Cara Mengamankan Data atau Protect/Unprotect Worksheet Pada Microsoft Excel 2010


Protect/Unprotect Worksheet
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Protect/Unprotect Worksheet Pada Microsoft Excel 2010, ini adalah pelajaran lanjutan dari Panduan Microsoft Excel 2010 yang saya buat di artikel sebelumnya. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Data-data yang Anda buat pada suatu worksheet dapat diproteksi/diamankan agar terhindar dari perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan data akan diizinkan jika Anda dapat memasukkan kata kunci (Password) dengan benar.
Langkah-langkah untuk memproteksi data yang berada di worksheet, sebagai berikut:
1. Aktifkan suatu workbook dan pilih sheet yang akan diproteksi dengan melakukan klik pada tab sheet yang berada di bagian bawah worksheet.
2. Klik tab menu Home dan klik tombol Format.
3. Pilih dan klik menu Protect Sheet sehingga tampil kotak dialog Protect Sheet.
4. Ketik kata sandi (password) di kotak isian Password to unprotect sheet:. Saat Anda mengetikkan isi password tersebut maka karakternya akan diganti dengan tanda
5. Klik tombol OK dan Excel 2010 akan menampilkan menampilkan kotak dialog Confirm Password.
6. Ketik kembali isi password yang sama sebagai konfirmasi bahwa password yang Anda inputkan adalah benar.
7. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
8. Sekarang untuk membuktikan, ketik sesuatu pada salah satu cell. Sebuah pesan ditampilkan bahwa sheet tersebut sedang diproteksi dan hanya dapat dibaca.
9. Jika ingin mengedit data yang terproteksi maka Anda harus membuka terlebih dahulu proteksi tersebut. Klik tombol Format dan klik menu Unprotect Sheet.
10. Sebuah kotak dialog Unprotect Sheet ditampilkan dan inputkan password saat proteksi.
11. Klik tombol OK untuk memproses password tersebut. Jika password yang dimasukkan salah maka sebuah kotak pesan kesalahan akan ditampilkan.

Menghubungkan Data
Menghubungkan (link) data adalah mengaitkan data satu dengan lainnya antar worksheet atau workbook, atau antara suatu cell dengan cell lainnya dalam satu worksheet atau workbook. Proses hubungan tersebut dilakukan dengan menggunakan proses menyalin (copy) dan menempel (paste). Hanya saja proses paste yang digunakan adalah Paste Link.
Hubungan Data Antar Cell
Data dalam suatu cell dapat dibaca atau diproses oleh cell lain pada worksheet yang sama. Untuk mengambil lokasi dari cell tersebut maka berikan notasi " pada cell tujuan dan diikuti oleh alamat cell dari data yang akan diproses.

Cara Menghubungkan data microsoft excel, menghubungkan data, panduan menghubungkan data microsoft excel,
Gambar 1.1 : Data Belanja Keluarga

Pada gambar 1.1 terlihat daftar belanja harian di data Keluarga di cell B4 dan data jumlah di cell C4 dapat Penulisan formulanya diproses dengan operator perkalian (*) Penulisan formulanya sebagai berikut: B4*C4
Atau data pada cell D4 sampai D6 dapat di proses dan hasilnya ditempatkan pada cell D7. Hubungan antar cell diformulakan sebagai berikut: SUM(D4:D6.
Jika ingin menghubungkan data antar cell dengan perintah Paste Link, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Data yang digunakan seperti pada gambar 1.1
2. Tempatkan pointer di cell D4 dan lakukan blok dengan cara drag cell D4 sampai D6.
3. Tempatkan pointer pada daerah yang diblok dan pilih menu Copy, sampai ada garis putus-putus pada cell yang diblok.
4. Selanjutnya tempatkan pointer di cell E4 dan klik kanan mouse.
5. Pilih menu Paste Special dan klik icon Paste Link (N).

Cara Menghubungkan data microsoft excel, menghubungkan data, panduan menghubungkan data microsoft excel,
Gambar 1.2 : Memilih Icon Paste Link

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Protect/Unprotect Worksheet Pada Microsoft Excel 2010, Baca juga Panduan Microsoft Excel 2010 Selanjutnya. Mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4