Pengertian Protokol Layering Pada Jaringan Komputer


Pengertian Protokol Layering Pada Jaringan Komputer
Masih dalam seputar komputer, disini saya akan membahas mengenai jaringan komputer yang mungkin sebagian dari kalian belum mengetahuinya. Terutama bagi kalian yang masih bersekolah dan masih menjalani pendidikan di tingkat perguruan tinggi misalnya, disini saya akan membahas mengenai protokol layering.
Apa itu protokol layering? Bagaimana cara kerja protokol layering? Apa kegunaan protokol layering?
Ingin mendapatkan jawabannya? Langsung saja simak artikel berikut ini.

Pengertian Protokol Layering
Pengertian Protokol Layering Pada Jaringan Komputer, pengertian protokol layering, cara kerja protokol layering, fungsi protokol layering, kegunaan protokol layering, yang dimaksud dengan protokol layering

Protokol Layering adalah bentuk keterkaitan antar protokol yang saling terhubung dan saling ketergantungan satu sama lain saatterjadi komunikasi yang kompleks didalam jaringan komputer.
Protokol Layering juga dapat diartikan sebagai sebuah teknik umum dalam jaringan komputer untuk menyederhanakan desain jaringan komputer, dengan cara melakukan pembagian ke dalam beberapa buah lapisan (layer) dimana untuk setiap layer tersebut diletakkan satu atau beberapa buah protokol sesuai dengan tugasnya masing-masing, Kesesama protokol ini saling terhubung dan saling membutuhkan satu sama lain (protokol Layering).
Setiap protokol menjalankan tugasnya masing-masing pada setiap lapisan dimana protokol tersebut ditempatkan. Terkadang protokol ini akan menghasilkan protokol lain yang lebih sederhana.

Pemodelan layer pada jaringan komputer terutama pada model OSI sangat banyak dipengaruhi oleh protokol layering ini. Mengingat bahwa pemodelan layer OSi dipengaruhi protokol layering, maka secara tidak langsung pemodelan layer TCP/IP versi umum maupun versi Forouzan juga dipengaruhi oleh desain dari protokol layering.

Protokol layering ini juga menunjukan pembagian setiap protokol untuk setiap layer didalam jaringan komputer. Pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan dengan lima buah layer didalamnyasetiap protokol yang ada di layer tersebut dapat dibagi-bagi kembali menjadi unit-unit bagian terkecilnya yang menunjukkan spesifikasi tugas yang dilakukan oleh protokol tersebut.
Jadi bagaimana? Sudah paham kan mengenai protokol layering pada jaringan komputer, semoga kalian semua bisa memahami dengan apa yang saya jelaskan. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini dan sudah membaca keseluruhan isi pada artikel ini, kita akan berjumpa pada artikel berikutnya mengenai seputar komputer, tips komputer dan segudang informasi mengenai komputer.
Jangan lupa berikan  komentar kalian dibawah agar saya mendapat kritik dan saran serta masuka yang positif tentunya, semoga bermanfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4