Apa Yang Dimaksud Dengan Virtual LAN? Ini Jawabannya - Pengertian Virtual LAN


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Pengertian Virtual LAN (VLAN), saja simak ulasan berikut ini.
Apa Yang Dimaksud Dengan Virtual LAN? 
Virtual LAN (VLAN) adalah sebuah konsep yang menggabungkan beberapa broadcast domain menjadi satu collision domain. Penerapan konfigurasi Virtual LAN (VLAN) dapat dilakukan pada Manageable Switch. Port diberikan identitas VLAN ID untuk komunikasi dengan port yang lainnya. Port dengan VLAN ID yang sama dikatakan berada dalam satu broadcast domain.

Baca Juga : Cara mengatasi Excel Not Responding
Sebaliknya apabila antar port berbeda identitas VLAN ID nya maka berbeda pula broadcast domainnya (tidak dapat saling berkomunikasi), walaupun berada pada fisik manageable switch yang sama dan host yang terhubung pada port tersebut mempunyai identitas Network Address yang sama pula Secara default, dari vendor semua port pada manageable switch tergabung dalam satu VLAN ID, sehingga sebelum diberikan konfigurasi VLAN ID untuk masingmasing port, maka masing-masing host yang terhubung pada masing-masing port secara otomatis dapat berkomunikasi sampai konfigurasi VLAN diberikan.

Cara kerjan VLAN, Kegunaan VLAN, Ciri ciri VLAN, jenis jenis VLAN, Gambar VLAN, Port VLAN, cara pemasangan VLAN,
Gambar Implementasi VLAN

Gambar diatas memperlihatkan implementasi VLAN pada suau manageable switch yang dengannya terhubung enam PC dari network yang sama, akan tetapi berbeda kelompok VLAN. Sebelum implementasi VLAN, semua PC dapat saling terkoneksi karena semuanya tergabung dalam network 10.10.10.0/24, namun setelah implmentasi VLAN dengan tiga kelompok VLAN (Vlan 10,20 dan 30), maka hanya PC yang sama VLAN ID nya saja yang dapat saling berkomunikasi.

Lalu bagaimana Virtual LAN Bekerja? 
  • PC 1 yang terkoneksi ke port 1 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 4 yang terkoneksi ke port 4, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 10.
  • PC 2 yang terkoneksi ke port 2 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 5 yang terkoneksi ke port 5, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 20.
  • PC 3 yang terkoneksi ke port 3 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 6 yang terkoneksi ke port 6, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 30. 

Dengan implementasi ini, terlihat bahwa VLAN dapat membatasi koneksi antar host yang secara network (broadcast domain) terdapat dalam satu kelompok, namun berbeda kelompok collision domain (VLAN Group).

Baca Juga : Kelebihan Jaringan 5G Dimasa Mendatang
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian Virtual LAN (VLAN), mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4