Membelah Worksheet Pada Microsoft Excel 2010


Membelah Worksheet 

Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Membelah Worksheet pada Microsoft Excel 2010, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.


cara membelah worksheet, pengertian worksheet, cara kerja worksheet, belajar microsoft excel, microsoft excel, materi pembelajaran microsoft excel,


Ketika bekerja dengan worksheet yang datanya melebihi luas layar monitor, tentu sedikit kerepotan saat ingin melihat data yang tidak kelihatan. Jika dilakukan scroll ke bawah maka badan tabel yang dibuat akan ikut tergeser. Demikian juga jika di scroll ke kanan maka kolom "A" akan tergeser ke kiri dan tersembunyi.

Guna menghidari kejadian seperti itu, Anda dapat membagi worksheet menjadi beberapa bagian yang dipisahkan oleh sebuah garis bidang (pane). Dengan demikian Anda tidak kehilangan tampilan data yang sedang dibutuhkan saat prosesscroll baik ke arah bawah maupun kanan.

Langkah-langkah untuk membelah suatu worksheet sebagai berikut:

1. Jika ingin membelah worksheet secara menda tar (horisontal), klik nomor baris yang ada di sebelah kiri. Sedangkan jika ingin membelah worksheet secara tegak (vertikal), klik abjad kolom yang ada di bagian atas. Jika ingin membagi menjadi empat bagian maka tempatkan pointer di salah satu cell dalam worksheet.

2. Selanjutnya klik menu View dan pilih icon Split. Untuk menormalkan kembali, klik sekali lagi icon Split.

Membekukan dan Mencairkan Worksheet

Membekukan (Freeze) worksheet adalah menetapkan sebagaian dari worksheet agar tidak ikut tergulung saat dilakukan proses scroll ke bawah atau ke kanan. Tujuannya jika terjadi proses pemasukan data pada suatu cell maka baris atau kolom yang dijadikan patokan masih bisa terlihat.
Microsoft Excel 2010 menyediakan tiga macam proses pembekuan, yaitu:

Freeze Panes
Berfungsi untuk membekukan beberapa baris dan kolom di mana posisinya ditentukan oleh posisi cell yang aktif Freeze Top Row Berfungsi untuk membekukan baris teratas dari suatu tabel yang tampak di monitor.

Freeze First Column
Berfungsi untuk membekukan kolom terkiri dari suatu tabel yang tampak di monitor.
Langkah-langkah untuk melakukan proses pembekuan
worksheet, yaitu:

1. Pastikan di dalam worksheet sudah terdapat tabel data yang ukuran atau luasnya melebihi tinggi baris atau lebar kolom worksheet. Tempatkan judul tabel di baris pertama dari worksheet yang digunakan.
2. Selanjutnya klik menu View dan klik icon Freeze Panes.

Contoh:
Aktifkan sebuah dokumen Microsoft Excel 2010. Selanjutnya bekukan judul dari tabel yang sedang ditampilkan agar data di bawah judul tersebut dapat digulung ke atas.

1. Pastikan judul table berada di baris pertama
2. Selanjutnya klik menu View dan klik icon Freeze Panes.
3. Pilih dan klik menu kedua yaitu Freeze Top Row.
4. Sekarang lakukan scroll kea rah bawah dan perhatikan baris pertama dari tabel anggaran tersebut akan tetap dipertahankan. Perhatikan barisnya, setelah beris ke 1 langsung baris ke 8 misalnya. Kemudian baris ke 2 sampai ke 7 telah digulung keatas.

Cara Hide dan Unhide Lembar Kerja
Pernahkan kalian membuat tabel yang berisi data-data yang rahasia dimana tidak setiap orang di perkenankan untuk melihatnya? Kalian dapat mengamankan data-data pada worksheet atau workbook dengan cara menyembunyikan data tersebut.
Mincrosoft Excell 2010 menyediakan fasilitas untuk menyembunyikan (Hide) atau menampikan kembali (Unhide) data yang telah disembunyikan.
Lalu bagaimana cara melakukan hal tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini :
Cara Hide/Unhide Workbook
1. Pastikan kalian berada pada workbook yang aktif.
2. Sekarang klik menu View dan klik icon Hide.
3. Sedangkan untuk mengembalikan workbook yang tersembunyi mak klik icon Unhide yang ada pada menu View  tersebut.

Cara Hide/Unhide Worksheet
Cara untuk menyembunyikan Worksheet bisa di lakukan dengan cara  sebagai berikut :
1. Klik kanan mouse pada sheet yang akan disembunyikan sampai tampil menu popup.
2. Klike menu Hide Sheet.
3. Sheet yang sudah di Hide atau disembunyikan bisa di tampilkan kembali.
4. Untuk mengembalikan sheet yang tersembunyi bisa di lakukan dengan cara klik kanan kembali pada salah satu sheet dan pilih menu Unhide Sheet.
5. Selanjutnya akan tampil menu dialog Unhide dan pilih sheet mana yang ingin ditampilkan kembali.
6. Langkah terakhir klik tombol Ok.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Membelah Worksheet Pada Microsoft Excel 2010, Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel