Pengertian Printer Server dan Cara Menggunakannya


Pengertian Printer Server dan Cara Menggunakannya

Untuk dapat melakukan penggunaan printer secara bersama dalam satu jaringan, sarat utamanya adalah pada server telah terpasang printer beserta driver yang sudah aktif. Aplikasi yang memberikan layanan untuk printer ini adalah CUPS (Common Unix Printing Sistem) yang merupakan sistem pencetakan standar yang umum digunakan pada sistem unix dan linux.

Gambar Printer Server


Dengan demikian sebelum melakukan sharing, printer harus dikonfigurasi terlebih dahulu dengan CUPS. CUPS biasanya telah disertakan pada sebagian besar distribusi linux sebagai paket standar yang dipasang pada saat instalasi linux. Layanan server printer dapat dilakukan aksesnya pada dua jenis printer, yaitu:

- Dedicated Printer Server, yaitu mesin printer yang dirancang agar dapat digunakan sebagai Printer Server.
Koneksinya dapat dihubungkan pada jaringan dengan penambahan konfigurasi network.

- Local Printer yang digunakan bersama untuk pencetakan dengan PC lain.

Agar  printer lokal dapat digunakan sebagai Printer Server, maka dibutuhkan aplikasi Printer server yang juga disediakan oleh Samba. Untuk konfigurasi CUPS, dapat dilakukan melalui pusat kontrol berbasis GUI atau melalui web browser dengan cara mengetikkan http://localhost:631 pada address bar.

Pilih tab Administration. Apabila terdapat printer yang terpasang, akan terdaftar sebagai New Printers Found – pilih Add This Printer, pastikan driver printer yang dipilihkan sesuai, lalu klik Add Printer. Setelah printer terinstal, CUPS akan menanyakan beberapa seting default printer seperti ukuran kertas, output mode, dan sebagainya.

Pilih Set Printer Options untuk menyimpan seting. Selanjutnya tes printer dengan mencetak halaman tes dengan memilih tombol Print Test Page. Untuk melakukan sharing printer, ceklis share published printer connected to the sistem. Untuk melakukan sharing printer dapat dilakukan juga melalui gadmin-samba atau melalui control center. Untuk melakukan sharing printer melalui gadmin dapat dilakukan dengan cara memilih tab shares dan tambahkan printer yang ingin dibagi pemakaiannya.

Apabila pada mesin server sudah terpasang Samba sebagai File Server maka langkah selanjutnya adalah penambahan konfigurasi pada smb.conf dan pemberian hak akses bagi user untuk pencetakan. Namun apabila pada mesin server belum terinstalasi Samba, maka perlu dilakukan instalasi aplikasi seperti yang dilakukan pada sub bab file server. Printer yang akan digunapakai bersama harus tersambung dengan baik pada mesin server. Selanjutnya konfigurasi printer server diarahkan kepada printer ini. Dari PC Klien Windows, akses dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

1. Pastikan koneksi antara Server dengan PC Klien sudah terkoneksi dengan baik.

2. Lakukan deteksi printer pada PC Klien dengan akses ”Printer and Faxes” dari Control Panel.

3. Klik Add Printer, lalu pilih Network Printer selanjutnya Klik Next.

Selanjutnya pilih ”Connect to this printer”, lalu di bagian name isikan
alamat dari Printer Server yang akan diakses.

4. Setelah itu, maka sistem akan menambahkan printer yang dimaksud pada daftar printer yang dapat di gunakan dari PC Klien.

5. Selanjuttnya printer sudah dapat digunakan dengan memilih printer tersebut pada opsi printer name yang akan digunakan untuk pencetakan.

Nah itu tadi adalah Pengertian Printer Server dan Cara Menggunakannya, semoga kalian bisa memahami dan mengerti ya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4