Fungsi RATE Pada Microsoft Excel


Fungsi RATE Pada Microsoft Excel
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Di jaman sekarang ini, kemampuan teknologi semakin pesat apalagi di dunia komputer dan media masa. Di artikel ini saya akan membahas mengenai seputar komputer, aplikasi komputer, software komputer, dan tips serta trik komputer tentunya.
Mungkin kalian hanya tahu komputer saja, tetapi tidak mengetahui isi dalam dan komponen-komponennya. Jadi perlu belajar, mempraktekkan dan membaca tentunya jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai komputer.
Dengan belajar kita jadi tahu dan bisa memahami dengan apa yang kita pelajari. Tidak hanya di sekolah saja kita belajar, tetapi melalui media pada jaman sekarang ini kita pun bisa belajar. Seperti pada artikel ini saya menyajikan pelajaran mengenai Komputer dan berbagai jenis komponen nya.
Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian Fungsi RATE Pada Microsoft Excel,  ini adalah pelajaran lanjutan dari PanduanMicrosoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Fungsi RATE
Fungsi RATE digunakan untuk menghitung tingkat suku bunga atau potongan dalam suatu periode dari suatu anuitas.
Bentuk penulisan dari fungsi RATE, sebagai berikut:
RATE(nper, pmt, pv, [fv), [type], Iguessl)
Keterangan:
nper
Jangka waktu simpanan atau banyaknya periode dari suatu pinjaman atau jumlah tahun di mana uang disimpan dalam sebuah rekening.
pmt
Nilai pembayaran (payment). Dalam fungsi keuangan, pembayaran jumlahnya harus sama dan dibuat pada interval biasa.
pv
Nilai penanaman modal saat ini (present value)
[fv]
Nilai yang akan datang.
[type]
Tipe pembayaran dengan nilai O (default) dan 1 (advance)
[guess]
Nilai terkaan di mana nilainya berkisar antara 0 sampai 1.
Jika nilai guess dihilangkan maka Microsoft Excel 2010 akan menggunakan nilai guess 10%.

Tingkat Pertumbuhan
Fungsi Rate dapat digunakan untuk menghitung tingkat pertumbuhan atau perkembangan dari rekening mundur.
Contoh:
Saldo rekening Anda sebesar Rp. 5.000.000,- dan setelah 5 tahun saldonya berubah menjadi Rp. 30.000.000,. Setiap bulannya Anda menabung sebesar Rp. 250.000,-. Hitung laju pertumbuhan dari investasi tersebut!
Jawaban:
Inputkan nilai 5 ke cell B3, -250.000 ke cell B4, -5.000.000 ke cell B5, 30.000.000 ke cell B6, 0 ke cell B7 dan 1% ke cell B8.
Selanjutnya tempatkan pointer di cell B10 dan ketikkan formula dengan fungsi RATE, yaitu:
=RATE(B3*12, B4, B5, B6, B7, B8) * B3 *12
Nilai akhir dari fungsi RATE yaitu, 62,48%

Fungsi RATE Pada Microsoft Excel, kegunaan rate pada microsoft excel, cara kerja rate pada microsoft excel, panduan membuat rate pada microsoft excel, belajar microsoft excel,
Gambar : Fungsi RATE untuk laju pertumbuhan

Keterangan:
Karena menabungnya dilakukan setiap bulan maka nilai periodenya juga dibuat dalam bulan, yaitu 5 12 60.
Fungsi RATE akan mengembalikan laju pertumbuhan periode di atas jangka waktu simpanan, yaitu 5 12 = 60. Untuk itu formula dengan fungsi RATE harus dikalikan dengan jumlah periode, yaitu 60 agar laju pertumbuhan tahunan sebesar 62,48%.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Fungsi RATE Pada Microsoft Excel. Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4