Mengenal Konsep Keuangan Pada Microsoft Excel


Mengenal Konsep Keuangan Pada Microsoft Excel
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Di jaman sekarang ini, kemampuan teknologi semakin pesat apalagi di dunia komputer dan media masa. Di artikel ini saya akan membahas mengenai seputar komputer, aplikasi komputer, software komputer, dan tips serta trik komputer tentunya.
Mungkin kalian hanya tahu komputer saja, tetapi tidak mengetahui isi dalam dan komponen-komponennya. Jadi perlu belajar, mempraktekkan dan membaca tentunya jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai komputer.
Dengan belajar kita jadi tahu dan bisa memahami dengan apa yang kita pelajari. Tidak hanya di sekolah saja kita belajar, tetapi melalui media pada jaman sekarang ini kita pun bisa belajar. Seperti pada artikel ini saya menyajikan pelajaran mengenai Komputer dan berbagai jenis komponen nya.
Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Mengenal Konsep Keuangan Pada Microsoft Excel,  ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.
Mengenal Konsep Keuangan Pada Microsoft Excel, cara membuat rumus keuangan pada microsoft excel, belajar membuat laporan keuangan pada microsoft excel, belajar microsoft excel, microsoft office, belajar konsep keuangan

Banyak aktivitas manusia yang dalam kesehariannya harus menggunakan aplikasi spreadsheet untuk melakukan proses perhitungan yang berkaitan dengan uang. Berbagai macam software digunakan di mana salah satunya adalah Microsoft Excel 2010. Salah satu kegunaan dari software tersebut adalah membuat dan menganalisa data keuangan.
Mengenal Konsep Keuangan
Sebelum mengenal lebih jauh tentang fungsi-fungsi keuangan pada Microsoft Excel 2010, Anda harus memahami lebih dahulu beberapa konsep dasar keuangan. Konsep yang akan dipaparkan ini diperlukan seseorang saat membuat formula atau rumus keuangan. Beberapa konsep kuangan yang perlu untuk diketahui, antara lain:
Nilai Waktu Uang
Nilai waktu uang (Time Value of Money) atau TVM merupakan uang yang mempunyai nilai berbeda, tergantung dari waktu, yang digunakan. Misalnya, saat ini uang Rp. 1.000,- nilainya cukup digunakan untuk membeli segelas the hangat. Tetapi setelah 5 tahun ke depan, nilai uang Rp 1.000,- akan berbeda bahkan harga segelas teh hangat bisa lebih dari angka tersebut. Beberapa contoh aktivitas yang menerapkan konsep dari nilai waktu uang, yaitu:
Verdor memberikan potongan harga (diskon) untuk pembayaran yang lebih awal dari waktu normal. Bank membayar bunga kepada nasabah.
Kas Masuk dan Kas Keluar
Arus atau aliran kas terdiri kas masuk (Cash In) dan kas keluar (Cash Out). Bentuk kegiatan keuangan dari kas masuk adalah penerimaan atau uang masuk (Receipts) dan kas keluar adalah pembayaran (Payments). Sebagai contoh, jika seseorang membeli rumah secara kredit maka orang tersebut akan mendapatkan rumah, sedangkan bank akan mendapatkan sebuah jaminan.
Gambaran aliran kas yang terjadi adalah bank memberikan uang kepada pembeli secara tunai untuk membeli rumah (aliran kas positif). Di masa yang akan datang pembeli akan membayar uang dari bank tersebut (aliran kas negatif). Dengan demikian uang yang digunakan untuk membeli rumah tidak mengubah transaksi keuangan yang sudah terjadi. Aliran kas pada transaksi keuangan dapat ditentukan, yaitu:
Seseorang yang membeli rumah secara kredit dan mengetahui besarnya angsuran pada setiap bulannya.
1. Ketika seseorang meminjam uang untuk membeli pembayaran ke bank, maka aliran kas bersifat positif.
2. Sedangkan ketika orang tersebut harus mengangsur pembayaran ke bank, maka aliran kas bersifat negatif.
Pihak bank yang melakukan perhitungan transaksi keuangan akan mengalami aliran kas yaitu:
1. Ketika pihak bank meminjamkan uang kepada nasabah maka aliran kas bersifat negatif.
2. Sedangkan ketika pihak bank menerima angsuran keuangan akan mengalami aliran kas, yaitu:
pembayaran dari nasabah, maka aliran kas bersifat positif.

Menemukan Periode Waktu
Menentukan periode waktu (Matching Time Periods) secara tepat merupakan salah satu kendala yang sering dihadapi saat bekerja dengan fungsi-fungsi keuangan di Microsoft Excel.
Misalnya, saat menentukan periode waktu pembayaran harus sesuai dan tepat dengan periode waktu tingkat bunga. Sebagai contoh, Anda menempatkan pembayar dengan tingkat bunga tahunan maka hasilnya akan salah. Oleh karenanya tingkat bunga tahunan harus dikonversi menjadi tingkat bunga bulanan ke dalam fungsi keuangan bersamaan.
Waktu Pembayaran Awal
Waktu pembayaran awal (Timing of the First Payment) perlu ditetapkan sedini mungkin untuk menghindari konflik. Umumnya, pembayaran awal dilakukan sesudah awal bulan. Misalnya, transaksi peminjaman uang dilakukan pada tanggal 17 Maret, maka proses pembayaran awal harus dilakukan sebelum tanggal 17 April.
Waktu pembayaran awal pada fungsi-fungsi di Microsoft Excel 2010 diatur oleh argumen Type, dengan ketentuan sebagai berikut:
Pembayaran awal yang dilakukan sesudah periode pertama (in arrears), menggunakan argumen Type bernilai 0 (nol).
Pembayaran awal yang dilakukan sesudah pada advance, menggunakan argumen Type bernilai 1 (satu).
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Mengenal Konsep Keuangan Pada Microsoft Excel. Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.
loading...
loading...
loading...