4 Cara Mudah Mengembalikan Data Atau File Yang Terhapus Di Komputer (Auto Work)


4 Cara Mudah Mengembalikan Data Atau File Yang Terhapus Di Komputer (Auto Work)

Sering kita mengalami kehilangan data pada komputer kita, tidak tau sebabnya tiba-tiba saja data nya sudah tidak ada. mungkin kita tidak sengaja salah menekan tombol pada salah satu keyboard di komputer kita sehingga data kita atau file kita hilang. tentunya timbul kepanikan pada diri kita, lalu bagaimana cara mengembalikannya lagi? Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan data atau file yang hilang tersebut. 

Sebelum memvonis bahwa data tersebut sudah benar-benar hilang dan beranggapan bahwa tidak mungkin dikembalikan lagi, sebaiknya Anda lakukan dulu cara yang akan saya bahas disini. Karena umumnya kasus terhapus file di Komputer bisa kita kembalikan.
Sebenarnya ketika kasus data terhapus di Komputer atau Laptop itu tidaklah benar-benar hilang. Dalam hal ini kita bisa melakukan trik khusus untuk mengembalikan data terkesan hilang tersebut. Bahkan diluar sana banyak tersedia software yang bertugas khusus menangani kasus kehilangan file Komputer. Dengan begitu hilangnya data penting di Komputer tersebut bukan berarti hilang data secara permanen atau tidak bisa dikembalikan lagi.
Kasus hilang data dari Komputer bisa terjadi dari berbagai macam kasus. Contoh sederhananya kita tidak sengaja menekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga karena kita salah memilih file untuk dihapus.

Berikut Ini Ada 4 Cara Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop

Sebelum memutuskan bahwa data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi, silakan Anda simak dan lakukan 4 cara berikut sebagai solusi dalam mengembalikan file terhapus di Komputer atau Laptop.

1. Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop Anda

4 Cara Mudah Mengembalikan Data Atau File Yang Terhapus Di Komputer (Auto Work), mengembalikan data yang hilang, cara mengembalikan data yang hilang pada komputer, bagaimana cara mengembalikan file yang hilang pada komputer

Apakah Anda sudah tahu keberadaan dan fungsi dari Recycle Bin? Setiap komputer atau laptop yang menggunakan Operasi Sistem Windows secara default sudah terpasang Recycle Bin. Kegunaan Recycle Bin ini adalah tempat berkumpulnya file-file yang sudah kita hapus, dengan kata lain Recycle Bin ini adalah bagaikan tempat sampah.
Recycle Bin biasanya akan tersimpan otomatis di desktop komputer dan kita memang tidak bisa menghapus keberadaan Recycle Bin ini.
4 Cara Mudah Mengembalikan Data Atau File Yang Terhapus Di Komputer (Auto Work), mengembalikan data yang hilang, cara mengembalikan data yang hilang pada komputer, bagaimana cara mengembalikan file yang hilang pada komputer

Gunakan Recycle Bin untuk memeriksa data yang terhapus tersebut. Karena cara kerja penghapusan data di komputer setelah kita menghapus file maka akan dipindahkan kedalam folder Recycle Bin.
Silakan Anda lihat apakah data tersebut ada didalam Recycle Bin? Jika ditemukan, Anda klik kanan pada data yang ingin diselamatkan lalu klik pilih Restore. Dengan begitu data tersebut otomatis akan pindah ketempat semula dan Anda sudah bisa menggunakan lagi data itu.

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions Yang Tersedia Pada Komputer Anda

4 Cara Mudah Mengembalikan Data Atau File Yang Terhapus Di Komputer (Auto Work), mengembalikan data yang hilang, cara mengembalikan data yang hilang pada komputer, bagaimana cara mengembalikan file yang hilang pada komputer

Langkah ini Anda lakukan jika memang setelah Anda memeriksa file didalam Recycle Bin tidak ditemukan. Pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma, dengan begitu Anda jangan dulu panik.
Coba Anda buka Folder yang awalnya tempat data tersebut berada. Anda klik kanan di Folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Dengan langkah ini bisa memungkinkan kita untuk mengembalikan data terhapus. Windows akan melakukan restore data secara mundur ke tanggal sebelum data terhapus.

3. Memeriksa File Didalam Data Backup File Komputer Anda

Coba ingat kembali apakah Anda sebelumnya pernah melakukan backup data kedalam media cadangan eksternal seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD, dan sebagainya. Jika pernah silakan Anda cek seluruh media eksternal tersebut karena kemungkinan data yang terhapus di Komputer atau Laptop dapat ditemukan di dalam eksternal data.
Namun sebaliknya jika tidak ditemukan atau bahkan Anda tidak pernah melakukan backup data, maka hal ini bisa dijadikan pembelajaran kedepannya agar Anda menjadi rajin melakukan backup file komputer.

4. Gunakan Software Khusus Yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka silakan Anda lakukan langkah terakhir ini, yaitu menggunakan software. Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa saat ini tersedia banyak software yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan data terhapus. Banyak juga software yang dapat kita nikmati secara gratis. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di Komputer atau Laptop.
Anda bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Software ini bisa kita nikmati dalam versi portable. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di Flashdisk tanpa harus menginstallnya. Software Recuva dipercaya sangat ampuh dalam mengembalikan data terhapus dengan melakukan seleksi untuk mencari file di seluruh harddisk secara menyeluruh.

Kemudian Anda juga bisa menggunakan software Undelete 360. Software Undelete 360 bisa kita nikmati secara gratis dan mudah dalam mengoperasikannya. Solusi lain Anda bisa menggunakan software MiniTool Partition RecoveryWise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Nah mungkin itu saja pembahasan kita mengenai 4 cara mengembalikan data yang terhapus pada komputer atau laptop, apaun yang terjadi pada komputer atau laptop kalian pasti selalu saja ada solusinya, yaitu dengan cara kalian membaca atau mencari informasi mengenai penyebab kejanggalan yang terjadi pada komputer atau laptop kalian.
Contonya seperti pada artikel ini menjelaskan bagaimana cara mengembalikan data atau file yang terhapus pada komputer, tentu saja salah satu diantara kalian pernah mengalaminya. Setelah membaca artikel ini kalian jadi tau bagaimana menemukan solusi dari permasalahan yang kalian alami.
Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini, semoga apa yang saya tulis dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua serta dapat menambah manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4