Pengertian Formula Pada Microsoft Excel dan Microsoft Excel 2010


Pengertian Formula Pada Microsoft Excel dan Microsoft Excel 2010
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Pengertian Formula Pada Microsoft Excel dan Microsoft Excel 2010, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.
Pengertian Formula
Formula adalah alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap suatu nilai yang terdapat pada suatu cell tertentu. Penulisan formula selalu diawali dengan “Sama dengan” (=) dan diikuti oleh nilai atau alamat cell. Dalam membangun suatu formula terkadang dibutuhkan peran operator. Operator adalah simbol-simbol yang digunakan untuk mengoprasikan suatu nilai.
Ada beberapa macam operator yang dikenal oleh Micorosoft Excel 2010, tetapi pada pembahasan kali ini hanya di bahas 2 macam saja. Kedua operator yang sering digunakan adalah operator pembanding dan operator Aritmatika.
Sudah di jelaskan diatas bahwa Formula ada 2 macam, apa saja Formula itu? Simak ulasan berikut ini :
Formula Operator Pembanding
Operator pembanding (Relasi) merupakan operator yang digunakan untuk membandingkan suatu data/ekspresi dengan data/ekspresi lain dan menghasilkan nilai logika (Boolean) Benar atau Salah. Syarat yang harus dipenuhi agar kedua data bisa dibandingkan yaitu harus mempunyai data yang sama.
Bentuk dari operator rasional/pembanding seperti yang terpampang pada tabel berikut ini :

Fungsi Formula, jenis formula, cara kerja formula, pengertian formula, microsoft excel, cara belajar microsoft excel, pelajaran microsoft excel, belajar komputer, panduan komputer,

Formula Operator Aritmatika
Operator Aritmatika adalah operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan dan sebagainya. Operator Aritmatika mempunyai hirarki paling tinggi disbanding operator pembanding dan operator logika. Penulisan Aritmatika dengan hirarki paling tinggi ke paling rendah, lihat tabel beriku ini :

Fungsi Formula, jenis formula, cara kerja formula, pengertian formula, microsoft excel, cara belajar microsoft excel, pelajaran microsoft excel, belajar komputer, panduan komputer,

Perlu diperhatikan bahwa dalam pemakaian operator Aritmatika hendaknya melihat hirarki dari masing-masing operator. Artinya operator pemangkatan hirarkinya paling tinggi dari seluruh operator aritmatika, dan operator perkalian dan pembagian lebih tinggi dari operator penambahan dan pengurangan.
Misalnya terdapat operasi aritmatika 4 + 3 * 2 di mana nilai dari proses adalah 10 bukan 14. Proses yang dikerjakan oleh Micorosoft Excel 2010 yaitu mengalihkan angka 3 dengan terlebih dahulu dan hasilnya baru di tambahkan dengan angka 4. Hasil akhir yang diperoleh dari proses tersebut adalah 10.
Jika diingikana angka 4 ditambahkan terlebih dahulu dengan angka 3 maka kedua angka tersebut harus ditempatkan dalam satu kurung-buka dan kurung tutup,yaitu ( 4 + 3 ). Selanjutnya hasil dari proses penjumlahan yaitu 7 dikalikan dengan angka 2 dan menghasilkan nilai 14.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian Formula Pada Microsoft Excel dan Microsoft Excel 2010, Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4