Macam – Macam Bisnis Online yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Internet


Macam – Macam Bisnis Online yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Internet
Selamat datang para pemburu rupiah yang tidak pernah putus asa. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan macam-macam bisnis online yang mengasilkan uang jutaan rupiah dari internet. Tentu saja anda penasaran kan? Apalagi jika anda mendengar kata “Rupiah” sudah pasti Anda ingin tahu lebih dalam bagaimana cara menghasilkan uang dengan mudah dan tepat.
Tentunya, Anda bisa memulai nya dengan bisnis online dari internet. Apa saja bisnis online yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah macam-macam bisnis online yang menghasilkan uang jutaan rupiah dari internet.

Macam – Macam Bisnis Online yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Internet, belajar bisnis online, cara memulai bisnis online, macam macam bisnis online, tips bisnis online, cara menghasilkan uang dari internet


a. Commerce
Ya betul sekali, model bisnis online yang pertama adalah jualan (commerce). Contoh perusahaan online yang menerapkan model bisnis ini misalkan seperti www.Lazada.co.id dan www.Grazera.com.

Untuk menghasilkan uang dengan model bisnis seperti ini, kita harus menjual suatu produk. Produk yang dijual bisa apa saja. Mau jualan sepatu, jualan baju, jualan buku, jual produk apa saja yang bisa laku. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet dengan model bisnis ini, maka Anda perlu berjualan online.

b. Online Advertisement
Selain menghasilkan uang dengan menjual suatu produk, kita juga bisa menghasilkan yang dengan melalui periklanan. Contoh website yang model bisnisnya dari iklan:

1. Facebook.com
Facebook menghasilkan uang dari iklan. Jika Anda sering mengakses situs Facebook, maka Anda pasti jugasering menjumpai iklan-iklan yang ada di sisi kanan Facebook. Nah, itu salah satu contoh bentuk iklan yang ada di Facebook.

2. Google
Program periklanan yang disediakan oleh Google di- namakan dengan Google Adword. Google Adword ini memungkinkan para pemasang iklan untuk beriklan pada hasil pencarian Google. Ambil contoh, Anda ketik kata kunci 'jual mobil' di Google. Nah, pada hasil pencarian yang Anda temukan, akan ada dua jenis hasil pencarian. Hasil pencarian yang paling atas adalah hasil pencarian yang berupa iklan Google Adwords. Nah, hasil pencarian yang lain barulah merupakan hasil pencarian organik. Dari Google Adwords inilah Google menghasilkan pendapatan.

3. Detik.com
Situs-situs media/portal berita seperti Detik.com ini juga menghasilkan pendapatan dari iklan. Kedepannya bisnis model periklanan online seperti ini akan semakin cerah. Website dengan model bisnis semacam ini mendapatkan pemasukan dari biaya iklan yang dibayarkan oleh pemasang iklan. Ketika nanti kita memiliki sebuah blog, kita juga bisa menjadikan blog kita sebagai tempat orang-orang beriklan. Kita juga bisa kok menerapkan model bisnis periklanan ini di blog.

c. Subscription
Model bisnis online yang ketiga adalah subscription. Apa itu subscription? Model bisnis subsription artinya sebuah website mendapatkan pemasukan dari keanggotaan berbayar. Contoh website yang menerapkan model bisnis subscription ini adalah website www.BelajarIklandiFacebook.com. 
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membuka website www.BelajarIklandiFacebook.com ini BelajarIklandiFacebook.com menawarkan keanggotaan berbayar. Orang- orang yang mendaftar di BelajarIklandiFacebook.com kelak harus menm bayar biaya pendaftaran. Nah setelah membayar biaya pendaftaran, kelak mereka akan jadi member di BelajarIklandiFacebook.com

Ketika orang-orang sudah terdaftar sebagai member dari BelajarlklandiFacebook.com mereka bisa mengakses puluhan video tutorial panduan beriklan di Facebook. Seperti itulah model bisnis subscription

d. Model Bisnis Peer to Peer
Model bisnis peer to peer adalah model bisnis online di mana sebuah perusahaan menjadi penghubung antara komunitas dan pengguna jasa. Contoh website yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah Sribu.com.

Sribu.com adalah website yang menghubungkan komunitas desainer dengan perusahaan/klien yang butuh jasa desain. Pendapatan dari model bisnis semacam ini didapatkan dengan cara pemberian biaya terhadap penggunaan fasilitas situs web. Misalkan ada si dan si B. Si A adalah pengguna jasa, sementara si B adalah penyedia jasa. Nah, website X adalah website yang menghubungkan antara si A dan si B. Ketika si A berhasil bertransaksi dengan si B, maka kelak website X bisa memberikan biaya untuk transaksi tersebut.

e. Model Bisnis Transaction Processing
Perusahaan yang menjalankan model bisnis ini mirip seperti sebuah bank Tetapi bedanya perusahaan ini hanya menyediakan fasilitas transaksi. Jadi mereka tidak memberi pinjaman dana. Produk mereka berupa rekening virtual (rekening online) yang dapat kita gunakan untuk bertransaksi di internet.

Karena mereka punya produk yang berupa rekening virtual, kita bisa menyimpan uang di rekening tersebut. Kelak rekening itulah yang kita gunakan untuk transaksi di internet Contoh perusahaan online yang menjalankan model bisnis ini adalah website PayPal.com.
Selain PayPal.com, di Indonesia juga ada website yang namanya IpayMu.com. Mereka menghasilkan pendapatan dengan cara memberi fee (biaya) pada transaksi yang terjadi.

