Perbedaan Komputer Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang


Perbedaan Komputer Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang

Perkembangan komputer dari jaman ke jaman memang selalu ada perubahan ataupun kemajuan yang terbilang sangat pesat.  Pada jaman dulu komputer sendiri diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam perhitungan atau mesin penghitung. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman komputer menjadi mesin yang sangat serba guna.
Terutama pada zaman sekarang ini, komputer bahkan menjadi sesuatu yang primer bagi setiap orang. Karena komputer sekarang multi fungsi, banyak jenisnya, banyak kegunaannya. Lalu apa bedanya komputer zaman dulu dan zaman sekarang? Simak penjelasan berikut ini.

Berikut 10 Perbedaan Komputer Zaman Dulu Dan  Zaman Sekarang

Perbedaan Komputer Zaman Dahulu dan Zaman Sekarang, pengertian komputer, gambar komputer, perkembangan komputer, sejarah komputer, perbedaan komputer, spesifikasi komputer, kegunaan komputer

1. Dilihat dari Penyusun/Bahan Pada Komponen Komputer

Perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang pertama adalah dari penyusun ataupun bahan. Komputer jaman dulu masih menggunakan komponen elektronik dengan sebuah tabung hampa (vacum tube). Sedangkan komputer jaman sekarang menggunakan entegratedcircuit  yang bentuknya seperti lempengan ataupun chip.

2. Dilihat dari Kegunaan Pengoprasiannya

Perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang juga bisa dilihat dari kegunaan. Pada jaman dulu komputer diciptakan untuk alat pemecah kode rahasia dan sebagai alat untuk mendesain pesawat terbang. Sedangkan komputer pada jaman sekarang digunakan sebagai alat bantu bekerja, media pembelajaran, media bisnis online, bahkan sebagai alat komunikasi.

3. Dilihat dari Daya dan Kekuatan Komputer

Pada jaman dulu ketika ingin mengoperasikan komputer harus membutuhkan tegangan ataupun daya yang sangat besar. Sebab, komputer jaman dulu komponen-komponennya tidak mendukung dan ukurannya juga sangat besar. Selain itu, pada jaman dulu komputer juga mengeluarkan suhu yang begitu panas, alhasil juga memerlukan banyak pendingin. Sedangkan komputer jaman sekarang daya yang digunakan tidak begitu besar, karena menggunakan komponen yang relatif kecil.

4. Dilihat dari harga setiap merk Komputer

Bisa dibilang perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang yang paling mencolok adalah dari harganya. Pada jaman dulu ketika ingin memiliki komputer harus mempunyai uang banyak, karena selain harganya mahal, tegangan listriknya juga sangat tinggi. Sedangkan untuk jaman sekarang ketika ingin mempunyai sebuah komputer tidak perlu lagi harus mempunyai uang yang begitu banyak. Sebab, harga komputer jaman sekarang relatif murah dan tegangan listriknya juga lebih rendah dibandingkan dengan komputer jaman sekarang.

5. Dilihat dari Ketahanan dan Kualitas

Jika dilihat dari sisi ketahanan, komputer jaman dulu lebih unggul dibandingkan dengan komputer jaman sekarang. Sebab, komputer jaman dulu mempunyai ketahanan yang sangat kuat karena digunakan untuk kemiliteran. Sedangkan komputer jaman sekarang ketahanannya lebih lemah ataupun bisa dikatakan rentan rusak.

6. Dilihat dari Kecepatan dan Spesifikasi

Untuk segi kecepatan, komputer jaman dulu membutuhkan waktu yang begitu lama karena mempunyai ukuran yang sangat besar dan belum menggunakan microchip. Berbeda dengan komputer jaman sekarang yang mempunyai kecepatan relatif cepat. Selain itu, saat ingin mengakses data ataupun mengakses informasi menggunakan komputer jaman sekarang lebih muda dibandingkan dengan komputer jaman dulu.

7. Dilihat dari Sistem Operasi yang Berkembang

Selain bisa dilihat dari kecepatan, perbedaan komputer jaman dulu dan sekarang juga bisa dilihat dari sistem operasinya. Di era jaman dulu komputer menggunakan sistem operasi yang dinamakan dengan MS-Dos atau sering disebut Microsoft Disk Operating Sysem. Seiring berkembangnya jaman, sekarang komputer menggunakan berbagai sistem operasi, misalnya Mac Os, Linux, Windows dan lain sebagainya.

8. Dilihat Dari Jenis Data Yang Di Olah Pada Program Komputer

Pada era jaman dulu komputer masih menggunakan bahasa mesin (machinelanguage) dalam mengolah data, karena belum di temukan bahasa pemrograman. Selain itu bahasa mesin dalam komputer jaman dulu menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu. Sedangkan komputer jaman sekarang jenis data yang diolah menggunakan bahasa pemrograman dan memakai bahasa tingkat tinggi.

9. Dilihat Dari Sistem Pengoperasian

Sedangkan dari sistem pengoperasiannya, komputer jaman dulu lebih sulit dibandingkan dengan komputer jaman sekarang. Bahkan komputer jaman dulu saat mengopersikannya harus membutuhkan orang lebih dari satu.

10. Dilihat Dari Segi Keamanan

Jika dilihat dari segi keamanan, komputer jaman sekarang mungkin lebih unggul dibandingkan dengan komputer jaman dulu. Sebab, komputer jaman dulu tidak terlalu diperhitungkan untuk segi keamanannya.
Demikianlah pembahasan kita mengenai perbedaan komputer zaman dulu dan sekarang. Banyak sekali perbedaan yang kita dapat setelah membaca artikel diatas, namun tak terlepas dari itu semua memang komputer banyak membantu pekerjaan manusia.
Terimakasih kepada teman-teman yang sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Kita akan membahas mengenai seputar komputer secara lengkap dan signifikan di artikel berikutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4