Pengertian Recycle Bin dan Kegunaannya


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Recycle Bin, bagi kalian yang belum tau apa itu Recycle Bin, biasanya Recycle Bin di gambarkan dengan gambar tong sampah, biasanya sudah terletak di Desktop laptop atau komputer. Jadi untuk lebih jelasnya simak artikel dibawah ini.


Gambar Recycle Bin, fungsi recycle bin, cara menggunakan recycle bin, kegunaan recycle bin, apa itu recycle bin


Pengertian Recycle Bin
Recycle bin adalah wadah/tempat untuk menampung file – file sementara yang telah dihapus. Jadi kalau kalian menghapus file dari komputer itu belum hilang. File itu ditampung di recycle bin. Namun recycle bin tidak bisa menampung file – file berukuran besar. Apabila file kita penting terhapus (Apalagi file tersebut lebih penting dari pada nyawa kita) maka kita bisa mengembalikan file tersebut kembali ke alamnya asalnya.
Sebenarnya Recycle Bin memiliki keterbatasan limit ruang, sehingga untuk kalian yang ingin memperluas kapasitas penyimpanan Recycle Bin. Kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Silahkan kalian klik kanan di ikon Recycle Bin pada desktop lalu pilih Properties
  • Lihat di bagian bawah terdapat sebuah tulisan Recycle Bin Location, silahkan kalian pilih lokasi pada disk lainya yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar contohnya di Local Disk D atau E
  • Pastikan juga bahwa kalian telah mengatur pada Custom Size dan kemudian memasukan size yang di inginkan di bagian Maximum Size (Mb)
  • Simpan lalu Ok/Apply.


Beberapa hal yang bisa kalian lakukan dengan Recycle Bin :


Mengembalikan File yang sudah masuk pada Recycle Bin
Tidak sengaja menghapus file penting? Tenang, selama file masih ada di Recycle Bin, kalian bisa mengembalikan file tersebut kok . Tinggal buka Recycle Bin, klik kanan pada file yang kalian cari kemudian pilih “Restore this item”. Jika kalian ingin mengembalikan semua file yang masuk ke Recycle Bin, maka pada toolbar, klik “Restore all items. Pilihan ini akan mengembalikan file yang sudah terhapus namun masih ada di Recycle Bin ke tempat asalnya.



Menghapus File secara Permanen pada Recycle Bin
Ketika menghapus sebuah file, biasanya file ini akan masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu sehingga dapat dikembalikan jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Namun, jika kamu ingin menghapus suatu file secara permanen dari komputer-mu agar kapasitas hard disk tidak banyak terpakai, kamu dapat menghapus file-file secara permanen dari Recycle Bin. 

Untuk menghapus file secara permanen, kalian dapat menggunakan dua cara. Pertama, masuk ke Recycle Bin, klik kanan pada file yang dimaksud dan pilih ‘Delete’ kemudian klik ‘Yes’. Cara kedua, kamu dapat langsung menghapus file tanpa mengirimkan file tersebut ke Recycle bin dengan cara menekan Shift+Del saat ingin mengapus sebuah file secara permanen. Ingat spAcer, file yang sudah terhapus secara permanen tidak bisa dikembalikan lagi, jadi berhati-hati sebelum menghapus file secara permanen.


Mengosongkan Recycle Bin
Malas menghapus satu-satu file yang ada di Recycle Bin,  Kamu dapat membuka Recycle bin dan pilih “Empty the Recycle Bin” yang ada pada toolbar untuk mengosongkan Recycle Bin. Atau kalian dapat langsung klik kanan pada ikon Recycle bin dan pilih “Empty Recycle Bin”.

Recycle bin di laptop kalian sudah penuh, namun kalian tidak ingin menghapus file-file yang ada karena takut suatu waktu kamu masih membutuhkan file tersebut? Kalau begitu, kalian dapat memperbesar kapasitas Recycle Bin di laptop kalian spAcer. Caranya, klik kanan pada Recycle Bin, kemudian klik ‘Properties’. Di bawah tulisan “Recycle Bin Location” pilih lokasi Recycle Bin yang ingin kalian ubah. Klik ‘Custom Size’ kemudian pada kotak ‘Maximum Size (MB)’ masukkan berapa kapasitas Recycle Bin yang kalian inginkan (dalam satuan megabyte).

Nah itu tadi adalah pengertian Recycle Bin, jadi banyak kegunaannya. Seperti file atau data yang sudah kita hapus bisa kita kembalikan melalui Recycle Bin, tapi ingat bila kita belum menghapusnya secara permanen maka file atau data yang sudah kita hapus bisa kita kembalikan lagi.

Mungkin itu saja artikel kita pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4