PayPal ini mirip seperti rekening bank virtual. Jadi kita bisa membuat rekening (akun) di PayPal. Nah akun PayPal tadi dapat kita gunakarn untuk bertransaksi. Kita bisa mengirim uang ke sesama pengguna PayPal, menerima uang, dan menyimpan uang melalui akun PayPal. Nah, ketika kita bertransaksi melalui PayPal untuk kondisi tertentu ada biaya yang harus kita bayarkan. Biaya yang dibayarkan itulah yang akan menjadi pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan model bisnis ini.

f. Model Bisnis Licensing
Selain 5 model bisnis yang tadi sudah kita bahas, masih ada model bisnis yang namanya licensing. Contoh bisnis online yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah website PenjajahFb.com. PenjajahFb.com adalah sebuah website yang menyediakan aplikasi (tool) untuk kegiatan Facebook marketing. Nah agar bisa menggunakan aplikasi yang disediakan oleh PenjajahFb.com, kita harus membayar lisensi penggunaan.
Nah, biaya yang kita bayarkan untuk lisensi itu tadilah yang akan jadi pemasukan bagi PenjajahFb.com. Selain PenjajahFb.com, website lain yang menerapkan model bisnis se macam ini misalnya ZahirAccounting.com. ZahirAccounting.com adalah website yang menyediakan software akuntansi. Agar bisa menggunakan software akuntansi tersebut, tentu saja kita harus membayar lisensi penggunaan software tersebut.

g. Model Bisnis Pengelolaan Data
Model bisnis yang ke-7 adalah model bisnis pengelolaan data. Perusahaan online yang menerapkan model bisnis semacam ini adalah www.Alexa.com
Alexa.com adalah website yang mengumpulkan data-data website dari seluruh dunia. Lalu kemudian data itu dikelola. Nah, orang-orang yang butuh layanan pengelolaan data tersebut harulah membayar Alexa. Dari sanalah Alexa mendapatkan pemasukan. Keren ya? Dari urusan mengelola data saja, Alexa bisa mencetak duit fantastis.

h. Model Bisnis Berbasis Aplikasi Mobile
Seiring dengan semakin canggihnya handphone saat ini, maka tentu saja angka penggunaan aplikasi mobile akan semakin tinggi. Makin tingginya penggunaan aplikasi mobile tentu saja akan membuat para developer lomba mengembangkan aplikasi mobile untuk memudahkan hidup manusia.
Dalam bisnis online, kita juga bisa menghasilkan uang dengan membuat aplikasi mobile. Lalu aplikasi mobile itu kita uangkan. Caranya? yang pertama bisa dengan cara kita jual aplikasi tersebut. Jadi orang-orang yang mau men-download aplikasi kita haruslah membayar. Atau cara yang kedua bisa juga dengan cara di dalam aplikasi itu kita pasangi dengan iklan. Nah, kita mendapatkan uang dari iklan-iklan tersebut.

i. Model Bisnis Gaming
Model bisnis yang ke-9 adalah model bisnis di bidang game. Ada beragam menghasilkan uang dengan game. Cara-cara tersebut misalnya:

Dengan menjual game tersebut. Jadi, orang-orang yang mau memainkan game kita haruslah membayar terlebih dahulu.

Dengan menyediakan game tersebut secara gratis, tapi jika ingin menggunakan fasilitas khusus dalam game tersebut, pengguna haruslah membayar. Contoh game yang menerapkan cara ini misalnya Angry Birds. Ketika Anda bermain Angry Birds, awalnya kita diberikan akses secara gratis. Namun, ketika kita sudah ketagihan dan ingin lanjut ke level yang jauh lebih tinggi kita diharuskan membayar. Selain itu kalau kita ingin menggunakan ilmu/senjata khusus di Angry Birds, kita harus membeli dulu senjata tersebut. Nah, dari pembelian kita tadilah perusahaan pembuat si burung ini akan mendapatkan pemasukan.

Dengan menjual voucher dalam game tersebut. Jadi pengguna bisa memainkan game secara gratis, namun jika mereka ingin ada fitur khusus mereka haruslah membayar ke kita. Nah, mereka membayar kita lewat poin. Poin ini bisa dibeli melalui voucher. Jika Anda punya passion bidang gaming, maka Anda bisa belajar dan mencoba berbisnis di bidang ini.

Dari ke-9 model bisnis yang tadi sudah kita bahas tadi, ada 3 model bisnis yang paling memungkinkan untuk dicoba oleh kita para pemula. 3 model bisnis tersebut adalah:
  • Commerce,
  • Periklanan online,
  • dan Subscription.

Bagaimana dengan model bisnis lainnya? Model bisnis lainnya juga bisa kita coba, hanya saja model bisnisnya akan lebih kompleks dan butuh sumber daya yang tidak sedikit. Misalkan, kita mau menjalankan model bisnis transaction processing, maka kita harus membangun sistem transaksi yang baik dan aman.

Dapat Anda bayangkan betapa kompleksnya proses kerja membangun sistem tersebut. Berapa banyak uang, waktu, dan tenaga yang harus kita investasikan untuk membangun sistem tersebut. Oleh sebab itu, 3 model bisnis yang tadi saya sebutkan adalah model bisnis yang lebih sederhana dan bisa kita bangun sekarang juga.

Itu tadi adalah macam-macam bisnis online yang menghasilkan uang jutaan rupiah dari internet. Bagi Anda yang ingin mencoba dan tertarik silahkan saja, karena ada pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma :D

Itu sama saja artinya banyak cara untuk menghasilkan uang pada jaman modern seperti saat sekarang ini. Selamat berbisnis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4