Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing Pada Jaringan Komputer


Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing Pada Jaringan Komputer
Masih bersama belajar komputer, blog yang mengulas mengenai komputer mulai dari tips komputer, tutorial komputer, jaringan komputer dan semua pelajaran mengenai komputer. Nah pada pembahasan kali ini saya akam membahas mengenai Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada Jaringan Komputer. Langsung saja simak artikel berikut ini:

Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing


Jaringan komputer, pengertian jaringan komputer, kegunaan jaringan pada komputer, yang di maksud dengan jaringan, cara kerja jaringan pada komputer, pengertian multiplexing, pengertian demultiplexing, cara kerja multiplexing pada jaringan komputer

Pada Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) didalam permodelan layernya menggunakan sejumlah protokol yang berbeda-beda pada setiap bagian-bagian dari layer, maka akan terjadi dua buah proses yang dinamakan multiplexing dan demultiplexing.
Lalu apa sih multiplexing dan demultiplexing ini? Apakah yang di maksud dengan multiplexing dan demultipelxing? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut :

Multiplexing
Multiplexing merupakan sebuah proses dimana protokol pada sebuah layer dapat melakukan proses encapsulation terhadap paket data dari beberapa buah protokol dilayer atas secara bersamaan dalam satu waktu.
Demultiplexing
Demultiplexing merupakan sebuah proses dimana protokol melakukan proses pembukaan bungkusan (decapsulation) mengantarkan paket data ke beberapa buah protokol layer diatas.
Multiplexing Demultiplexing dilakukan oleh komputer pengirim (Source) dan komputer tujuan (destination).
Proses Encapsolution (pembungkusan) dan Decapsulation (pembukaan pembungkusan) juga terdapat di setiap layer permodelan layer di jaringan komputer baik layer model OSI maupun TCP/IP.
Mengingat bahwa application layer berada di posisi teratas pada susunan layer di jaringan komputer maka multiplexing dan demultiplexing tidak akan terjadi pada aplication layer. Hal ini disebabkan karena application layer tidak menyediakan layanan (service) apapun pada layer-layer lainnya. Sehinga yang dilakukan oleh application layer hanyalah encapslution dan decapslution.
Itulah pengertian Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing Pada Jaringan Komputer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya, terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap.
Jangan lupa berikan komentar teman-teman semua mengenai artikel ini agar saya mendapat masukan dan saran yang positif tentunya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4