Pengertian CSS dan Cara Menuliskan CSS


Selamat datang para pembaca Belajar Komputer, senang  sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat untuk kita semua, semoga kalian semua diberi kesehatan dan tiada kurang suatu apapun ya sobat. Karena jika kita dalam keadaan sehat, tentunya kita bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berguna untuk diri kita maupun orang lain.
Contohnya saja jika kita dalam keadaan sehat, kita bisa menuntut ilmu, bekerja, atau hal lain nya yang bermanfaat tentunya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan pengertian CSS (Cascading Style Sheet).

Pengertian CSS

Gambar CSS, cara menggunakan CSS, pengertian CSS, belajar css mudah, jaringan CSS


CSS (Cascading Style Sheet) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tsmpilsn menu website, baik tata letaknya, jenis, huruf, warna, dan semua yang berhubungan dengan tampilan. Pada umumnya CSS digunakan untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML atau XHTML.

Cara Menuliskan CSS

Ada dua cara menuliskan CSS untuk menggunakan CSS pada web. Cara yang pertama dengan membuat CSS langsung di dalam satu file HTML (Internal/inline style sheet). Cara yang kedua dengan memanggil CSS tersebut dari file CSS tersendiri (external style sheet).
Cara pemakaian CSS ada dua cara. Cara yang pertama dengan menggabungkan CSS langsung ke dalam satu file markup (Internal). Cara yang kedua dengan memanggil CSS tersebut (eksternal).

1. Inline
Penulisan dengan cara inline, artinya bahwa code CSS tersebut dituliskan langsung di bagian program yang ingin kamu buat.

2. Embedded
Penulisan dengan Embedded artinya bahwa kode css tersebut dituliskan langsung, atau diletakkan pada bagian atas program yang sedang kamu buat. Pada bagian penggunaan, cukup menuliskan selector dari css tersbut disertai dengan parameter yang ada.

3. Embedded Class
Penulisan dengan Embedded Class hampir sama dengan penulisan embedded, tetapi disini dalam penggunaannya menggunakan clausa class pada bagian text yang ingin ditampilkan.

4. Linked Style Sheet
Cara penulisan css berikutnya adalah dengan menuliskan code css tersebut di sebuah file yang terpisah. Kemudian memanggilnya dengan perintah link untuk menggabungkannya dengan program utama yang memanggil.

5. Sintak CSS
CSS memiliki aturan dalam penulisannya, yaitu ada bagian utama yang dinamakan selector, dan ada satu atau lebih bagian deklarasi. Bagian selector biasanya ditulis dengan perintah HTML yang biasa digunakan, sedangkan deklarasi biasanya terdiri atas property dan nilai. Property sendiri adalah atribut style yang ingin kamu ubah.

Catatan : Setiap property memiliki sebuah nilai

Sebuah deklarasi CSS selalu diakhiri dengan titik koma, dan kelompok deklatasi dikelilingi oleh kurung kurawal.

6. Id dan Class Selector
Selain menggunakan style HTML, CSS memungkinkan kamu untuk menentukan  penyeleksi kamu sendiri, yang disebut “Id” dan “Kelas”.
Catatan : Id selector harus elemen tunggal yang unik, didefinisikan dengan tanda  #

7. Class Selector
Class Selector digunakan untuk menetukan gaya dalam sekelompok elemen. Berbeda dengan id selector, class selector paling sering digunakan pada beberapa elemen. Hal ini memungkinkan kamu untuk menetapkan gaya tertentu untuk banyak elemen HTML dengan kelas yang sama.

Nah itu saja mungkin sedikit artikel pada kesempatan kali ini, jadi itu tadi adalah ulasan sedikit mengenai Pengertian CSS ( Cascading Style Sheet).  Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua ya.

Terimakasih saya ucapkan kepada sobat yang sudah berkunjung pada artikel ini, semoga sobat semua bisa mendapat manfaat dan ilmu pengetahuan setelah membaca artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Tengah Artikel 3

Iklan Bawah Artikel 4