Fungsi Utama Protokol Pada Jaringan Komputer


Fungsi Utama Protokol Pada Jaringan Komputer
Komputer terhubung ke internet karena adanya jaringan yang menghubungkan server ke sever jaringan pada komputer, namun jaringan komputer juga memiliki struktur yang berfungsi dan berperan pada komputer tersebut. Salah satunya adalah Protokol pada jaringan komputer.
Lalu apa itu protokol? Apa fungsi protokol pada jaringan komputer? Apakah protokol memilik jenis? Untuk mendapatkan jawabannya langsung saja teman-teman simak penjelasan berikut ini :
Pengertian Protokol
Fungsi Utama Protokol Pada Jaringan Komputer, cara kerja protokol jaringan, pengertian protokol jaringan, protokol jaringan komputer, jenis-jenis protokol jaringan komputer, sistem protokol jaringan,
Protokol merupakan bagian terpenting dalam jaringan komputer. Protokol sendiri merupakan format standar yang digunakan untuk mengatur semua perangkat komputer baik hardware maupun software untuk dapat menciptaan komunikasi yang baik. Kita tahu bahwa jenis-jenis protokol yang umum digunakan pada saat ini meliputi:

  1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol dan HTTPS (Hiper Text Transfer Protocol Secure) untuk layanan berbasis web.
  2. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)untuk layanan pengiriman email
  3. FTP (File Transfer Protocol) Untuk Layanan pengiriman (unggah dan unduh) file
  4. TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) sebagai pasangan protokol yang umum digunakan diinternet.

Adapun yang harus diketahui adanya 3 bagian terpenting pada protokol. Ketiga bagian terpenting tersebut meliputi: Service Access Point (SAP), Service Data Unit (SDU) dan Protocol Data Unit (PDU).
Service Access Point (SAP)
SAP atau singkatan dari Service Access Point merupakan protokol yang berfungsi sebagai tatap muka (interface) antar layer-layer dibagian atas (upper layer) dengan layer-layer yang berada dibawahnya (lower layer) pada jaringan komputer. Setiap layer dibagian atas saling berhubungan dan berkaitan dengan layer bagian bawah dan begitu juga sebaliknya.

Service Data Unit (SDU)
SDU atau singkatan dari Service Data Unit berfungsi untuk membantu menanganipaket data diantara layer. Misal: Paket data yang ada pada layer atas menuju pada paket data dilayer bawah pada jaringan komputer.

Protocol Data Unit (PDU)
Protocol Data Unit (PDU) berfungsi untuk mengatur pertukaran paket antar komputer pada jaringan 

Selain ketiga bagian utama diatas terdapat satu bagian lain yang juga tidak kalah penting yaitu Protocol Control Information (PCI) yaitu bagian yang bertugas untuk melakukan kontrol terhadap semua informasi yang berasal dari protokol dan yang dihasilkan oleh protokol.
Itulah penjelasan mengenai fungsi utama protokol pada jaringan komputer, bagian-bagiannya pun sudah saya jelaskan secara detail dan lengkap diatas. Lalu bagaimana menurut kalian? Apakah artikel ini cukup membantu?
Tuliskan komentar teman-teman dibawah agar saya mendapatkan masukan dan saran yang positif tentunya. Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, kita akan bertemu pada artikel berikutnya mengeanai pelajaran komputer, tutorial komputer, tips komputer, jaringan komputer dan berbagai macam komponen-komponen yang berhubungan dengan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4