Proses Perjalanan Informasi di Internet


Proses Perjalanan Informasi di Internet

Selamat datang kembali para pembaca, senang sekali saya masih bisa diberi kesehatan dan kesempatan untuk membuat artikel tentunya. Saya senang membuat artikel di karenakan saya memberikan pelajaran pada sobat pembaca semua, nah langsung saja pada pokok pembahasan, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Proses Perjalanan Informasi di Internet, langsung saja simak artikel berikut ini :

Gambar Internet

Perjalanan suatu informasi melalui internet merupakan proses yang panjang dan rumit, mengirim email, kemudian sampai di tujuan dalam waktu yang singkat. Secara garis besar, perjalanan informasi melalui internet dapat digambarkan sebagai berikut.

Informasi yang dikirimkan komputer kita, oleh Transmission Control Protocol (TPC) dipecah-pecah ke dalam bentuk paket-paket yang lebih kecil, kemudian dari komputer dikirimkan tidak semudah yang kita bayangkan pada saat kita tidak semudah yang kita bayangkan pada saat kita menuju ke jaringan lokal milik penyedia layanan internet (ISP). Setelah melalui jaringan lokal tadi, paket-paket tersebut berjalan melalui berbagai tingkatan jaringan, komputer, dan jalur komunikasi yang berada di berbagai kota di penjuru dunia, sebelum akhirnya mereka sampai di tujuan akhir.

Agar perjalanan informasi tersebut berjalan lancar, diperlukan sarana perangkat keras, seperti hub, bridge, gateway, repeater, dan router. Hub berfungsi untuk menghubungkan antarkomputer satu dengan lainnya sehingga memungkinkan komputer-komputer tersebut dapat saling ber komunikasi satu dengan lainnya. Bridge berfungsi untuk menghubungkan antarjaringan area lokal (LAN) satu dengan lainnya, sehingga sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan lokal tertentu ke jaringan lokal lainnya. Gateway berfungsi mirip seperti bridge, kelebihannya ialah gateway dapat menerjemahkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Karena jarak yang harus ditempuh oleh perjalanan informasi tersebut kadang jauh dari sudut pandang lokasi fisik, maka sinyal yang mengirimkan data dapat melemah. Di sinilah pentingnya peranan repeater Repeater berperan untuk menguatkan sinyal pada interval-interval tertentu. Banyaknya informasi yang melalui internet memerlukan pengaturan, dalam hal ini router berfungsi untuk mengatur lalu-lintas informasi di internet. Router memeriksa paket-paket informasi dan menentukan tujuannya serta mengirimkannya ke router berikutnya yang terdekat dengan tujuan paket-paket tersebut.

Nah itu tadi adalah Proses Perjalanan Informasi di Internet, karena adanya informasi dari internet tidak hanya datang begitu saja atau langsung dengan mudah, ternyata melalui tahapan dan proses juga, perangkat keras komputer adalah salah satu cara untuk menyamoaikan informasi di internet ini.

Mungkin sampai disini artikel pada kesempatan ini, semoga kalian bisa memahami nya ya sobat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.
Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4