Panduan Belajar Microsoft Excel 2010



Mengaktifkan Program Microsoft Excel 2010
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Cara Mengaktifkan Program Microsoft Excel 2010, langsung saja simak ulasan berikut ini.
Jika kalian ingin menggunakan Microsoft Excel pastikan program Microsoft Excel sudah tersedia pada computer kalian. Adapun langkah-langkah mengaktifkan program micsoroft excel sebagai berikut ini.
1. Klik tombol Start yang berada di taskbar sehingga tampil menu popup.
2. Pilih dan klik menu All Program dan pilih menu Microsoft Office .
belajar microsoft excel, materi belajar microsoft excel, cara menggunakan microsoft excel, microsoft excel

3. Pilih dan klik menu Microsoft Excel 2010.
4. Tunggu beberapa saat sampai flashscreen Microsoft Excel 2010 ditampilkan.

Mengenal Workbook
Ilustrasi workbook dalam Microsoft Excel seperti halnya sebuah buku yang siap untuk ditulis. Jadi jika membuat satu dokumen dengan Microsoft Excel maka kita sudah mempunyai satu buk baru. Setiap workbook akan disimpan dengan satu nama file yang unik, dimana nama default atau standar workbook baru adalah Book1.


belajar microsoft excel, materi belajar microsoft excel, cara menggunakan microsoft excel, microsoft excel

Setiap buku yang kita miliki tentu terdiri dari lembaran-lembaran. Pada Microsoft Excel lembaran ini disebut dengan Worksheet. Default ata standar nama dari worksheer adalah Sheet, Sheet2 dan seterusnya.
Dasar-Dasar Worksheet
Seperti yang sudah dijelaskan, Worksheet atau lebih dikenal dengan sebutan sheet adalah kumpulan lembar kerja yang ada di dalam Workbook. Control setiap sheet pada workbook ditujukan oleh masing-masing tab yang ada di bagian bawah workbook, yaitu sheet1, sheet2, sheet3 dan seterusnya.
Keterangan berikut ini menunjukkan cara memilih sheet-sheet yang ada di dalam workbook, yaitu :
1. Satu Sheet diperintahkan dengan cara Klik tabulasi dari sheet yang di pilih.
2. Beberapa Sheet yang letaknya berdekatan bisa di perintahkan dengan cara Klik tabulasi sheet pertama, tekan tombol Shift pada keyboard komputer kalian dan klik sheet terakhir.
3. Beberapa Sheet yang letaknya tidak berdekatan bisa di perintahkan dengan cara Klik tabulasi shhet yang di pilih, tekan tombol Ctrl pada keyboard dan klik tabulasi sheet yang lainnya.
4. Seluruh Sheet dalam workbook bisa di perintahkan dengan cara Klik kanan salah satu tabulasi sheet, dan klik menu Select All Sheet.

Menyisipkan Sheet
Setiap membuat worksheet baru, jumlah worksheet yang ada di dalamnya sebanyak 3 worksheet. Jumlah worksheet tersebut dapat di tambah atau di kurangi sesuai kebutuhan.
Langkah – langkah untuk menambah worksheet atau menyisipkan worksheet baru yaitu dengan cara berikut ini :
1. Pada bagian bawah jendela Workbook terdapat 3 tab (tabulasi) sheet yaitu Sheet1, Sheet2 dan Sheet3.
2. Lakukan klik pada tab ke-4 yaitu Insert Worksheet, maka sebuah sheet baru akan di tampilkan dengan nama Sheet4 yang akan di tampilkan pada deretan tabulasi sheet.
3. Ada juga cara lain yang di gunakan untuk menambah Sheet baru yaitu dengan kombinasi tombol Shift + F11.
Mengganti Nama Worksheet
Default nama worksheet atau standarisasi nama worksheet adalah Sheet1, Sheet2 dan seterusnya. Jika kalian ingin mengganti nama sheet sesuai dengan yang kalian inginkan, bisa kalian lakukan dengan cara berikut ini :
1. Klik kanan mouse padat tabulasi sheet yang namanya akan di ganti.
2. Selanjutnya pilih menu Rename Sheet dan ketik nama sheet sesuai yang kalian inginkan.
3. Cara lain untuk memblok nama sheet yang ingin di ganti adalah dengan cara melakukan klik ganda pada tabulasi sheet yang akan di ganti namanya.
4. Tekan tombol Delete untuk menghapus nama sheet tersebut atau langsung ketik nama yang baru.
5. Akhiri proses tersebut dengan menekan tombol Enter atau klik di tempat yang lain.

Cara membelah Worksheet (Materi Lanjutan Panduan belajar Microsoft Excel 2010)

Menghapus Worksheet
Suatu tabulasi sheet yang tidak digunakan bisa di hapus dengan langkah berikut ini :
1. Jika ingin menghapus satu sheet saja, arahkan pointer ke sheet yang akan di hapus dan klik kanan pada mouse.
2. Setelah kiln kanan pada mouse akan muncul beberapa pilihan dan kalian pilih Delete Sheet dan klik kiri pada mouse.
3. Nanti akan muncul sebuah kotak pesan yang ditampilkan untuk persetujuan kalian. Klik tombol Delete jika ingin menghapus sheet dan klik tombol Cancel jika ingin membatalkan perintahnya.

Menyalin dan Memindahkan Worksheet


Suatu worksheet yang berisi sekumpulan data dapat disalin atau di duplikat ke tabulasi yang baru. Proses untuk menyalin sheet dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Lakukan klik kanan mouse pada sheet yang ingin disalin.
2. Pilih dan klikn Menu or Copy Sheet
3. Nanti akan muncul sebuah kotak dialog Move or Copy ditampilkan. Untuk itu berikan tanda centang pada kotak cek Create a copy.
4. Pada kotak pilihan To bokk, klik nama workbook yang akan menerima salinan worksheet. Jika ingin menyalin suatu worksheet yang baru maka pilih (new book).
5. Temuka lokasi salinan worksheet pada kotak daftar Before sheet. Jika dipilih Sheet3 maka salinan worksheet akan ditempatkan di sebelah kiri dari sheet3 dengan nama yang sama dan diberi tambahan nama (2). Misalnya sheet1 di copy maka nama berubah menjadi Sheet1(2).
6. Klik OK untuk menutup kota dialog tersebut.
7. Sedangkan untuk proses memindahkan tabulasi sheet, langkahnya hampir sama dengan menyalin sheet. Perbedaannya pada proses memindah sheet adalah jangan mengaktifkan atau mencentang kotak cek Create a copy.
8. Pilihan (move to end) menyebabkan tabulasi sheet ditempatkan pada akhir tabulasi yaitu di paling kanan dari deretan tabulasi.
9. Cara lain untuk memindah suatu tabulasi sheet yaitu lakukan drag (klik dan jangan dilepas) pada tabulasi sheet yang akan dipindah. Selanjutnya geser pointer ke tempat yang baru dari daftar tabulasi tersebut dan lepas klik mousenya. Cara ini lebih dan mudah dilakukan dibandingkan dengan langkah yang melalui menu.

Cara membelah Worksheet (Materi Lanjutan Panduan belajar Microsoft Excel 2010)


Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Mengaktifkan Panduan Belajar Microsoft Excel 2010, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4