Pengertian Topologi Ring



Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian mengenai Topologi Ring Pada Jaringan Komputer, langsung saja simak ulasan berikut ini :
Didalam dunia komputer, ada beberapa jenis topologi jaringan yang bisa kita gunakan, antara lain topologi bus, ring, tree, dan mesh. Dari berbagai macam jenis jaringan ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Pada ulasan berikut ini kita akan membahas mengenai topologi Ring saja. Sama dengan namanya, jenis topologi ini memang memiliki bentuk rangkaian seperti cincin karena pada rangkaiannya masing-masing terhubung pada 2 titik yang lain. Lalu apa saja karakteristik topoplogi Ring? Dan apa kelebihan dan kekurangan topologi Ring ketika digunakan? Langsung saja kit abaca ulasan berikut ini :
Pengertian Topologi Ring


kelebihan topologi ring, kekurangan topologi ring, cara pemasangan topologi ring, pengertian topologi, memperbaiki jaringan komputer, belajar komputer, mas adin belajar komputer

Topologi ring merupakan jenis dari topologi jaringan yang mana bentuk dari rangkaiannya masing masing tersambung pada dua titik yang lainnya, Sehingga dapat membentuk seperti jalur lingkaran menyerupai cincin. Biasanya kabel yang digunakan pada topologi ring adalah kabel BNC yang tidak terdapat ujung sehingga tidak membutuhkan terminator.
Untuk membentuk jaringan cincin, maka setiap sentral perlu dihubungkan seri antara satu dengan yang lainnya sehingga akan membentuk hubungan loop tertutup.
Dalam sistem topologi jaringan ini, setiap sentral memang dirancang untuk bisa berinteraksi dengan sentral yang jaraknya berdekatan ataupun berjauhan. Sehingga topologi ring ini memang memiliki kemampuan untuk bisa melakukan switching ke segala arah workstation.
Karakteristik Topologi Ring
Pada penjelasan dibawah ini menjelaskan beberapa karakteristik Topologi Ring yaitu :
Node-node akan dihubungkan secara seri pada kabel dengan membentuk jaringan yang terlihat seperti lingkaran.
Terlihat sederhana di dalam layout, sama halnya dengan jenis topologi Bus.
Paket-paket data bisa mengalir ke dalam satu arah, entah ke kiri atau kanan sehingga membuat collision yang terhindarkan.
Masalah yang terjadi bisa sama seperti topologi Bus, jika terdapat salah satu node mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kerusakan pada seluruh node, sehingga tidak bisa berkomunikasi di dalam jaringan tersebut.
Tipe kabel yang biasanya digunakan adalah kabel UTP ataupun Patch Cable.
Cara Kerja Topologi Ring
Untuk cara kerjanya sendiri, pada topologi ring setiap node memiliki fungsi sebagai repeater atau penguat sinyal untuk node baik sebelum ataupun sesudahnya. Sehingga setiap perangkat nantinya dapat bekerja sama untuk mendapatkan sinyal dari sebelumnya dan diteruskan ke node yang selanjutnya. Pada proses penerimaan sinyal serta penerusan sinyal data akan dibantu dengan alat yang bernama token.
Token sendiri berisi data-data yang sumberny adari komputer sebelumnya, setelah itu token tersebut akan mengalirkan data pada setiap titik node. Jika data tersebut dibutuhkan pada node maka data tersebut akan diterima oleh node tersebut. Namun saat node tidak dibutuhkan maka node tersebut akan dialirkan menuju node berikutnya. Data yang mengalir nantinya akan berjalan terus menerus sampai mencapai tujuan akhir.
Kelebihan Topologi Ring

  • Mudah dalam perancangan serta mengimplementasikannya.
  • Performa topologi ring lebih baik jika dibandingkan dengan topologi bus, bahkan meskipun aliran data yang ada besar dan berat sekalipun.
  • Mudah dalam melakukan konfigurasi serta installasi perangkat baru.
  • Mudah untuk melakukan diagnosa, pengisolasian kesalahan, serta kerusakan yang ada di dalam jaringan dikarenakan konfigurasi yang ada menggunakan sistem point on point.
  • Penggunaan kabel yang cukup hemat.
  • Aliran data yang mengalir akan lebih cepat serta mampu menangani lalu lintas data yang tinggi sekalipun karena jenis topologi ini dapat melayani data dari kanan atau kiri server.
  • Tidak terjadi resiko tabrakan di saat pengiriman data dikarenakan dalam satu waktu hanya aka nada satu node yang mengirimkan data.
Kekurangan Topologi Ring
Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun topologi ring juga memiliki beberapa kekurangan yang mana perlu anda perhatikan antara lain adalah:

  • Jika terdapat kerusakan di satu node maka hal tersebut akan mengganggu seluruh jaringan yang ada, untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan dual ring atau cincin ganda.
  • Pengembangan jaringan dirasa kurang fleksibel, dikarenakan untuk memindahkan, menambahkan serta mengubah perangkat jaringan akan mempengaruhi seluruh jaringan.
  • Komunikasi data akan sangat tergantung pada jumlah node yang ada di dalam jaringan.
  • Cenderung sulit untuk dikonfigurasikan jika dibandingkan dengan topologi star.
  • Membutuhkan penanganan serta pengolahan yang lebih khusus untuk bandles.
  • Sinyal akan melemah jika jarak yang ditempuh semakin jauh.
Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai Pengertian Topologi Ring Pada Jaringan Komputer, mungkin kalian sudah paham dengan apa yang saya jelaskan diatas.
Terimakasih sudah berkunjung pada artikel ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya. Untuk sobat yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai komputer beserta komponennya, langsung saja kembali ke Home pada artike ini. Karena disini banyak sekali ulasan mengenai pelajaran komputer dan perangkat serta jaringan komputer.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel