Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel


Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.
Fungsi Logika Nested IF
Di dalam penyeleksian kondisi yang menggunakan IF dapat berisi penyeleksian kondisi yang lain. Artinya dalam fungsi IF yang lain terdapat fungsi IF yang lain. Bentuk penyeleksian kondisi ini disebut dengan Nested IF, yaitu :
IF(logical_test1, [value_if_true], IF (logical_test2, [value_if_true], [value-if-false]))
Contoh :
Buat tabel data hasil ujian akhir mahasiswa seperti pada gambar dibawah. Data-data yang diinputkan meliputi nomor urut, nim, nama mahasiswa dan nila angka. Pada kolom nilai abjad, berikan fungsi Nested IF, dimana syaratnya adalah :

Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel, pengertian logika, cara kerja logika, belajar komputer, cara membuat logika pada microsoft excel, kegunaan logika, microsoft excel 2010,
Gambar : Nested IF

Jawaban :

Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel, pengertian logika, cara kerja logika, belajar komputer, cara membuat logika pada microsoft excel, kegunaan logika, microsoft excel 2010,
Gambar : Data Nilai Angka dan Nilai Abjad Mahasiswa

-     Pada Cell E4, ketikkan formula dengan fungsi IF bersarang, seperti berikut ini :
=IF(D4>=85, ;”A”, IF(D4>=70, “B”, IF(D4>=55, “C”, IF(D4>=40, “E”))))
Selanjutnya buat duplikasi formula mulai dari Cell E4 sampai dengan Cell E8.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Fungsi Logika Nested IF Pada Microsoft Excel, Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.

Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4