Mengenal Berbagai Jenis Chipset Pada Motherboard


Mengenal Berbagai Jenis Chipset Pada Motherboard
Pada sebuah komputer dilengkapi dengan sebuah motherboard, dan motherboard berguna untuk menaruh komponen komputer yang terletak dalam sebuah CPU. Namun pada motherboard sendiri mempunyai chipset, dan kapasitas chipset pada motherboard mempunyai ukuran dan kinerja yang berbeda.
Jadi ada berapa jenis chipshet pada motherboard mas? Kegunaan chipset itu apa mas? Apakah chipset berpengaruh pada kerja komputer?
Pertanyaan diatas sering kita dengar umumnya. Namun pada artikel kali ini saya akn menjawab satu persatu pertanyaan diatas, jawabannya ada pada artikel dibawah ini.

Chipset
Mengenal Berbagai Jenis Chipset Pada Motherboard, jenis chipset pada motherboard, kegunaan chipset pada motherboard, cara kerja chipset pada motherboard, jenis chipset pada motherboard,

Chipset merupakan komponen pada motherboard yang berfungsi sebagai pengatur atau pembagi fungsi-fungsi dalam motherboard. Chipset tertanam pada motherboard untuk meningkatkan kerja motherboard. Dalam motherboard dikenal 2 jenis chipset, yaitu:
Chipset Northbridge merupakan chipset utama pengatur alur data kinerja prosessor yang berhubungan dengan komponen utama seperti: slot memori, slot AGP, slot PCI dan lain lain-lain, Chipset Northbridge biasanya berada disebelah komponen prosessor atau yang lebih dekat dengan prosessor.
Chipset Southbridge adalah chipset yang berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja prosessor yang berhubungan komponen skunder (bukan komponen utama) seperti: control IDE harddisk, drive, DMA, interrupt dan lain-lain.
Chipset sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer karena chipset juga mempengaruhi kecepatan proses dari prosessr. Setiap motherboardmenggunakan chipset yang berbeda-beda, kadang setiap merk motherboard belum tentu sama dengan merk chipsetnya. jenis dari chipset yang digunakan pada motherboard akan mempengaruhi:

 Type prosessor yang akan digunakan pada motherboard

  1. kelengkapan port I/O yang digunakan
  2. Type display adaptor yang digunakan
  3. Jenis memori yang mendukung motherboard
  4. Kelengakapan fitur tambahan pada motherboard.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa saat anda ingin membeli sebuah motherboard maka periksa dulu chipset yang ada (merk dan kemampuan chipset), dan kelengkapan komponen motherboard.
Jadi itu adalah penjelasan mengenai chipset pada motherboard, dan ada dua jenis chipset pada motherboard. Mungkin sampai disini saja artikel yang saya buat, silahkan tuliskan komentar Anda dibawah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4