Cara Menambahkan Shape Pada Diagram di Microsoft Excel - Tutorial Excel


Menambahkan Shape Pada Diagram di Microsoft Excel
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Menambahkan Shape Pada Diagram di Microsoft Excel, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Menambahkan Shape Pada Diagram
Struktur organisasi yang dibuat umumnya tidak perlu ditambah atau dikurangi. Untuk menambah shape pada template di diagram. Ada shape yang perlu di tambah atau dikurangi. Untuk menambah shape pada diagram yang sudah di buat, langkah-langkahnya adalah:
1. Klik kanan pada shape di mana akan ditambahkan sebuah diagram yang sudah dibuat, langkah-langkahnya adalah: shape baru. Misalnya akan ditambahkan shape baru di bawah shape "Wakil Rektor I".
2. Pilih dan klik menu Add Shape dan 5 buah menu tampil (seperti pada gambar di bawah ini), yaitu: Add Shape After Pilihan menu Add Shape After digunakan untuk menambahkan shape baru yang ditempatkan di sebelah kanan dari shape yang dipilih.
Add Shape Before
Pilihan menu Add Shape Before digunakan untuk menambahkan shape baru yang ditempatkan di sebelah kiri dari shape yang dipilih.
Add Shape Above
Pilihan menu Add Shape Above digunakan untuk menambahkan shape baru yang ditempatkan di sebelah atas dari shape yang dipilih.
Add Shape Below
Pilihari menu Add Shape Below digunakan untulk menambahkan shape baru yang ditempatkan di sebelah bawah dari shape yang dipilih.
Add Shape Assistant
Pilihan menu Add Shape Assistant digunakan untuk menambahkan shape baru yang ditempatkan sebagai cabang dari shape yang dipilih.


Gambar : Menambahkan Shape baru

3. Lakukan klik kanan pada shape "Wakil Rektor I" dan pilih menu Add Shape Below sebanyak 3 kali. Hal ini karena shape "Wakil Rektor I' membawahi 3 shape lagi.
4. Klik shape paling kiri dan pada jendela di sebelah kiri (Type your text here) ketik teks "BAAK". Pada shape yang kedua ketik teks "LPPM". Sedang pada shape ketiga ketik teks "Perpustakaan".
5. Tambahkan teks pada masing-masing shape tersebut yaitu untuk shape BAAK diisi dengan "Drs. Mahendra, MPd", shape LPPM diisi dengan "Ir. Yudha, MT", dan shape Perpustakaan diisi dengan "Dra. Cindy, Mhum".
6. Sekarang lakukan hal yang sama untuk shape di bawah "Wakil Rektor II", yang berisi bagian Adm. Umum dengan personel "Drs. Maulana" dan bagian Keuangan dengan personel "Putri, SE, MSA".
7. Bentuk hirarki dari struktur organisasi pada suatu Universitas, seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar : Hirarki Struktur organisasi di Universitas

Memberi Warna Shape dan Bentuk 3 Dimensi
Diagram yang sudah dibuat dapat ditambahkan warna pada masing-masing shape sesuai dengan pilihan. Langkah- langkah untuk memilih warna shape dan bentuk 3 dimensi adalah:
1. Klik bagian tepi diagram (border) dan klik icon Change Colors yang ada di grup SmartArt Styles.


Gambar : Memilih warna diagram

2. Sedangkan untuk memberikan efek 3 dimensi pada diagram, klik bagian tepi diagram (border) dan klik More (panah bawah pada Overall Visual Style).
3. Pilih bentuk yang sesuai pada kelompok 3-D, seperti terlihat pada gambar berikut.


Gambar : Kelompok Overall Visual Style

4. Bentuk diagram setelah diformat dengan bentuk Polished, seperti gambar berikut.


Gambar : Bentuk diagram 3 dimensi


Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Menambahkan Shape Pada Diagram di Microsoft Excel. Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4