanya enkripsi sehingga dapat memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh sniffers, jika kita administrator sistem maka disarankan untuk menggunakan SSH pada Linux daripada Telnet Server untuk mengkonfigurasikan sistem kita.
Mungkin sampai disini saja pembahasan kita mengenai Telnet, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Kita akan bertemu di artikel berikutnya masih dalam seputar komputer dan segudang informasi mengenai pelajaran komputer tentunya. Jangan lupa berikan komentar di bawah ini agar saya mendapatkan masukan dan saran yang positif dari teman-teman tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4