Pengertian Spam dan Jenisnya


Pengertian Spam
Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel ini saya akan membahas mengenai Pengertian Spam? Apa itu Spam? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.
Arti Kata Spam
Gambar spam, spam internet, spam pesan, spam email, arti kata spam, jenis spam, cara menghindari spam

Hampir setiap orang pernah mendenger kata “Spam” ini, biasanya anak muda yang aktif di sosial media ataupun internet pasti sering mengatakan “Spam”. Spam adalah aktifitas mengirim pesan secara berulang kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus menerus dan dalam jumlah yang dapat mengganggu seseorang. Aktifitas ini disebut dengan spamming dan orang yang melakukannya disebut spammer.
Kegiatan Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet. Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik.

Tujuan Spam
Masih banyak orang yang melakukan spamming di internet, lalu apa tujuannya mereka melakukan spamming? Mengacu pada penjelasan sebelumnya, tujuan spamming adalah sebagai berikut.
1. Spam Sebagai Media Promosi
Ada beberapa pihak yang ingin memasarkan barang dagangannya melalui media internet, sehingga mereka melakukan spamming pada setiap orang. Isi dari spam ini biasanya menawarkan barang atau jasa.
Pelaku spam bisa darimana saja, biasanya mereka mengirim spam melalui email, pesan dan cara lain yang bersifat pada perangkat elektornik. Mereka menawarkan barang atau jasa yang mereka produksi dan berharap ada orang yang membeli atau menggunakan jasa mereka.
2. Spam Untuk Tujuan Penipuan
Nah dalam hal ini, spam semacam ini sangat berbahaya karena mereka melakukan spamming dengan maksud ingin menipu para korbannya.
Spam untuk tujuan penipuan juga sangat marak ditemukan, baik melalui email, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya pun sangat beragam, misalnya mengambil alih akun online (phising), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya.
Salah satu modus penipuan yang sangat jamak terjadi saat ini adalah pencurian akun online (phising). Biasanya pelaku mengirimkan email spam secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian.
Di dalam email spam tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana si penerima spam harus login menggunakan akun email. Ketika korban mengetikkan email dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat email dan password email korban.
3. Spam Hanya Untuk Iseng
pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, namun korban mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan bila korban merespon.
Salah satu contoh keisengan dalam kegiatan spam adalah menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain. Contoh lain, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.
Nah itu saja mungkin sedikit artikel pada kesempatan kali ini, dengan kalian membaca artikel diatas kalian jadi tahu apa itu Spam, jadi kalian tidak perlu bingung jika ada teman kalia yang bertanya apa sih spam? Kalian bisa menjawab sesuai dengan artikel diatas.

Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini, semoga sobat semua bisa mendapat manfaat dan ilmu pengetahuan setelah membaca artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4