Pengertian Web Server Pada Jaringan Komputer


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Pengertian Web Server, langsung saja simak ulasan berikut ini.
Web Server
cara kerja web server, mengenal web server, pengertian web server, jenis web server, cara konfigurasi web server, apa itu web server, kegunaan web server,

Web Server merupakan mesin penyedia layanan berbasis web dengan menggunakan protokol http atau https. Selain itu, server ini dapat juga digunakan untuk user interface aplikasi lainnya, seperti layanan mail klien (webmail) dan transfer file. Aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun web server ini diantaranya adalah Apache, IIS, dll. Aplikasi ini dapat digabungkan dengan data base untuk menunjang aplikasi web dinamis dengan menambahkan modul / aplikasi penyedia database, seperti Sql, dll.
Linux ubuntu menyediakan layanan web server Apache yang dapat menjalankan program web berbasis HTML maupun PHP. Untuk melakukan instalasi web server Apache dan PHP dapat dilakukan sebagai berikut :
Untuk melakukan kompilasi program apache terlebih dahulu source program apache yang terdapat pada direktori /home/admin/src diekstrak, kemudian file yang dibutuhkan untuk mem-patch apache dimasukkan ke dalam direktori hasil ekstrak source program apache namun langkah instalasi dari source dengan melakukan kompilasi tidak disarankan untuk distribusi ubuntu. Agar tidak ditemui masalah karena error saat kompilasi, sebaiknya proses instalasi web server dilakukan melalui package manager.
Untuk membangun dan mengkonfigurasi web server, maka hal yang perlu dilakukan adalah :
1. Menyiapkan komponen yang akan di gunakan yaitu Apache dan perangkat pendukungnya meliputi PHP dan MySQL. Diasumsikan bahwa DNS server telah tersedia. 
2. Instalasi
3. pengujian
Berikut akan diuraikan cara membangun sebuah web server dengan merujuk pada langkahlangkah di atas. Lakukan instalasi paket web server apache2 dan PHP 5, maka lakukanlah perintah sebagai berikut :
Server# apt-get install apache2 php5
(tanpa garis miring).
Selanjutnya server akan melakukan proses instalasi apache2 dan php5. Untuk mendukung database server, dapat pula ditambah dengan database server.  Untuk melengkapi kebutuhan akan layanan web server maka sebaiknya disertakan pula instalasi database server.
Database merupakan layanan yang sangat penting dalam pembangunan sistem informasi. Suatu instansi seperti bank, universitas, kantor pajak, kepolisian, perusahaan telekomunikasi dan lainnya hampir dapat dipastikan membutuhkan server database untuk menyimpan dan mengorganisasi data-datanya.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian Web Server, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4