Perbedaan Power Supply AT dan ATX Pada Komputer


Perbedaan Power Supply AT dan ATX Pada Komputer
Salah satu komponen yang berperan penting pada sebuah komputer adalah Power Supply. Karena kegunaan power supply adalah membagi arus kepada seluruh komponen yang ada pada komputer dan juga mengubah arus AC menjadi Dc.
Pengertian mengubah arus AC menjadi DC ialah membuat sebuah listrik yang mempunyai tegangan tinggi menjadi rendah. Kalau arus AC bila mengenai tubuh atau kulit maka kita akan tersetrum, kemudia kalau sudah di rubah menjadi DC rasanya hanya seperti di gigit semut bila mengenai bagian tubuh atau kulit manusia.
Lalu power supply juga ada juga jenis, yaitu power supply AT dan ATX. Memang apa bedanya power supply AT dan ATX? Apakah keunggulan dari jenis power supply AT dan ATX? Bagaimana cara membedakan Power supply AT dan ATX?
Pertanyaan yang sering muncul seperti di atas akan saya jawab. Langsung simak saja artikel dibawah ini.

Perbedaan Power Supply AT dan ATX Pada Komputer, power supply AT, power supply ATX, kegunaan power supply, cara kerja power supply, pengertian power supply


Power Supply AT
Power Supply jenis ini mempunyai 2 konektor power (P8 dan P9) yang akan dihubungkan ke motherboard, sehingga pada saat memasang konektor power tersebut harus sangat hati-hati agar tidak terbalik. Cara pemasangan konektor power AT yaitu dengan melihat kabel yang berwarna hitam dari kedua konektor tersebut (P8 dan P9), kemudian jika disejajarkan kabel hitam dari kedua konektor tersebut akan saling bertemu jika kedua konektor disatukan.
Pada power supply jenis ini ada tombol ON/OFF yang langsung dihubungkan ke casing komputer sehingga untuk menyalakan maupun mematikan komputer kita harus menekan tombol power tersebut. Power Supply jenis AT jarang ditemukan pada saat ini karena power supply jenis ini digunakan pada masa Pentium II dan Pentium III.

Power Supply ATX
Power Supply jenis ini memiliki kabel power sudah menjadi satu kesatuan 20 dengan jumlah 20 pin yang akan dihubungkan ke motherboard untuk memberikan tegangan yang dibutuhkan motherboard. Pemasangan kabel power jenis ini lebih mudah dibandingkan dengan power supply jenis AT karena konektor power sudah disesuaikan dengan port konektor power yang ada pada motherboard, sehingga pemasangan konektor ini tidak mungkin terbalik karena jika terbalik konektor ini tidak bisa terpasang pada motherboard.
Power Supply ATX dilengkapi dengan power switch atau biasa disebut auto shutdown sehingga untuk mematikan komputer bisa dilakukan dengan menekan tombol shutdown tanpa harus menekan tombol power komputer. Power supply jenis ini dipakai untuk komputer Pentium III hingga sekarang.
Nah sudah jelas kan perbedaan power supply AT dan ATX? Semoga saja kalian sudah bisa memahami dengan apa yang saya jelaskan diatas. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita, kita akan lanjutkan di artikel berikutnya masih mengenai komputer dan berbagai macam tips dan trik nya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...