Fungsi HLOOKUP Pada Microsoft Excel


Fungsi HLOOKUP Pada Microsoft Excel
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Fungsi HLOOKUP Pada Microsoft Excel, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.
Umumnya data di Microsoft Excel berbentuk sebuah tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Data di dalam tabel seperti ini dapat digunakan sebagai acuan dari proses yang lain. Microsoft Excel 2010 menyediakan beberapa fungsi untuk membaca suatu tabel.
Fungsi HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel horisontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding Serta offset baris (nomor urut baris) yang menunjukkan posisi data yang dibaca pada baris-baris tabel horisontal. Bentuk penulisan dari fungsi HLOOKUP, yaitu:
HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num,
[range_lookup])
Keterangan:
Lookup_value
Merupakan alamat cell yang digunakan sebagai kunci pembacaan tabel. Microsoft Excel 2010 menyediakan nilai kesalahan #N/A, jika nilai kunci tidak sama dengan nilai pada tabel array yang berbentuk horisontal.
Table_array
Range data atau sekumpulan alamat cell yang disusun secara horisontal. Kolom pertama dalam nama range tabel tersebut harus berisi nilai kunci pembanding yang akan dibandingkan dengan nilai kunci pada tabel induk. Agar data pada tabel array tidak berubah saat dilakukan proses duplikasi data (copy), maka data tersebut harus dibuat absolut. Nilai absolud diperoleh dengan memberi tanda $ pada kolom maupun baris atau dengan menekan tombol kuncil F4.
Row_index_num
Nomor urut baris pada tabel yang akan dibaca di mana nomor tersebut dihitung dari urutan paling atas pada tabel data. Baris pertama bernilai 1, baris kedua bernilai 2 dan seterusnya.
[range_lookup]
Penentu tingkat ketepatan dalam menentukan data. Jika data pada tabel array tidak diurutkan secara Ascending maka pembacaan datanya akan "Salah". Untuk menhindari hal tersebut berikan nilai "FALSE" atau angka "O" (nol) pada range lookup
Contoh 1:
Buat tabel lipormn penjuaian kemanile seperti tampalk pada gambar dibawah ini. Data-data yang diinputkan meliputi nomor urut, tanggal penjualan, kwalitas keramik dan Jumlah. Tabel data dibuat harisontal dan ditempatkan pada cell D12 sampai F13. Sekarang selesaikan beberapa permasalahan berikut, yaitu:
1. Pada kolom Harga/M3, berikan fungsi Vlookup untuk membaca tabel di cell D12.F13 dengan kunci Kwalitas pada kolom C.
2. Total diperoleh dengan mengalikan nilai pada kolom Harga dengan kolom Jumlah.
Jawaban
Fungsi HLOOKUP Pada Microsoft Excel, cara membuat HLOOKUP pada microsoft excel, cara kerja HLOOKUP, kegunaan HLOOKUP, belajar microsoft excel, belajar komputer, panduan membuat HLOOKUP, contoh HLOOKUP, Pengertian HLOOKUP

Gambar : Tabel data dalam bentuk vertikal

Pada cell D5, ketikkan formula dengan fungsi VLookup, seperti berikut ini:
=HLOOKUP(C5, $D$12:$F$13, 2, 0)
Pada cell F5, ketikkan formula untuk menghitung nilai Total seperti berikut ini:
=D5*E5
Selanjutnya kedua formula di cell D5 dan P5 diduplikat sampai baris ke 9.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Fungsi HLOOKUP Pada Microsoft Excel. Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4